Investasi Modal Usaha Pabrik Air Minum kemasan AMDK

Perhitungan Investasi modal usaha pabrik air minum amdk harus dilakukan dengan baik. Sama halnya dengan pabrik yang lain, dalam pembuatan pabrik air minum kemasan juga diperlukan investasi modal usaha yang terbilang tidak sedikit. Sebagian besar orang bertanya-tanya, apakah dapat membuat usaha air minum skala rumah tangga atau pabrik air minum mini? Tentu saja hal tersebut bergantung bagaimana standar usaha yang akan dikelola.

Sebab, tidak sedikit yang menganggap bahwa pabrik air minum skala kecil ijinnya akan mudah. Begitu juga dengan modal yang dikeluarkan akan kecil. Padahal, meskipun skalanya kecil pun tetap membutuhkan ijin edar. Demikian pula dengan pembuatan pabrik skala besar, proses dan modal yang dibutuhkan tidak akan jauh berbeda.

Untuk anggapan yang menyatakan bahwa pembuatan usaha ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, selanjutnya akan dibahas lebih rinci. Sedangkan perkiraan modal usaha adalah relative bergantung besar usahanya. Tentunya besarnya modal disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Ada baiknya, melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan konsultan terpercaya.

Konsultasi yang dilakukan umumnya antara lain adalah besaran modal yang diperlukan. Sebab, sebagian modal tersebut akan digunakan untuk pembelian mesin filtrasi air. Masalah yang kerap muncul pada usaha air minum adalah penjual mesin tidak memberitahukan lebih lanjut tentang beberapa hal yang diperlukan. Akibatnya operasional tidak bisa berjalan dengan optimal.

Investasi Modal usaha pabrik air minum amdk

Baik usaha skala kecil maupun besar, kesemuanya membutuhkan izin usaha. Jadi lengkapi sedari dini agar lebih siap dan bisa memperkecil risiko lain.

PT Tanindo Anugerah Nusantara

Oleh sebab itu, sebaiknya bagi pemilik usaha pemula sebaiknya berhati-hati dengan dengan penjual mesin air minum yang memberikan harga murah. Tidak sesuai dengan standar SNI dan BPOM. Satu lagi yang menjadi kendala adalah tidak sesuainya spesifikasi mesin dan denah bangunan. Akibatnya ijin SNI dan BPOM tidak akan keluar.

Kembali lagi pada modal dan pendirian usaha air minum, biasanya juga dibutuhkan rincian penyusunan anggaran. Penyusunan anggaran ini harus dilakukan secara detail untuk memastikan berapa besar modal yang akan dikeluarkan.

Dalam penyusunan anggaran ini harus mengetahui beberapa hal penting yang akan dimasukkan dalam anggaran belanja. Perlu diketahui bahwa penyusunan anggaran biaya ini adalah salah satu proses penting untuk memastikan proses dari proyek ini akan berjalan dengan lancar.

Investasi modal usaha Pabrik air minum AMDK – Komponen Biaya Pembuatan Pabrik Air Minum

Dalam pembuatan pabrik air minum, sudah sewajarnya apabila terdapat banyak komponen biaya yang dibutuhkan. Mulai dari biaya yang paling urgent hingga biaya cadangan. Semua harus dianggarkan agar saat berjalannya produksi tidak mengalami kekurangan modal. Adapun beberapa komponen biaya pembuatan pabrik air minum antara lain;

1. Investasi Pabrik AMDK Dalam Hal Bangunan Pabrik

Sudah pasti apabila pabrik air minum membutuhkan bangunan untuk produksi dan operasional. Bangunan yang digunakan harus direncanakan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan pabrik air minum dalam kemasan. Standar yang digunakan mengacu pada standar SNI dan BPOM. Setelah bangunan dirancang dengan baik, barulah dibuat rencana anggaran dari bangunan tersebut.

2. Mesin Untuk Filtrasi, Sterilisasi dan Mesin Filling Air Minum Kemasan

Tahap selanjutnya, perhitungan biaya akan masuk pada proses penyediaan mesin filtrasi hingga mesin pengisian dan packing. Bagi yang masih pemula dan belum begitu paham, ada baiknya berkonsultasu dan merancang sebuah desain atau system filtrasi yang cocok dengan kondisi air sumber yang akan diolah. Disamping itu, penting juga untuk menghitung berapa biaya yang akan dibutuhkan untuk menyediakan mesin-mesin tersebut.

3. Ijin Usaha Pabrik Air Minum Dalam Kemasan

Untuk mendirikan pabrik air minum kemasan, komponen yang tidak kalah penting adalah perihal perizinan. Untuk yang satu ini, sebaiknya rekap dan buat alur atau skema perizinan yang nantinya dibutuhkan. Jangan lupa untuk membuat anggaran pada masing-masing perijinan tersebut. Termasuk di dalamnya adalah biaya tak terduga lainnya agar nilai ROI dari investasi pabrik AMDK tidak kacau.

4. Bahan Baku Untuk Produksi merupakan komponen utama dalam menghitung Investasi modal usaha pabrik air minum amdk.

Tahap selanjutnya adalah pembuatan anggaran untuk bahan baku yang akan digunakan dalam proses produksi air minum dalam kemasan, antara lain;

  • Lid cup 4line, 8line, 4x2line sampai 12x2line
  • Cup 220ml, 240ml, 120ml
  • Sedotan gelas
  • Botol 330ml, 600ml, dan 1500ml
  • Plastic label body/kepala
  • Gallon 19liter
  • Tissue dan tutup gallon
  • Kardus

5. Biaya Peralatan Laboratorium

Dalam sebuah pabrik air minum kemasan, salah proses penting yang harus dilakukan adalah melakukan proses quality control terhadap produk yang dihasilkan. Oleh sebab itu, dibutuhkan peralatan laboratorium yang lengkap dan handal. Sehingga nantinya proses quality akan berjalan dengan baik. Peralatan yang digunakan wajib sesuai SNI dan BPOM.

6. Pembuatan Sekat Ruangan

Umumnya dalam sebuah pabrik terdapat sekat ruangan yang harus mengikuti ketentuan untuk produk makanan dan minuman. Adapun sekat untuk ruangan dapat dibuat dari bahan ACP, beton atau bahan yang lainnya. Bahan yang digunakan sebaiknya dapat berfungsi untuk pembatas dan tahan air. Sekat tersebut juga harus kuat dan tahan lama.

7. Peralatan dan Perlengkapan Kantor

Walaupun yang dibuat adalah pabrik air minum kemasan, tetap dibutuhkan kantor untuk operasional. Sehingga peralatan kantor pun harus lengkap agar dapat berjalan dengan lancar. Peralatan kantor yang dibutuhkan antara lain computer, printer, meja, kursi dan yang lainnya. Perlengkapan yang lain yang habis terpakai yang dibutuhkan yaitu pensil, pulpen, kertas, penghapus dan lain-lain.

8. Peralatan dan Perlengkapan Gudang

Tidak hanya peralatan dan perlengkapan gudang saja yang dibutuhkan. Sebuah pabrik juga harus dilengkapi dengan gudang untuk menyimpan berbagai alat produksi. Adapun peralatan gudang yang dibutuhkan adalah forklift, handlift, pallet, meja dan yang lainnya. Sedangkan perlengkapannya adalah lakban, cutter dan lain-lain.

9. Kendaraan Operasional Maupun Transportasi

Kendaraan untuk operasional dan transportasi seperti mobil losbak kecil pun dapat diperlukan untuk proses transportasi bahan jadi dari pabrik ke distributor. Item penting ini juga harus dimasukkan dalam anggaran. Untuk pengadaan kendaraan dan transportasi operasional ini bisa dibeli secara kredit atau cash.

10. Sparepart dan Bahan yang Habis Terpakai

Hal yang sering terlupakan oleh pelaku usaha adalah mencadangkan beberapa sparepart yang mudah rusak maupun bahan yang habis terpakai. Misalnya filter dan beberapa kimia pembersih lainnya. Untuk item yang ini pun tidak boleh terlupakan. Harus dianggaran setelah item lainnya terlebih dahulu dianggarkan.

11. Tangki Penampungan Air

Sesuai namanya, tentu pabrik air minum kemasan membutuhkan tangki penampungan air. Begitu pula dengan alat yang digunakan untuk menampung air sumber maupun air hasil olahan. Penampungan ini pun harus sesuai dengan standar SNI dan BPOM, karena air yang ditampung harus bersih dan memiliki kualitas bagus.

Rekapitulasi Biaya Investasi Pabrik AMDK Untuk Modal

Untuk mengetahui berapa besar rekapitulasi biaya invenstasi modal untuk mendirikan pabrik air minum, akan disajikan dalam tabel di bawah ini. Diharapkan dengan adanya rekapitulasi ini para pelaku usaha tidak kebingungan lagi dalam membuat perkiraan anggaran biaya untuk mendirikan pabrik air minum dalam kemasan;

NoKeteranganBiaya
1.Bangunan pabrika air minum kemasan mineralRp.400.000.000
2.Mesin filtrasi, sterilisasi dan mesin filling air minum kemasanRp.350.000.000
3.Ijin usaha pabrik amdkRp.68.000.000
4.Bahan baku untuk produksiRp.92.000.000
5.Biaya peralatan laboratoriumRp.38.500.000
6.Pembuatan sekat ruanganRp.32.000.000
7.Peralatan dan perlengkapan kantorRp.25.300.000
8.Peralatan dan perlengkapan gudangRp.16.600.000
9.Kendaraan operasional maupun transportasiRp.85.350.000
10.Sparepart dan bahan yang habis terpakaiRp.21.000.000
11.Tangki penampungan airRp.36.000.000
12.Pendingin ruangan ACRp.12.000.000
13.Instalasi kelistrikanRp.33.000.000
14.Furniture kantor dllRp.15.000.000
 Total modal usaha Rp. 1.224.750.000
Rekapitulasi perhitungan investasi/modal usaha pabrik air

Keterangan: Semua data yang diambil menyesuaikan dengan beberapa kondisi. Nilainya dapat berubah seiring dengan naik atau turunnya biaya beberapa parameter yang dimasukkan.

Kami mengambil data terbaru di bulan Februari 2019 dan mungkin berbeda-beda tergantung tempat dan situasi lainnya.

Data yang tersaji di atas adalah modal usaha untuk investasi pabrik AMDK dalam hal pembuatan pabrik air gelas saja dan rekapitulasi dapat berubah sesuai dengan keadaan. Untuk pembuatan gallon dan botol terdapat perkiraan perhitungan tersendiri. Sekian informasi tentang investasi modal pembuatan pabrik air minum kemasan. Semoga bermanfaat.