Beranda » Mesin RO » Mengenal Teknologi Tenaga Surya, Tenaga Penggerak Pompa Air

Mengenal Teknologi Tenaga Surya, Tenaga Penggerak Pompa Air

T Diposting oleh pada 16 February 2017
F Kategori
b Comments Off on Mengenal Teknologi Tenaga Surya, Tenaga Penggerak Pompa Air
@ Dilihat 934 kali

Semua orang membutuhkan air bersih. Hampir setiap aktivitas dalam rumah tangga tidak lepas dari ketersediaan air. Begitu pula di bidang pertanian, air dibutuhkan untuk mengairi sawah supaya hasilnya bisa maksimal.

Sayangnya, air tidak tersedia cukup banyak untuk memenuhi semua kebutuhan itu. Sering kali, menggunakan pompa tenaga listrik pun tidak memungkinkan. Selain karena biayanya cukup mahal, listrik belum menjangkau daerah-daerah tertentu sehingga pengguna harus menyewa genset. Nah, untuk mengoperasikan genset dibutuhkan BBM yang tidak sedikit.

 

Cara Kerja Tenaga Surya

Untuk itu, digunakanlah sebuah cara lain, yaitu dengan memanfaatkan tenaga surya. Pada musim kemarau, yaitu pada saat ketersediaan air berkurang, sinar matahari justru berlimpah sehingga bisa menggerakkan panel pada alat ini.

Sistem pompa bertenaga surya ini dirancang dengan otomatis sehingga tidak diperlukan operator untuk menjalankannya. Terdapat 3 komponen dalam alat ini, yaitu:

  • Solar Panel adalah alat yang berguna untuk mengubah energi yang berasal dari cahaya matahari menjadi energi listrik. Energi inilah yang akan digunakan untuk menjalankan pompa.
  • Motor Controller adalah alat yang berguna untuk mengatur energi listrik tersebut sehingga bisa bermanfaat secara maksimal.
  • Pump Unit adalah alat yang mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Energi inilah yang bisa memompa air dari dalam tanah.

Selain itu, ada pula perlengkapan lain, seperti tangki untuk penyimpanan air, pipa untuk mendistribusikan air, dan sebagainya.

Pada dasarnya pompa air yang memanfaatkan tenaga surya bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Contohnya:

  1. Menghasilkan air bersih untuk kebutuhan masyarakat dalam lingkup yang sederhana. Kapasitas yang bisa dihasilkan antara 5 kubik hingga 100 kubik setiap hari.
  2. Bisa digunakan untuk kebutuhan pertanian maupun perikanan.
  3. Bisa digunakan untuk menyediakan air di kolam renang.

Sementara itu, pompa yang bisa digunakan ada beberapa, yaitu floating pump, surface pump, subsumersible pump, dan lineshaft pump. Pemilihan jenis pompa ini bergantung pada kondisi sumber air yang tersedia.

a Artikel Terkait Mengenal Teknologi Tenaga Surya, Tenaga Penggerak Pompa Air

cara cuci membran ro

Cara cuci membran ro

T 18 November 2016 F A Patrick

Bagaimanakah cara cuci membran RO ? Cuci membran ro merupakan proses yang gampang-gampang susah Anda lakukan. Membran ro  ialah suatu membran atau pelindung  yang terbuat dari selaput yang bermanfaat untuk menyaring kandungan bakteri, logam, dan virus. Tetapi bagi Anda yang merupakan... Selengkapnya

Instalasi Ipal

Instalasi Ipal

T 18 November 2016 F A Patrick

Kualitas Air Untuk Instalasi Ipal Instalasi ipal merupakan suatu instalasi pengolahan dari air limbah. Bagaimanakah cara pengolahannya tersebut? Air lembah yang sebelumnya akan dilakukan pembuangan akhir tersebut, air limbah harus mengalami proses pengolahan sebelum sepenuhnya dilakukan pembuangan. Ya, memang berbagai jenis... Selengkapnya

Bahaya Meminum Air yang Direbus Berkali-kali

T 17 March 2017 F A Patrick

Air. Tanpa disadari terkadang Anda melakukan beberapa kesalahan namun belum Anda ketahui penyebabnya. Salah satu kesalahan yang mungkin pernah Anda lakukan adalah merebus air lebih dari satu kali bahkan berkali-kali. Sering kali Anda tidak menyadari bahwa air yang telah direbus... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan Hubungi Customer Service Kami Untuk Mendapatkan Informasi Lebih Lengkap Mengenai Jasa dan Produk Kami.