Mengenal Kegunaan TDS Meter sebagai Alat Ukur Kualitas Air

Air merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus terpenuhi. Dalam menjaga kualitas air yang Anda konsumsi sehari-hari, Anda harus mengetahui kandungan Total Dissolved Solids (TDS). Jadi, secara tidak langsung, Anda perlu menggunakan TDS meter sebagai alat ukur yang dapat mengetahui kualitas air.

Alat ini tidak hanya membantu proses pengukuran kemurnian air, tetapi juga memastikan sistem filtrasi air pada berbagai alat rumah tangga dan industri berfungsi dengan baik. Untuk informasi selengkapnya, artikel ini akan mengupas tuntas tentang fitur, cara pakai, dan fungsi TDS meter dalam kehidupan sehari-hari di artikel ini.

Apa Itu TDS Meter?

TDS meter adalah alat untuk mengukur TDS atau Total Dissolved Solids. TDS sendiri adalah jumlah partikel zat padat yang terlarut dalam air. Dengan alat ini, Anda dapat memperoleh informasi mengenai tingkat kemurnian atau kandungan mineral dalam air.

TDS dapat berupa berbagai logam dan mineral seperti natrium, magnesium, kalsium, besi, tembaga, mangan, dan lain-lain. TDS diukur dalam satuan parts per million (ppm) atau milligram per liter (mg/L). Semakin tinggi nilai TDS, maka semakin banyak jumlah partikel terlarut yang terdapat dalam air.

Adapun nilai-nilai untuk menginterpretasikan nilai TDS dalam air minum adalah sebagai berikut:

  • 0-50 ppm: Air tergolong sangat murni, seperti air hasil reverse osmosis atau distilasi.
  • 50-150 ppm: Air dengan kandungan mineral yang baik untuk dikonsumsi.
  • 150-300 ppm: Kualitas air mulai menurun, namun masih bisa dikonsumsi.
  • 300-500 ppm: Air berkualitas lebih rendah, bahkan mungkin mengandung kontaminan.
  • 500 ppm ke atas: Tidak direkomendasikan untuk diminum, karena dapat mengandung zat berbahaya.

Fungsi TDS Meter

Menurut definisinya, TDS meter berfungsi sebagai alat pengukur kadar atau kualitas air. Namun, fungsinya dalam berbagai sektor bisa sangat luas. Berikut ini adalah beberapa aplikasi alat ukur TDS berdasarkan fungsinya!

1. Pengukuran Partikel dalam Air Minum

TDS meter berguna untuk mengukur kemurnian atau kandungan mineral dalam air minum. Alat ini dapat menunjukkan total kandungan partikel terlarut dalam air, yang dapat berupa logam atau mikroorganisme. Alat ini sangat bermanfaat, terutama bagi Anda yang mengonsumsi air minum isi ulang.

2. Kontrol Larutan Nutrisi dalam Pertanian Hidroponik

Dalam budidaya hidroponik, alat ukur TDS berguna untuk mengukur konsentrasi nutrisi terlarut dalam larutan nutrisi tanaman. Alat ini membantu petani memonitor dan mengelola nutrisi secara optimal untuk mendukung pertumbuhan tanaman yang maksimal.

3. Pemantauan Lingkungan Akuarium Ikan

Alat ukur TDS untuk mengukur jumlah partikel terlarut dalam air akuarium. Hal ini memberikan indikasi tingkat kebersihan dan keseimbangan lingkungan air yang menjadi kebutuhan ikan dan organisme akuatik lainnya. Kadar TDS yang ideal untuk pemeliharaan ikan adalah di bawah 1.000 mg/L, semakin rendah maka semakin baik.

Fitur TDS Meter Portable

Berikut adalah  fitur-fitur alat pengukur TDS:

  • Fitur On-Off: Merupakan tombol untuk menghidupkan dan mematikan alat, sehingga dapat digunakan hanya saat dibutuhkan, lebih hemat daya, dan dapat digunakan kapan saja.
  • Fitur Hold: Fitur yang lengkap dengan fungsi untuk menyimpan hasil pengukuran, sehingga pengguna dapat membaca dan merekam data.
  • Fitur Auto-Off: Berguna agar TDS meter akan secara otomatis mati setelah 10 menit tidak digunakan, yang mana fungsinya untuk menghemat baterai.
  • Rentang Pengukuran: Alat dapat mengukur dari 0-9.990 ppm. Pada rentang 0-999 ppm, resolusi penambahan 1 ppm, sedangkan pada rentang 1.000-9.990 ppm, resolusi penambahan 10 ppm yang ditunjukkan dengan tampilan layar LCD berkedip ‘x10’.
  • Termometer Digital: TDS meter juga dilengkapi dengan termometer digital untuk mengukur suhu air.
  • Tampilan LCD: Layar LCD berukuran besar sehingga mudah untuk dibaca.
  • Kalibrasi: Kalibrasi alat ini dari pabrik menggunakan larutan NaCl 342 ppm, namun dapat melakukan kalibrasi ulang sesuai kebutuhan menggunakan obeng mini.

Cara Pemakaian TDS Meter

Pemakaian alat ukur TDS harus sesuai dengan panduan atau manual yang tersedia dari produsen. Sebab, setiap produk dapat memiliki prosedur penggunaan yang sedikit berbeda. Meski demikian, secara umum langkah-langkah cara pemakaian TDS meter adalah sebagai berikut:

  • Persiapan: Buka tutup atau pembatas di bagian bawah meter.
  • Pengaktifan: Tekan tombol On untuk menghidupkan meter. Layar akan menampilkan angka 000 atau 0000.
  • Pengukuran: Masukkan bagian bawah TDS meter ke dalam air, hingga batas garis tutup, tapi jangan lebih dalam. Tunggu hingga angka pada layar menunjukkan hasil yang stabil. Lalu, tekan tombol Hold untuk menyimpan hasil pengukuran dan keluarkan alat dari air.
  • Pencatatan: Catat hasil pengukuran yang tersimpan. Matikan meter setelah selesai menggunakan.

Selain itu, perhatikan kondisi-kondisi berikut saat menggunakan TDS meter portable agar tidak terjadi kerusakan pada alat:

  • Hindari menggunakan alat TDS pada air panas dengan suhu melebihi suhu ruangan. Hal ini dapat menyebabkan pengukuran menjadi tidak akurat dan dapat merusak alat dengan cepat.
  • Jangan gunakan alat ukur TDS pada es batu atau cairan yang berada di bawah suhu 0 derajat Celcius. Kondisi suhu rendah ini dapat menyebabkan pengukuran menjadi tidak presisi.
  • Hindari menggunakan alat pada air laut atau air yang mengandung garam tinggi. Hal ini dapat menyebabkan alat mengalami error saat melakukan pengukuran.
  • TDS meter tidak dapat Anda gunakan untuk mengukur alkohol, air aki, atau cairan lain yang berada di luar rentang pengukuran alat.

Gunakan Jasa Pengolahan Air di Tanindo!

Semakin rendah jumlah partikel terlarut atau nilai TDS meter dalam air, semakin tinggi kualitasnya. Untuk memastikan air minum memenuhi standar keamanan dan kualitas, proses filtrasi dapat digunakan untuk mengurangi nilai TDS air hingga tingkat yang diinginkan.

PT. Tanindo Anugerah Nusantara sebagai penyedia jasa IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) dan jasa water treatment profesional yang menggunakan teknologi filtrasi mutakhir dapat membantu menurunkan nilai TDS dalam air limbah. Sehingga, Anda dapat menghasilkan air minum yang memenuhi standar keamanan dan kualitas.

Jangan ragu menghubungi kontak Tanindo untuk layanan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan dapatkan informasi penting lainnya.