Mengenal Mekanisme Penyaringan dengan Mesin RO Air Payau

Walaupun pantai menyimpan keindahan alam yang luar biasa, sayangnya tak semua area pantai memiliki akses air bersih yang layak konsumsi. Bahkan, beberapa daerah lebih sering menemukan air payau. Sehingga daerah seperti ini membutuhkan  pengadaan mesin RO air payau untuk memenuhi kebutuhan air tawar layak konsumsi.

Mesin RO sendiri merupakan salah satu sarana yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pengolahan air asin. Dikarenakan sistem pada mesin ini menggunakan mekanisme filter RO reverse osmosis. Penasaran bagaimana cara kerjanya? 

Bagaimana Cara Mengolah Air Payau?

Seperti yang Anda pelajari sebelumnya, bahwa butuh proses pengolahan air terlebih dahulu untuk bisa mengkonsumsi air dengan kadar garam yang tinggi. Menurut standarnya, TDS (Total Dissolved Solids) air minum maksimal adalah 500 ppm. Sedangkan TDS air bersih adalah 100 ppm. 

Oleh karena itu, harus ada penyesuaian atau lebih tepatnya penurunan TDS agar air layak Anda gunakan. Secara sederhana, TDS adalah padatan tersuspensi dalam air payau. Ini mengacu pada larutan garam dan sejenisnya yang terkandung dalam air payau.

Salah satu metode filtrasi yang bisa digunakan adalah dengan mesin RO air payau. Membrane dalam mesin ini memiliki pori-pori super kecil yang bisa menyaring larutan garam dan zat padatan lainnya. Sehingga setelah proses filtrasi, Anda bisa mengolah air untuk kebutuhan konsumsi atau kebutuhan lainnya.

Inilah yang membuat mesin RO sangat berguna untuk mencukupi kebutuhan air bersih. Apalagi RO juga dapat menyaring berbagai partikel berbahaya. Contohnya seperti timah, detergen, nitrat, pestisida, hingga klorin.

Jenis-Jenis Filtrasi dalam Mesin RO Air Payau

Sebelum mempelajari bagaimana mekanisme dari mesin ini berjalan, ada baiknya Anda mulai mempelajari dasaran dari filtrasi yang bisa mesin ini adaptasi. Contohnya seperti beberapa penjelasan filtrasi di bawah ini:

1. Sediment Filter

Secara garis besar, penyaringan pertama adalah pemisahan antara partikel padat dan cair yang tercampur dalam air payau. Pada penyaringan inilah membran dalam mesin berperan aktif. Biasanya ada dua lapis penyaringan, yakni penyaringan sedimen kecil dan juga mikro yang memiliki ukuran pori lebih kecil lagi. 

Karena peranannya yang cukup besar inilah, perlu adanya mekanisme atau perawatan membran dan pembersihan partikel padat secara rutin. Tujuannya agar membran tak cepat rusak dan dapat bekerja lebih maksimal dalam jangka waktu yang lama.

2. Carbon Filter

Jenis filtrasi berikutnya adalah proses penyaringan zat-zat kontaminan seperti klorin atau zat lain yang menimbulkan perubahan rasa, warna, ataupun bau. Selain karena pori-pori yang lebih kecil dari penyaringan sebelumnya, karbon aktif menjadi media terbaik, karena memiliki sifat mengikat zat kontaminan tersebut.

3. Reverse Osmosis Membrane

Berikutnya ada penyaringan yang memanfaatkan sistem membran RO dan memanfaatkan proses osmosis terbalik. Mesin RO air payau memanfaatkan membran semipermeabel untuk memurnikan air menjadi air permeat (air payau yang sudah mengalami penurunan TDS).

4. UV Sterilizer

UV sterilizer adalah penggunaan teknologi super canggih yang memanfaatkan sinar UV untuk membunuh zat berbahaya seperti kuman, bakteri dan virus.  Sehingga kandungan air menjadi lebih aman untuk manusia konsumsi, walaupun harga mesin dengan sistem ini pastinya jauh lebih mahal.

5. Polishing Filter

Polishing filter adalah tahapan filtrasi yang memastikan produk air yang mesin RO keluarkan adalah air terbaik sesuai kapasitas dan kemampuan mesin. Biasanya, penggunaan UV sterilizer atau carbon akan ditempatkan pada tahapan ini untuk memastikan air sudah layak konsumsi.

Mekanisme Mesin RO Air Payau

Pada mekanisme kerja dari mesin ini sebenarnya cukup simpel, karena air payau yang Anda olah akan melalui beberapa tahapan, berikut adalah penjelasannya:

A. Pre Treatment (Penyaringan Awal)

Tahapan pertama dalam mekanisme mesin RO sudah pasti adalah penyaringan awal. Ini merupakan proses penyaringan air payau dari partikel padat yang tercampur di dalamnya. Pada tahapan ini, biasanya mesin pompa akan menghisap air dari sumbernya yang akan mengalir melalui filter tahap pertama.

Penggunaan chemical oxidator juga digunakan untuk meningkatkan penyaringan. Namun, pada tahapan ini membran atau filter yang digunakan biasanya menggunakan filter dengan pori kecil.

B. Reverse Osmosis

Setelah melalui tahapan penyaringan awal, mesin RO air payau akan memproses air untuk masuk ke penyaringan tahap lanjut. Biasanya membran pada tahapan ini memiliki pori-pori yang lebih kecil dengan skala mikro. 

Pada tahapan inilah air akan terpisah dengan mineral padat lain. Seperti garam, mineral besi, atau bahan kimia sisa dari chemical oxidator. Biasanya, mesin akan memanfaatkan tekanan tinggi untuk memaksa molekul air melewati membran RO, sehingga proses filtrasi dapat terjadi.

C. Post Treatment (Pemurnian Lanjutan)

Tabung ketiga merupakan tahapan pemurnian lanjut, biasanya menggunakan karbon aktif atau bisa ditambahkan sistem UV neutralization agar pemurnian air lebih terjamin. Pada tahapan ini, karbon dan UV menjadi solusi pemurnian terbaik. Karena memiliki sifat mengikat dan atau menghilangkan zat berbahaya dalam air.

D. Storage (Penampungan)

Proses terakhir adalah penampungan air yang berguna mengontrol level dan keamanan air sebelum nantinya Anda konsumsi. Pada tahapan ini, tabung khusus dengan sensor otomatis jadi solusi terbaik dari mesin RO. 

Beberapa mesin menggunakan perpaduan carbon pada post treatment dan juga UV neutralization pada tahapan ini. Sehingga produk air yang keluar sudah dapat Anda pastikan aman dan layak untuk Anda konsumsi secara langsung.

Berminat Menggunakan Mesin RO Air Payau?

Dari penjelasan tersebut mesin pemurnian air ini sangat berguna untuk daerah dengan kadar air payau lebih tinggi dari air bersih. Oleh sebab itu, Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan mesin RO terbaik dari supplier terpercaya seperti Tanindo.

Karena Tanindo merupakan supplier yang sudah terbukti jual mesin RO dengan kualitas terjamin. Mulai dari mesin RO untuk kebutuhan rumah, industri, hingga untuk pengolahan air laut, hubungi kontak Tanondo untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.