Backwash Water Filter: Pengertian, Fungsi, dan Tata Caranya

Media filter jika digunakan terlalu lama bisa rusak akibat penumpukan kotoran di permukaannya. Backwash Filter Air dapat Anda gunakan untuk membersihkan media filter dari kotoran yang menumpuk. 

Untuk menjaga alat filter Anda supaya bisa beroperasi secara maksimal dan menghasilkan air bersih berkualitas. Membersihkan alat filter, membuat masa penggunaannya menjadi lebih tahan lama.

Maka dari itu, Anda penting mengetahui informasi yang lebih lengkap mengenai Backwash Water Filter seperti penjelasan di bawah ini. 

Pengertian Backwash Water Filter

Backwash merupakan suatu proses yang dilakukan untuk membersihkan media filter dari kotoran hasil dari proses penyaringan air baku. Bisa juga dibilang, backwash adalah bentuk pemeliharaan atau pencegahan kerusakan media filter air agar bisa Anda gunakan kembali. 

Proses backwash ini umumnya terjadi secara otomatis melalui program PLC dan banyak juga yang melakukan dengan cara manual. Untuk menjalankannya, akan ada interval waktu tertentu yang telah ditetapkan. Intervalnya yaitu saat kekeruhan filter lebih besar daripada normalnya atau saat tekanan diferensial di filter melebihi nilai standarnya.

Fungsi Backwash Water Filter

Fungsi utama dari Backwash Water Filter adalah membersihkan kotoran yang ada di media penyaring dengan cara membalikkan aliran air yang masuk pada media filter air. Melalui proses ini, akan sangat membantu untuk meningkatkan masa pakai dari filter.

Selain itu, proses backwash juga berfungsi untuk meminimalisir filter yang tersumbat akibat dari banyaknya kotoran di media filter atau membantu proses pergerakan air pada media filter, agar berjalan lancar. Serta meningkatkan jumlah dan kualitas air yang tersaring. 

Cara Kerja Backwash Water Filter

Untuk melakukan Backwash Filter Air, caranya cukup mudah dan bisa dilakukan otomatis oleh mesin. Prosesnya yaitu saat tabung beroperasi dalam mode filter, sistem akan menahan partikel di dasar filternya. 

Namun, karena air memiliki sifat mengikuti jalur yang mempunyai hambatan paling sedikit. Maka, air akan langsung mengalir ke daerah dengan saluran media yang luas. Untuk kemudian akan dikeluarkan melalui filter. 

Proses lengkapnya, yaitu:

  • Air tanpa filter akan masuk dari sisi kiri dan akan mengalir ke tangki filter dengan bantuan katup kontrol. 
  • Air tersebut kemudian akan melalui proses penyaringan secara perlahan melalui media sampai mencapai dasar tangki. 
  • Pada bagian dasar tangki inilah nantinya air akan dikumpulkan melalui keranjang saringan. 
  • Air yang tersaring tersebut kemudian akan melewati pipa tengah (riser), lalu melewati katup kontrol untuk kemudian keluar dari bagian kanan filter. 

Sedangkan untuk cara manual hampir sama, namun filter air akan memutar katup secara manual pada jadwal yang Anda inginkan. Untuk itulah, cara manual kurang efektif jika dibandingkan otomatis. Walaupun begitu, kekuatan airnya tetap mampu mengangkat dasar media, mampu berputar dan kemudian melemparkan media granular. 

Setelah proses backwash, biasanya katup kontrol akan memulai “Fast rinse” media filter. Ini merupakan proses pengaliran air ke bagian bawah media yang kemudian naik melalui tabung dan keluar dari saluran pembuangannya yang bertujuan untuk membilas dan merapikannya agar kembali ke aliran filter kembali. 

Waktu yang Tepat Melakukan Backwash Water Filter

Untuk backwash process ini, Anda sebaiknya melakukannya minimal seminggu sekali selama 30 menit atau hingga air menjadi jernih. Kemudian, untuk proses pembersihan tabung filter backwash sebaiknya 2 kali dalam satu minggu, terutama jika alat filter sering Anda gunakan. 

Apalagi jika air yang Anda saring beresiko tinggi membawa kotoran terlalu banyak, maka proses ini sebaiknya lebih sering Anda lakukan. Sebaliknya, jika proses filter tidak terlalu sering Anda lakukan, maka backwash cukup satu kali dalam dua minggu. Atau yang paling minimnya yaitu satu kali selama satu bulan. 

Anda juga sebaiknya rajin mengganti media filter air yang sudah sering Anda gunakan. Hal ini karena proses backwash ini tidak selamanya mampu menghilangkan polutan dalam media filter air. Ini perlu Anda perhatikan jika ingin proses kerjanya bisa maksimal.

Tips Backwash Filter Multimedia

Multimedia filter merupakan salah satu jenis alat filter yang berfungsi untuk menyaring berbagai kontaminan pada air, mulai dari debu, logam berat, lumpur, pasir, besi, dan lainnya.

Umumnya, filter ini dapat dimanfaatkan pada tahap permulaan proses filter air bersih, yakni sebelum tahap filter lanjutan.

Berikut ini beberapa tips backwash multimedia filter yang bisa Anda terapkan: 

  • Proses pencucian ini bisa Anda lakukan jika filter media kotor dan media yang perlu mendapatkan perawatan secara berkala. Untuk mengetahui filter kotor bisa Anda lihat dari indikator tekanan, dimana jika tinggi, pertanda adanya penumpukan kotoran di dalam filter, sehingga aliran air menjadi terhambat.
  • Jika filter sudah dalam kondisi buruk, harus Anda perbaiki dan bersihkan terlebih dahulu. Dalam prosesnya, bagian depan valve sebaiknya Anda putar ke posisi backwash, yang mana biasanya terjadi selama 2-3 menit, tergantung dari tingkat kekotoran dari filter air Anda. 
  • Bilas alat secara berkala dengan menggunakan bahan pencuci. Ini bertujuan untuk memaksimalkan media filter, sehingga bisa menyaring air secara maksimal.   
  • Proses ini sebaiknya Anda lakukan secara berulang hingga air yang dihasilkan benar-benar bersih. Dalam proses penyaringan ini, sebaiknya Anda juga memperhatikan proses penyaringan dan bagaimana dampaknya terhadap lingkungan sekitar.  

Catatan penting: proses ini memerlukan tekanan pompa yang jauh lebih tinggi daripada yang biasanya, bahkan bisa menggunakan tekanan maksimal. Apalagi jika ada kotoran yang menumpuk dalam jumlah yang sangat banyak. Untuk itulah, biasanya akan membutuhkan daya listrik dan biaya yang cukup besar.

Sudah Tahu Apa Itu Backwash Water Filter?

Backwash water filter sangat penting untuk menjaga umur pakai dari media filter air. Hal ini karena fungsinya yang bisa menghilangkan kotoran pada media filter. 

Namun, backwash tidak selamanya membantu Anda menjaga umur pakai alat filter. Anda juga perlu mengganti media filter untuk pengolahan air bersih secara berkala.