Bahaya Meminum Air yang Direbus Berkali-kali

Air. Tanpa disadari terkadang Anda melakukan beberapa kesalahan namun belum Anda ketahui penyebabnya. Salah satu kesalahan yang mungkin pernah Anda lakukan adalah merebus air lebih dari satu kali bahkan berkali-kali. Sering kali Anda tidak menyadari bahwa air yang telah direbus lalu dingin kemudian direbus lagi ternyata membawa dampak yang sangat berbahaya. Meskipun terlihat sepele namun jika Anda pahami secara ilmiah maka hal tersebut akan membuat Anda kaget dan tak ingin mengulanginya kembali.

Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa air yang sudah di masak lalu direbus kembali akan lebih bersih dan terhindar dari kuman maupun bakteri. Akan tetapi sebetulnya hal ini justru membawa bahaya bagi kesehatan Anda. Berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa dengan merebus berkali-kali membawa dampak buruk. Berikut ini akan dijelaskan bahaya meminum air yang sudah direbus berkali-kali dan perlu untuk Anda ketahui.

  1. Air yang sudah direbus berkali-kali akan mengalami perubahan susunan kimia sehingga susunan tersebut justru berubah menjadi racun yang berbahaya untuk tubuh. Oleh karena itu sebaiknya Anda tak boleh meremehkan hal ini begitu saja dan selalu berupaya untuk menghindari kebiasaan ini.
  2. Dengan merebusnya berkali-kali maka akan menghasilkan zat kimia diantaranya nitrat, flouride dan arsenik. Zat-zat kimia tersebut sangat berbahaya jika masuk ke dalam tubuh karena akan menimbulkan gangguan pada organ-organ tubuh. Bahkan foluride yang terbentuk ini juga dipercaya menjadi penyebab anak memiliki IQ yang rendah.
  3. Terjadinya perubahan susunan kimia akibat dari dilakukannya perebusan berkali-kali juga berdampak pada ginjal dan empedu. Kedua organ tubuh ini akan bekerja dengan lebih keras sebagai upaya untuk menetralkan adanya susunan kimia yang telah berubah akibat perebusan berkali-kali.
  4. Merebus berkali-kali juga akan menimbulkan arsenit dimana zat ini akan berdampak pada timbulnya neuropati, gangguan pada ginjal, gejala gastointestinal, diabates, munculnya sel kanker dan gangguan pada jantung.
  5. Nitrat yang terbentuk akibat perebusan berkali-kali terbukti mampu menyebabkan timbulnya penyakit kanker ovarium, kanker pankreas, kanker usus, penyakit pada kerongkongan dan leukimia.

Itulah penjelasan mengenai bahaya meminum air yang direbus berkali-kali. Berdasarkan penjelasan di atas diharapkan bisa menjadi masukan bagi Anda agar lebih berhati-hati dalam mengolah air minum sehingga terhindar dari bahaya-bahaya di atas.