5 Jenis Sumber Air dan Kegunaannya yang Beragam

Air menjadi elemen penting dalam kehidupan dan tidak terpisahkan, bukan hanya bagi manusia tapi juga seluruh makhluk hidup. Maka dari itu, sumber air memiliki peran penting dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari, mulai dari kebutuhan rumah tangga, kebutuhan industri, hingga  perannya dalam menyeimbangkan alam. 

Namun, tidak semua air dapat langsung Anda gunakan atau konsumsi karena memerlukan pengolahan lebih dulu. Lalu, apakah Anda tahu air di bumi memiliki asal-usul yang berbeda-beda? Berikut beberapa jenis sumbe air dan masing-masing manfaatnya.

Jenis Sumber Air dan Kegunaannya

Sumber disini merujuk pada wadah air alami atau yang sengaja dibuat di atas ataupun di bawah permukaan tanah. Setiap sumber memiliki kualitas dan potensi air yang berbeda-beda. 

1. Air Tanah

Air tanah adalah air hujan yang jatuh ke permukaan bumi, kemudian mengalami penyerapan ke dalam tanah juga mengalami penyaringan secara alamiah. Sepanjang prosesnya ke bawah tanah, air akan menjadi lebih murni dan memiliki kualitas yang lebih baik daripada jenis air permukaan. 

Air yang mengalir dan melewati beberapa lapisan tanah ini akan menyebabkan terjadinya kesadahan air (hardness of water). Kesadahan ini akan membuat air memiliki kandungan mineral, seperti kalsium dan magnesium. Jika tidak mengendapkan air tanah, maka air ini akan membentuk endapan seperti kerak. 

Air tanah sendiri bisa berguna untuk keperluan sehari-hari, seperti memasak, minum, mandi, dan mencuci. Selain itu, jenis air ini juga dapat bermanfaat untuk kebutuhan industri yang membutuhkan air selama proses produksinya. 

2. Air Laut

Air laut merupakan salah satu sumber air dengan ketersediaan melimpah. Namun, jenis ini tidak bisa digunakan sebagai air baku, air minum, maupun air bersih karena kandungan garam (NaCl) di dalamnya cukup tinggi. Kegunaan paling umum dari air laut adalah pemanfaatannya sebagai penyedia air tawar. 

Sedangkan air tawar sendiri nantinya dapat digunakan untuk berbagai keperluan di bidang industri, pertanian, dan aktivitas lingkungan. Air laut juga memiliki kandungan banyak garam dan berbagai jenis gas. Kandungan tersebut akan memenuhi kebutuhan vegetasi dan hewan-hewan laut.

Kegunaan air laut lainnya adalah bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi bagi kelangsungan hidup manusia. Terutama arus dan ombak yang dihasilkan bisa memutar turbin pembangkit listrik. Bisa juga sebagai sumber mineral dan pertambangan, misalnya minyak dan mineral bumi lainnya. 

Selain itu, air laut bisa bisa digunakan untuk sumber obat-obatan. Sebab, biota dan tanaman laut kaya akan zat yang bisa bermanfaat untuk kesembuhan beberapa penyakit. Contohnya seperti rumput laut yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. 

3. Air Permukaan

Air permukaan merupakan air hujan yang tidak mengalami peresapan (infiltrasi). Pada umumnya, pemanfaatan air permukaan bisa untuk kebutuhan rumah tangga, industri, dan irigasi. Air permukaan juga menjadi sumber terpenting untuk bahan baku air bersih. 

Air permukaan juga berasal dari berbagai sumber, ada yang dari sungai, parit, selokan, rawa, bendungan, danau, air terjun. Namun, daripada sumber lainnya, jenis ini seringkali tercemar.

Kotoran atau pencemarannya sendiri dapat berasal dari lumpur, daun, kotoran industri, batang kayu, pasir, pecahan batuan, dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa jenis dari air permukaan:

A. Air Sungai 

Air sungai adalah air yang mengalir melewati terusan alami yang kanan kirinya memiliki pembatas berupa tanggul-tanggul. Jenis ini juga akan mengalir ke arah laut, danau, dan aliran sungai yang lain atau sungai induk. Kegunaan air sungai biasanya untuk mengairi persawahan, perikanan, pembangkit listrik, dan juga pariwisata. 

B. Air Danau

Air danau merupakan air permukaan yang terkumpul pada suatu tempat yang cekung dan rendah. Jenis tang masih masuk dalam kategorinya adalah air rawa, air tandon, air waduk/dam. 

4. Air Hujan

Hujan adalah peristiwa turunnya air ke bumi karena proses penguapan (evaporasi), pengembunan (kondensasi), pencairan (presipitasi). Fenomena ini merupakan sumber air utama di bumi. Meskipun saat presipitasi air yang turun merupakan air bersih, air hujan cenderung mengalami pencemaran saat berada di atmosfer. 

Pencemaran ini juga bisa dipengaruhi berbagai hal. Contohnya karena mikroorganisme, debu, gas, karbon dioksida, ataupun nitrogen. Jika menginginkan air hujan yang bersih, Anda bisa menggunakan alternatif penampungan air dari atap rumah. Jadi, nantinya hanya memerlukan pengolahan sederhana sebelum digunakan. 

Karena air hujan bermanfaat untuk kebutuhan rumah tangga, penampungan air ini dapat berguna untuk ketersediaan air bersih saat kemarau panjang. Sifat air hujan sendiri lunak karena tidak mengandung zat mineral dan larutan garam. Lalu, untuk ketersediaannya, air ini akan bergantung pada tinggi rendahnya curah hujan. 

5. Mata Air 

Mata air adalah air tanah yang mengalir sampai ke permukaan melalui celah bebatuan karena adanya perbedaan tekanan. Jika pengambilannya Anda lakukan dengan baik, air ini akan memiliki karakteristik yang kaya mineral dan bebas dari bakteri patogen. Sehingga dapat Anda minum secara langsung tanpa memerlukan pengolahan khusus. 

Dari segi kualitas, mata air bisa Anda gunakan sebagai air baku karena belum terkontaminasi zat-zat pencemar. Secara kuantitas, kapasitas mata air sangat terbatas. Air ini hanya bisa memenuhi kebutuhan penduduk tertentu. Lama-kelamaan mata air juga bisa habis jika manusia ambil terus-menerus dan tidak ada perawatan. 

Sudah Tahu Apa Saja Sumber Air dan Kegunaannya?

Sumber air yang Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari bisa dari tempat berbeda-beda dengan potensi dan kualitasnya masing-masing yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Perawatan dan menjaga kelestarian lingkungan sendiri penting untuk melindungi sumber tersebut.

Dan karena kandungan yang berbeda-beda, beberapa air tertentu akan membutuhkan pengolahan air bersih sebelum Anda bisa bisa menggunakan dan mengkonsumsinya. Agar dapat memudahkan dalam mengelola sumber air, Anda bisa menggunakan jasa ipal dari PT. Tanindo Anugerah Nusantara

Karena berpengalaman lebih dari 10 tahun dalam pengolahan air bersih, layanan dari Tanindo sudah pasti terpercaya. Tanindo juga menyediakan instalasi pengolahan air limbah dengan menggunakan teknologi terbaik. Anda juga bisa berdiskusi dengan salah satu tim Tanindo dengan cara menghubungi kontak Tanindo dan dapatkan informasi penting lainnya.