Tips Memilih Filter Air untuk Industri yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Filter air adalah komponen penting dalam berbagai industri, baik untuk menjaga kualitas produksi maupun melindungi peralatan dari kerusakan akibat kontaminasi. Memilih filter air yang tepat sesuai dengan kebutuhan industri merupakan langkah krusial yang dapat mempengaruhi efisiensi operasional dan keberlanjutan bisnis. 

Disini kita akan membahas beberapa tips penting dalam memilih filter air yang sesuai dengan kebutuhan industri Anda, sehingga Anda dapat menjaga kualitas air yang digunakan dan menjaga kelancaran proses produksi.

6 Jenis Teknologi Filter Air Industri

Filter air mampu bekerja secara maksimal dengan bantuan pori-pori yang sangat kecil untuk menyaring air. Selain itu, ada berbagai macam teknologi yang tersedia bergantung tingkat kebutuhan. Berikut ini adalah 6 jenis teknologi filter air yang bisa Anda pertimbangkan, yaitu:

1. Mikro Filtrasi (MF)

Jenis filter air industri pertama adalah mikrofiltrasi yang mampu mengurangi kadar polutan dari fluida menggunakan microporous membrane yang ukurannya bisa sampai 1 mikron.

Dengan media filtrasi yang sangat rapat tersebut, MF mampu menghilangkan zat yang nantinya dapat mencemari lingkungan.

2. Ultra Filtrasi (UF)

Lebih rapat lagi dibanding mikro filtrasi, pada teknologi penyaringan ultrafiltrasi, ukuran membrane yang digunakan adalah 0,001 -0,01 mikron. Teknologi penyaringan ini kebanyakan dimanfaatkan untuk menjernihkan air karena ukuran membrannya yang amat kecil.

3. Reverse Osmosis (RO)

Jenis filtrasi air industri selanjutnya adalah reverse osmosis yang membutuhkan tekanan relatif tinggi saat proses pengolahannya. Teknologi ini termasuk dalam jenis yang hemat energi dan mampu menyaring zat dengan molekul paling kecil yang telah terlarut dalam air.

4. Nano Filtration (NF)

Apabila proses mikro dan ultrafiltrasi tidak dapat bekerja maksimal sesuai harapan, bisa menggunakan nanofiltrasi. Pasalnya, teknologi nano filtrasi mampu menghasilkan proses pemisahan kotoran di dalam air secara maksimal dengan harga yang lebih terjangkau.

5. Ultraviolet

Teknologi paling sederhana dari filtrasi air industri adalah menggunakan sinar UV. Kelebihan teknologi ini sangat efektif untuk membasmi mikroorganisme seperti bakteri dan protozoa. Jadi, saat sinar UV menembus bagian dinding sel, akan langsung melumpuhkan proses reproduksi dari bakteri di dalam air.

6. Ozon

Teknologi Ozon (O3) memiliki fungsi untuk mensterilkan air minum di dalam kemasan. Kemasan yang digunakan sebagai media pembungkus air minum sangat mungkin memiliki kandungan bakteri di dalamnya.

Oleh karena itu, melalui penambahan ozon dengan kadar tertentu dapat mensterilkan air minum dalam kemasan tersebut.

5 Tips Memilih Filter Air Industri Agar Tepat Sasaran

Untuk memilih filter air industri yang tepat, perhatikan 5 tips berikut:

1. Tes Tingkat Keasaman Air

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebelum membeli alat filter air industri adalah mengecek kondisi air tersebut. Jangan sampai Anda membeli media filter air berteknologi membran pada kondisi air yang lekat kandungan senyawanya. Sebab, teknologi tersebut tidak bisa menyaring zat senyawa.

Oleh karena itu, sebelumnya Anda harus melakukan pengetesan tingkat keasaman air. Anda juga perlu menguji kadar pH-nya untuk mengetahui jenis teknologi yang cocok untuk filtrasi.

2. Tingkat Kebutuhan Air

Selain Anda perlu mengetahui tingkat keasaman dan pH air, wajib juga mengidentifikasi seberapa besar kebutuhan air. Langkah ini sangat membantu dalam proses penemuan alat filtrasi yang tepat.

Misalnya saja, Anda menggunakan alat filtrasi untuk kebutuhan rumah tangga. Hitung saja seberapa banyak air yang Anda butuhkan setiap harinya, sehingga Anda bisa menyesuaikan ukuran alat filtrasinya. Sebab, apabila membeli yang terlalu kecil dan tak kuat menahan volume air yang dibutuhkan justru akan membuatnya rusak.

3. Teknologi yang Digunakan

Sebenarnya, teknologi yang digunakan untuk filter air mandi dan air minum tidaklah jauh berbeda. Anda hanya perlu membeli berdasarkan ukuran yang dibutuhkan.

Selain itu, pertimbangkan seberapa besar konsumsi energi yang dibutuhkan agar Anda tidak salah membeli yang sesuai budget.

4. Layanan Pelanggan

Sebelum Anda memutuskan untuk pembeli, pastikan untuk bertanya mengenai layanan pelanggan.

Mulai dari apa saja fasilitas serta bagaimana mekanisme apabila ada kerusakan hingga solusi yang akan diberikan oleh pihak perusahaan. Melalui layanan pelanggan, Anda bisa membeli alat filter air industri tanpa takut rusak.

5. Suku Cadang

Anda bisa memilih alat filter air yang ketersediaan suku cadangnya melimpah. Pemilihan filter air tersebut agar Anda tidak kesulitan dalam memperbaiki alat filtrasi dan menggantinya dengan suku cadang yang baru. 

Namun sebelumnya, periksa juga seberapa awet suku cadang baru tersebut dan pertimbangkan harga belinya.

Apabila harga suku cadang justru jauh lebih mahal atau mendekati harga mesin yang baru, sebaiknya membeli mesin yang baru.

Keuntungan Menggunakan Alat Filter Air Industri

Berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan alat filter air industri:

  • Menjadi bahan baku produksi pada berbagai industri pabrik.
  • Menyediakan sumber air berkualitas bagi para pelanggan Anda, sehingga kepuasan mereka selalu terjaga.
  • Menghilangkan berbagai jenis bakteri, bau tak sedap, partikel, serta zat berbahaya lainnya pada industri bersangkutan.
  • Menjaga cita rasa minuman pada jasa pengolahan air bersih, sehingga kepercayaan para pelanggan tetap terjaga.

Siap Gunakan Filter Air Industri untuk Bisnis?

Itulah beberapa jenis teknologi, tips, hingga keuntungan menggunakan alat filter air industri. Bagi Anda yang memiliki bisnis di bidang yang membutuhkan banyak air bersih, sangat disarankan untuk menggunakan alat satu ini agar air yang digunakan ataupun dikonsumsi benar-benar aman.

Tanindo menjadi salah satu penyedia filter air industri yang kualitasnya sudah tidak diragukan lagi dengan harga terjangkau. Tersedia juga berbagai macam mesin filtrasi air sesuai kebutuhan. Bahkan, Tanindo juga memiliki multimedia filter yang siap memberikan perawatan maksimal.

Hubungi kontak Tanindo untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap lainnya dan berdiskusi dengan salah satu tim profesional Tanindo.