Strategi Pemasaran AMDK (Air Minum Dalam Kemasan)

Strategi Pemasaran air minum kemasan

Untuk mengenalkan produk air minum kemasan pada masyarakat luas diperlukan strategi pemasaran AMDK yang tepat. Oleh sebab itu strategi ini dikatakan sebagai faktor penting dalam menentukan keberhasilan sebuah perusahaan. Perancangan strategi pemasaran ini penting dilakukan di awal ketika membangun sebuah bisnis. Apabila strateginya matang, pemasaran bukan lagi hal yang sulit.

Mengingat betapa pentingnya tentang sebuah strategi pemasaran, maka dalam pembahasan ini akan dijelaskan secara singkat tentang strategi pemasaran yang umumnya digunakan oleh perusahaan-perusahaan berkembang dalam menjalankan proses pemasaran.

Strategi Pemasaran AMDK (Air Minum Dalam Kemasan)

Beberapa Strategi Pemasaran AMDK (Air Minum Dalam Kemasan)

Pada awal pendirian pabrik air minum kemasan, perencanaan strategi pemasaran adalah hal vital yang harus dilakukan. Utamanya  jika ingin perkembangan peredaran produk senantiasa tinggi. Berikut adalah strategi perusahaan air minum kemasan yang telah berjalan dan terbukti berhasil;

1. Memberikan Harga yang Lebih Rendah Dibanding Pesaing Untuk Penetrasi Pasar

Beragam strategi pemasaran AMDK yang dapat dipraktikkan sebagai upaya memperkenalkan produk. Salah satu cara yang paling sering dilakukan adalah dengan cara memberikan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga yang terdapat di pasaran. Dengan memberikan harga yang murah, konsumen yang lebih suka dengan harga yang murah akan membeli produk tersebut.

2. Strategi Pemasaran AMDK Dengan Membuat Produk Kondisi Khusus

Strategi pemasaran lain yang kerap digunakan adalah dengan membuat produk khusus. Dengan adanya produk khusus ini, maka pelanggan akan tertarik untuk membeli produk tersebut. Namun, pembuatan produk khusus ini harus disertai dengan kemampuan perusahaan dalam menerangkan kepada pelanggan tentang kelebihan produk tersebut. Contoh produk khusus tersebut adalah air minum alkali, air minum oksigen dan yang lainnya.

3. Membuat Desain yang Unik

Umumnya banyak pelanggan yang tertarik untuk membeli sebuah produk karena tampilan desain kemasan produk yang unik. Saat ini banyak sekali ditemui produk yang memiliki desain yang unik dan menarik. Dengan adanya desain yang menarik, maka akan lebih banyak pelanggan yang tertarik dengan produk yang ditawarkan dan ini masuk dalam salah satu komponen analisis strategi bisnis air minum dalam kemasan.

4. Memberikan Promo Kepada Distributor Merupakan Sebuah Strategi Pemasaran Air Minum Kemasan

Dalam memasarkan produk air minum kemasan, perusahaan tidak akan berjalan sendirian. Seperti yang telah diketahui bahwa distributor dan agen memiliki peran yang penting dalam mendistribusikan produk. Oleh sebab itu, kerjasama dengan keduanya haruslah dipupuk dengan sebaik mungkin agar penjualan dapat meningkat dari waktu ke waktu.

Salah satu yang bisa digunakan untuk menarik agen atau distributor air minum kemasan agar penjualan meningkat adalah dengan memberikan promo potongan harga. Baik itu pada distributor atau agen. Promo dapat diberikan pada momen tertentu. Dengan begitu baik distributor atau agen akan selalu loyal pada perusahaan.

5. Memberikan Dukungan Kepada Acara-Acara Formal Maupun Informal

Strategi pemasaran AMDK lainnya yang dapat digunakan adalah dengan memberikan dukungan pada acara formal atau informal. Caranya adalah dengan memberikan secara gratis produk air minum pada acara tersebut. Menjadi sebuah sponsor akan menaikkan prestige dari produk perusahaan. Dukungan dengan menjadi sponsor dapat dilakukan dalam bentuk pemberian uang sumbangan atau berupa produk.

6. Membuat Iklan di Televisi Atau Media Sosial

Cara mempromosikan produk air mineral lainnya adalah dengan membuat iklan di stasiun televisi dan media social. Iklan di TV biasanya daya jangkauannya akan lebih luas dan merupakan produk global. Sedangkan penggunaan media social akan dapat menekan biaya produksi. Biasanya biaya iklan di media social lebih terjangkau dibandingkan dengan iklan yang ada di televisi.

7. Endorsment Produk yang Dilakukan Oleh Public Figure sebagai strategi pemasaran air minum Strategi Pemasaran air minum kemasan

Public figure adalah seorang tokoh yang cukup dikenal oleh kebanyakan orang karena sering muncul di layar kaca. Bisa juga diartikan sebagai sosok yang jadi panutan banyak orang. Biasanya public figure berasal dari kalangan artis, pejabat atau yang sedang viral saat ini adalah youtuber, vloger atau selebgram.

Pamor public figure yang lebih mudah dikenali inilah yang dimanfaatkan oleh perusahaan untuk melakukan endorse. Endorsment biasanya tidak membutuhkan biaya yang terlalu tinggi. Dengan memilih public figure yang sesuai akan lebih mudah untuk mengelompokkan pangsa pasar air minum dalam kemasan sesuai target pelanggan dengan kategori tertentu.

8. Menggunakan Sticker, Pamflet, Brosur dan Media Cetak yang Lainnya

Terdapat cara lain sebagai strategi pemasaran AMDK yang paling mudah untuk dilaksanakan, yaitu dengan menggunakan sticker, brosur, pamflet dan media cetak yang lainnya. Sticker dan yang lain nantinya akan dibagikan atau ditempel di beberapa tempat strategis yang sering dilewati banyak orang. Disamping mudah biaya pembuatan dan pelaksanaan strategi ini pun tidak terlalu banyak.

9. Memberikan Maklon Kepada Orang yang Ingin Menjual Air Kemasan

Maklon adalah bentuk kerjasama memproduksi air minum kemasan, tapi merek yang digunakan beserta kemasannya berasal dari pembeli produk. Namun, tetap yang memproduksi adalah perusahaan air minum. Cara seperti ini pun dapat digunakan sebagai salah satu strategi pemasaran untuk menghabiskan kuota produksi. Cara ini pun terbukti efektif dan lebih efisien.

Demikianlah ulasan tentang strategi pemasaran AMDK yang dapat digunakan untuk memperkenalkan produk air minum kemasan pada kalangan yang lebih luas. Penggunaan strategi ini harus dilakukan dengan perencanaan yang matang. Apabila strategi yang digunakan dilakukan dengan maksimal, maka kenaikan penjualan produk bukanlah sebuah hal yang mustahil.

Jika Anda mencari konsultan pabrik air minum profesional untuk merancang strategi pemasaran yang tepat dalam memperkenalkan produk air minum kemasan Anda ke pasar yang lebih luas, PT Tanindo Anugerah Nusantara adalah mitra yang tepat. Kami menawarkan layanan konsultasi dan solusi teknologi terkini untuk membantu Anda membangun dan mengoptimalkan bisnis air minum dalam kemasan Anda. Dengan bantuan dan pengalaman kami, Anda dapat mengembangkan strategi pemasaran yang efektif dan memperluas jangkauan produk Anda. Temukan solusi terbaik untuk pabrik air minum dalam kemasan Anda dengan menggunakan layanan berkualitas dari PT Tanindo Anugerah Nusantara.