Mengenal WWTP : Proses dan Manfaatnya

Limbah yang Anda buang langsung ke lingkungan, memiliki dampak negatif untuk kelangsungan makhluk hidup di sekitarnya. Apalagi jika limbah tersebut mengandung logam berat, maka bisa dipastikan akan lebih membahayakan. WWTP (Wastewater Treatment Plant) hadir untuk mengatasi masalah ini. 

Wastewater Treatment Plant menjadi krusial dalam pengolahan limbah cair industri sebelum dibuang ke lingkungan. Lalu, apa itu Wastewater Treatment Plant? Simak pengertian, proses hingga manfaatnya akan diuraikan pada artikel ini.

Apa Itu Wastewater Treatment Plant?

Wastewater Treatment Plant atau Pabrik Pengolahan Air Limbah adalah serangkaian sistem yang dirancang dan digunakan dengan tujuan untuk membersihkan air limbah sebelum dibuang kembali ke lingkungan.

Di dalam proses mengolah limbah, sistem ini menggunakan kombinasi proses fisika, kimia, dan biologi. 

Proses Wastewater Treatment Plant

Berikut tahapan pengolahan air limbah pada Wastewater Treatment Plant.

1. Preliminary Treatment

Tahapan preliminary merupakan tahapan pertama dalam Wastewater Treatment Plant yang bertujuan untuk mempersiapkan air sebelum ke pengolahan selanjutnya. Pada tahap ini, limbah cair dari berbagai sumber, seperti rumah tangga dan industri akan masuk ke stasiun pengolahan air limbah. 

Setelah itu, limbah tersebut akan mengalami proses screening atau penyaringan awal dengan ketebalan saringan yang bervariasi. Jadi, membuat benda-benda besar seperti sampah, kerikil, dan daun akan tersaring. 

Selain itu, tahap ini juga melibatkan proses pre-treatment yang bertujuan untuk menghilangkan material yang mudah terurai, seperti minyak dan lemak, sehingga beban bahan organik air bisa berkurang. Demi menghilangkan lemak ini, biasanya melalui penggunaan degreasers.

2. Primary Treatment

Tahapan kedua dalam pengolahan di WWTP ini, bertujuan untuk menghilangkan sebagian dari padatan tersuspensi dalam air limbah. Caranya, yaitu dengan mengendapkan air selama satu hingga 2 jam dalam bak khusus.

Selain itu, proses ini juga melibatkan penambahan koagulan dan flokulan yang bertujuan untuk meningkatkan sedimentasi padatan dan menghilangkan fosfor dalam air limbah. Setelah mengendap, air yang jernih di bagian atasnya akan mengalir ke tahap berikutnya. 

3. Secondary Treatment

Tahapan ini bertujuan untuk menghilangkan nutrisi dan materi organik di dalam air, seperti nitrogen dan fosfor dengan melibatkan bakteri di dalamnya. Adapun prosesnya yaitu air akan mengalir ke dalam tangki berisi bakteri tertentu selama beberapa hari, dengan kondisi oksigen sesuai kebutuhan, seperti aerobik, anaerobik, atau anoksik. 

Bakteri yang ada di dalam tangki akan mengonsumsi materi organik dan nutrisi yang ada di dalam limbah tersebut. Setelah air bebas dari bahan organik, bakteri tersebut akan dihilangkan dengan cara diendapkan ke bagian bawah.

Bagian yang mengendap kemudian dikeluarkan melalui bagian bawah, sedangkan air yang sudah bersih dari bakteri akan mengalir melalui bagian atas tangki. 

4. Tertiary Treatment

Tahap tertiary pada WWTP, hanya dilakukan jika limbah tersebut belum memenuhi syarat kualitas air yang boleh dibuang ke lingkungan. Adapun pada tahapan ini, akan lebih berfokus pada pengolahan secara kimiawi dan fisika. 

Pengolahan fisik berupa penggunaan filter pasir atau karbon aktif untuk menghilangkan kontaminan organik dan anorganik yang masih tersisa di air. Kemudian, proses kimia berupa penggunaan koagulan, flokulan, dan oksidator untuk menghilangkan kontaminan organik, logam berat, atau zat berbahaya lainnya.

5. Desinfeksi

Sesuai namanya, tahapan ini melibatkan penambahan desinfektan dalam air yang berupa klorin atau cahaya UV. Tujuan dari penambahan desinfeksi ini adalah untuk menghilangkan mikroorganisme patogen dalam air, seperti E.coli yang sering membuat sakit perut. 

6. Sludge Treatment

Limbah hasil olahan juga akan berbentuk lumpur yang berasal dari proses pengendapan sebelumnya. Sebelum dibuang, lumpur tersebut perlu Anda olah dengan mengurangi volumenya melalui proses pengentalan.

Setelah itu, lumpur tersebut akan menuju ke tangki khusus untuk menghilangkan bakteri di dalamnya. Jika lumpur sudah bersih dari bakteri, selanjutnya akan mengalami proses pengeringan. 

Lumpur yang kering ini sudah aman untuk Anda buang ke lingkungan atau untuk pupuk tanaman. Selain itu, tahapan ini juga akan menghasilkan zat metana yang bisa Anda gunakan sebagai pembangkit listrik.

Manfaat Wastewater Treatment Plant

Berikut beberapa manfaat dari penggunaan Wastewater Treatment Plant: 

A. Melindungi Industri Perikanan

Di dalam industri perikanan, air bersih merupakan hal penting untuk menyokong kehidupan komoditas perikanan. Oleh sebab itulah, tanpa adanya WWTP, ikan budidaya tidak akan bisa hidup dengan baik, karena perairan yang tercemar oleh limbah. 

B. Menjaga Ekosistem Alami

Limbah berbahaya jika masuk ke lingkungan, akan merusak ekosistem alami di sekitarnya. Apalagi jika dalam bentuk logam berat, maka kemungkinan besar akan membunuh beberapa spesies alami di lingkungan tersebut. Oleh sebab itulah, pengolahan limbah memiliki peranan besar untuk menjaga ekosistem alami.

C. Menjaga Tempat Pariwisata

WWTP juga memiliki peranan besar untuk menjaga tempat pariwisata. Ini karena limbah yang diolah terlebih dahulu sebelum dibuang, tidak akan mengotori perairan maupun lingkungan alami di sekitarnya. Lingkungan yang bersih, tentu saja berperan besar untuk keberhasilan tempat pariwisata. 

D. Menciptakan Masyarakat yang Sehat

Zat berbahaya yang ada di limbah, jika masuk ke perairan, lalu dikonsumsi oleh masyarakat sekitar, maka bisa menimbulkan penyakit, seperti diare dan tipes. Bahkan, bisa menyebabkan kanker dan kematian, untuk jenis-jenis limbah yang mengandung logam berat. 

Oleh karena itulah, Wastewater Treatment Plant hadir untuk menjaga kesehatan masyarakat, dengan menciptakan air yang aman dikonsumsi. 

Percayakan Pembangunan WWTP pada Tanindo!

Wastewater Treatment Plant memiliki peranan yang cukup besar untuk lingkungan sekitar, untuk itulah Anda sebaiknya membangunnya. Namun, dalam pembangunan instalasi pengolahan air limbah, Anda disarankan menggunakan kontraktor WWTP terbaik, agar pengolahan limbah bisa maksimal. 

Di dalam hal ini, PT. Tanindo Anugerah Nusantara hadir sebagai jasa IPAL berpengalaman yang bisa membantu Anda dalam membangun Wastewater Treatment Plant terbaik. Dengan teknisi profesional di bidangnya dan teknologi pengolahan yang canggih, Tanindo adalah pilihan yang tepat untuk mempercayakan pembangunan IPAL Anda. 

Selain itu, Tanindo juga menyediakan konsultasi gratis sebelum pemesanan, untuk Anda yang masih ragu atau mau tanya-tanya terlebih dahulu. Informasi selengkapnya, bisa langsung menghubungi kontak Tanindo dan berdiskusi dengan salah satu tim profesional Tanindo.