Seberapa Penting Penentuan Kualitas Dan Kuantitas Sumber Air Yang Kita Miliki ?

Faktor yang paling penting pada saat kita ingin mendirikan bisnis sumber air minum adalah kualitas dan kuantitasnya. Ini jadi hal pertama yang kami sarankan kepada setiap pengusaha yang akan mengawali bisnis sumber air minum. Melakukan pengecekan terhadap bahan baku air yang akan dipakai untuk proses produksi di pabrik, terutama soal kualitas sumber air minum itu sendiri.

kualitas sumber air pabrik amdk

Mesin pengolahan atau mesin filtrasi yang digunakan untuk mengolah air akan semakin sederhana. Jika kualitas bahan baku yang dipakai semakin baik. Itu artinya, akan menghemat biaya operasional karena biaya yang dikeluarkan relatif lebih rendah. Apabila biaya produksi yang dikeluarkan rendah, maka perusahaan mempunyai keunggulan sehingga dapat bersaing di pasaran.

Pada Pabrik air minum kemasan, Air baku yang melalui proses produksi akan dikemas dan dikonsumsi oleh pelanggan. Jadi, kualitas air sebagai bahan baku yang diolah tersebut harus memiliki kualitas terbaik. Itulah sebabnya, kualitas sumber air merupakan faktor utama yang paling penting dalam proses produksi air minum kemasan ini.

Faktor Utama Yang Menjadi Tolok Ukur Apakah Kualitas Sumber Air Minum Layak Untuk Dipakai Lebih Lanjut Atau Tidak

1.    Kualitas Sumber Air minum

Kualitas bahan baku air yang akan melalui proses uji harus sesuai standar dari Peraturan Menteri Kesehatan nomor : 492/MENKES/PER/IV/2010 tertanggal 19 April 2010.  Yang isinya menetapkan syarat dan ketentuan kualitas air minum yang akan diproduksi. Yaitu dengan pertimbangan supaya air minum yang diproduksi tidak menyebabkan gangguan Kesehatan saat dikonsumsi oleh masyarakat.

Agar kita bisa mengetahui bagaimana kondisi dari air yang akan dipakai, maka melakukan pengujian pada air sumber tersebut sangat penting untuk dilakukan. Namun, perlu diingat agar tidak terjadi kesalahan saat pengujian pakailah jasa / layanan instansi yang professional yang sudah memiliki akreditasi KAN.

2.    Kuantitas Sumber Air

Hal yang tidak boleh luput untuk diperhatikan adalah ketersediaan sumber air. Dengan persediaan sumber air yang cukup serta berkesinambungan, maka kita bisa memastikan bahwa pabrik tetap dapat memproduksi air kemasan dalam kurun waktu yang lama.

Pengujian kuantitas sumber air dapat dilakukan dengan berberapa cara, antara lain :

Pengumpulan data secara manual

Lingkungan sekitar sumber mata air bisa dijadikan tempat untuk mengumpulkan terkait data dan informasi yang kita butuhkan. Caranya dengan bertanya kepada masyarakat mengenai informasi seputar kondisi daerah sekitarnya untuk mengetahui kualitas sumber air minum maupun kuantitasnya. Tanyakan pula apakah pernah terjadi penurunan ataupun kering pada debit dan kuantitas air tersebut. Untuk mendapatkan data yang akurat lakukan pengumpulan data sebanyak mungkin.

Melakukan Pengujian Dengan Geolistik

Salah satu metode geofisika yang dipakai untuk menemukan informasi terkait sifat-sifat kelistrikan lapisan batu di bawah tanah disebut Uji Geolistrik. Uji Geolistrik dilakukan dengan memberikan atau menginjeksikan arus listrik ke dalam tanah. Nah dari sini data akan muncul pada alat yang kita pakai melalui listrik yang sudah disuntikkan tersebut. Keberadaannya air tanah sangat spesifik.

Yang perlu diketahui tidak semua lokasi terdapat air tanah di dalamnya. Pasalnya, keberadaan air sangat bergantung pada keadaan geologi tanah itu sendiri. Apakah lapisan pembawa air atau lapisan kedap air.

Melakukan observasi lebih dalam mengentai kondisi lapisan geologi tanah adalah cara untuk mengetahui keberadaan air tanah tersebut. Kita dapat mengetahui kualitas sumber air minum berikut kuantitas yang dimiliki. Dengan cara melakukan berbagai uji termasuk uji geolistik

Tertarik Untuk Mendirikan Pabrik Air Minum Sendiri?

Dalam upaya mendirikan pabrik air minum dalam kemasan, memastikan kualitas dan kuantitas sumber air adalah langkah krusial. Tanindo hadir untuk memberikan bantuan dan solusi dengan layanan profesional yang dapat membantu menguji serta menilai kualitas sumber air secara tepat sesuai standar yang berlaku. Dengan bantuan Tanindo, Anda dapat memastikan bahwa pengujian dan evaluasi kualitas sumber air minum dilakukan secara akurat dan sesuai dengan kebutuhan, memungkinkan Anda untuk memulai usaha air minum dengan keyakinan atas kualitas yang optimal.