Panduan Memilih Mesin Penyaring Air Minum Sesuai Kebutuhan

Memilih mesin penyaring air minum yang tepat membantu Anda memperoleh mesin berkualitas sesuai kebutuhan. Dengan begitu, proses pengolahan air bersih berlangsung sesuai prosedur.

Dalam memilih filter tersebut, kira-kira apa saja hal yang harus menjadi pertimbangan Anda? Disini kita akan membahas panduan dan tips untuk memilih mesin air minum yang tepat.

6 Tips Memilih Mesin Penyaring Air Minum

Untuk memperoleh mesin depot air minum berkualitas, berikut 6 poin penting untuk Anda perhatikan yaitu:

1. Mengidentifikasi Jenis atau Model Filter Air

Tips pertama yaitu Anda perlu mengecek tampilan filter air. Anda perlu menyesuaikan filter tersebut dengan kebutuhan. Apakah Anda hanya memerlukannya untuk kebutuhan dapur atau saluran air di seluruh rumah.

Setelah itu, Anda juga harus memperhatikan bentuk maupun ukurannya. Misalnya memperhatikan apakah filter tersebut berbentuk dispenser, filter dengan tabung besar, dan sebagainya. Dengan begitu, Anda akan memperoleh model filter yang cocok sesuai kebutuhan Anda.

2. Cari Vendor Terpercaya

Ketika Anda ingin membeli mesin penyaring air minum, pastikan Anda membelinya di tempat terpercaya. Pemilihan tempat pembelian mesin sangat penting agar Anda tidak mendapatkan produk dengan kualitas sembarangan yang malah berbahaya jika Anda gunakan.

Membeli di vendor terpercaya bukan sekadar membuat Anda memperoleh produk berkualitas. Anda juga akan memperoleh garansi resmi serta proses pengiriman produk berlangsung mudah dan cepat. Jika Anda membeli filter di sembarang tempat, kemungkinan Anda tidak memperoleh keuntungan-keuntungan tersebut.

Selain itu, carilah informasi secara akurat tentang vendor terpercaya tersebut. Tak ada salahnya untuk bertanya pada orang lain, terutama yang sudah pernah membeli di vendor tersebut. Mintalah rekomendasi agar Anda tidak salah pilih filter air minum.

3. Pilih Filter yang Mampu Menyaring Seluruh Kontaminan

Tips yang ketiga yaitu Anda perlu memastikan bahwa filter air untuk rumah Anda tersebut mampu menyaring blok maupun zat padat. Filter tersebut benar-benar harus mampu menyaring zat hingga mencapai di bawah 0,5 mikron.

Tujuannya agar filter air tersebut benar-benar memberikan keamanan pada Anda. Salah satu zat yang harus benar-benar mampu disaring adalah klorin.

4. Perhatikan Merek Filter Air

Tips berikutnya dalam menentukan mesin penyaringan air minum yaitu dengan memperhatikan merek filter air. Sudah menjadi hal yang umum bahwa brand memiliki peran penting dalam menentukan seberapa kualitas produk yang akan Anda beli.

Untuk brand terkenal biasanya memiliki kualitas produk yang lebih baik. Selain itu, garansi yang Anda peroleh juga resmi sehingga cocok untuk penggunaan jangka panjang. Tetapi untuk harga cenderung lebih mahal.

5. Mengetahui Cara Kerjanya

Ketika Anda sudah memperhatikan tampilan luar dari filter air yang hendak Anda beli, sekarang perhatikan cara kerjanya. Anda perlu mengecek bagian dalam filter tersebut, sehingga bisa menentukan mana yang paling sesuai untuk kebutuhan Anda saat ini.

Terdapat dua teknologi yang harus Anda ketahui, yaitu:

  • Karbon aktif merupakan filter air yang dapat mengolah logam berat, timah, bau, warna maupun bahan kontaminan yang lain yang asalnya dari proses pengolahan. Ketika Anda mempunyai masalah terkait pencemaran dari bahan-bahan tersebut, pilihlah filter yang memiliki teknologi ini.
  • RO atau Reverse Osmosis adalah teknologi filter air yang cenderung lebih tinggi standarnya. Teknologi ini juga mampu menyaring secara lebih baik serta menghilangkan kontaminan yang tidak dapat tersaring ketika menggunakan karbon aktif.

6. Mengetahui Jenis Filter Air

Ada beberapa jenis filter air yang tersedia di pasaran. Berikut adalah 4 jenis filter air yang perlu Anda ketahui, yaitu:

A. Penjernih Air RO

Penjernih air reverse osmosis adalah filter yang memiliki membran semipermeabel. Jenis filter ini cocok Anda gunakan untuk menjernihkan air dengan kadar garam yang tinggi dan memiliki zat kimia maupun larutan padat.

Filter mesin RO mempunyai keunggulan yaitu mampu membersihkan partikel logam yang berbahaya, bakteri, kuman, serta mikroorganisme berbahaya di dalam air. Filter RO juga terbukti aman, mudah dirawat, hemat, mampu memperbaiki rasa serta aroma air.

B. Penjernih Air UV

Penjernih ultraviolet adalah filter yang ramah lingkungan serta tidak memakai zat kimia di dalam menjernihkan airnya. Alat penyaring ini cocok untuk melakukan pengairan dengan kadar TDS rendah, misalnya air danau dan sungai. UV digunakan untuk sterilisasi dari bakteria dan Virus.

C. Penjernih Air UF

Berikutnya ada jenis mesin penyaring air minum bernama filter ultra filtration atau UF. Filter yang memakai serat fiber berongga dengan material tipis dan cocok untuk tempat yang terkontaminasi zat kimia dengan tingkatan rendah.

Alat penyaring ini mampu menyaring kotoran secara efektif di mana bakteri serta kuman akan terperangkap dan tak bisa keluar bersama air.

D. Filter Air Karbon Aktif

Filter berikutnya menyaring air dengan menggunakan serat karbon yang terbuat dari batok kelapa, batu bara, maupun kayu yang sudah dihancurkan hingga berukuran kecil. 

Karbon aktif tersebut dapat menghilangkan air yang tercemar logam berat, pestisida, maupun zat kimia sehingga dapat mempengaruhi rasa serta aroma air.

Sudah Temukan Mesin Penyaring Air Minum yang Tepat?

Itulah pembahasan mengenai 6 tips dalam memilih mesin penyaring air minum. Pada dasarnya, memperhatikan mesin filter air minum sangat penting agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Penggunaan filter mesin RO menjadi opsi yang tepat. Pasalnya, filter mesin ini mampu membersihkan kuman, partikel logam, dan mikroorganisme yang berbahaya di dalam air. 

Anda bisa mendapatkan mesin RO di Tanindo yang mampu menyaring air dengan bersih, aman, serta bebas kontaminan. 

PT. Tanindo Anugerah Nusantara merupakan sebuah perusahaan jasa Water treatment Indonesia yang bergerak di bidang pengolahan air bersih, air minum, dan air limbah, yang didukung oleh tenaga yang berpengalaman dan terlatih.

Tanindo juga dapat bertindak sebagai konsultan maupun kontraktor untuk banyak perusahaan air minum dalam kemasan ataupun isi ulang di berbagai wilayah Indonesia yang berupa pembuatan sistem air minum karyawan untuk pabrik-pabrik dengan jumlah karyawan skala menengah hingga padat karya (> 2000 karyawan).

Dan hingga saat ini, Tanindo telah mengerjakan berbagai proyek pengolahan dan penjernihan air dari Sabang hingga ke Merauke dengan skala project dari yang kecil sampai yang terbesar. 

Tunggu apa lagi? Hubungi kontak Tanindo sekarang!