Peran Mesin RO Rumah Sakit dalam Standarisasi Kualitas Air

Rumah sakit membutuhkan air bersih untuk menjaga kesehatan dan kebersihan para staf medis dan pasien. Rumah sakit bisa memperoleh air bersih dengan menggunakan mesin Reverse Osmosis (RO). Jadi, peran mesin RO rumah sakit ini sangat penting agar ketersediaan air tetap bersih, aman, dan berkualitas baik.

Rumah sakit perlu memastikan standar kualitas air dari hasil penggunaannya dengan mesin Reverse Osmosis tersebut. Simak penjelasan peranan mesin RO rumah sakit dan bagaimana standar kualitas air yang baik untuk segala keperluan rumah sakit di artikel ini.

Apa Itu Reverse Osmosis (RO)?

RO yang merupakan singkatan dari reverse osmosis (osmosis terbalik), yaitu metode penyaringan air menggunakan lapisan penyaring (membran). Tingkat penyaringannya 0,001 micron, sehingga menghasilkan air yang murni, jernih, dan aman untuk dikonsumsi.

Keunggulan RO adalah dapat menghilangkan 98% padatan terlarut seperti arsen klorida, sodium, klorida, dan kontaminan lainnya. Selain itu, RO juga dapat menghilangkan berbagai bakteri dan virus, sehingga hasil airnya lebih sehat. Pemasangan dan perawatannya pun sangat mudah serta lebih ramah lingkungan.

Mesin RO memiliki daya saring yang tinggi untuk menyaring molekul besar, baik zat berbahaya ataupun tidak. Proses tersebut akan menghasilkan air bersih dan layak untuk minum. Air hasil RO juga banyak bermanfaat dalam dunia medis karena kandungan pH-nya yang jauh lebih rendah dan bebas dari bahan anorganik.

Peran Mesin RO Rumah Sakit

Kebutuhan air di rumah sakit berbeda dengan kebutuhan rumah tangga, hotel, maupun water treatment plant. Mesin RO berperan penting dalam menghasilkan air bersih sesuai standar kebersihan dan keamanan ketat berbagai keperluan medis. Berikut adalah beberapa peran utama mesin RO rumah sakit:

A. Efektif Menghilangkan Segala Jenis Kontaminan

Mesin RO bisa menghilangkan sekitar 90-99% kontaminan yang terkandung di dalam air, termasuk mikroorganisme, pestisida, klorin, hingga logam berat. Sebab, membran RO mampu menyaring molekul air hingga ukuran yang sangat kecil (mikro). Sehingga, kontaminan tidak akan ikut masuk ke hasil filternya.

B. Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Kemampuan mesin RO untuk memfilter segala jenis kontaminan membuat output air betul-betul hanya air bersih dan murni yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Air akan bebas dari bau, rasa, bakteri, dan zat-zat kontaminan yang dapat membahayakan kesehatan.

C. Mudah Digunakan dan Hemat Energi 

Pengolahan air dengan teknologi RO sangat mudah dan hemat energi. Anda hanya perlu menggunakan air mentah yang selanjutnya diolah sedemikian rupa hingga menjadi air yang langsung siap pakai.

Penggunaannya pun juga beragam, mulai dari untuk minum para pasien dan staf medis, desinfeksi peralatan medis, sterilisasi ruangan, untuk pencucian alat-alat operasi atau bedah, hingga hemodialisa (cuci darah).

D. Biaya Ekonomis

Biaya mesin RO ternyata lebih murah daripada ketika menggunakan air mineral. Anda hanya perlu berinvestasi sekali di awal pembelian mesin tersebut, selanjutnya Anda tinggal melakukan penggantian filter. Harga filter pun sangat ekonomis ketimbang membeli air galon atau air mineral.

E. Kemampuan Produksi Air yang Cepat dan Perawatan yang Mudah

Mesin RO rumah sakit dapat menghasilkan air bersih dalam waktu yang singkat dan jumlah yang banyak, sehingga sangat cocok untuk kebutuhan rumah sakit. Selain itu, mesin tersebut tidak membutuhkan banyak perawatan, karena hanya perlu mengganti filter yang sudah kotor tanpa harus membongkar mesin.

Standar Kualitas Air di Rumah Sakit

Standar baku kualitas air di rumah sakit merupakan spesifikasi teknis atau nilai terhadap media air yang penggunaannya berdampak langsung terhadap kesehatan masyarakat di dalam lingkungan rumah sakit. Berikut ini standar untuk RO rumah sakit:

1. Air untuk Minum

Standar kualitas air untuk minum harus sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Kesehatan No.492/MENKES/PER/IV/2010 tentang persyaratan kualitas air minum. Parameter yang wajib terpenuhi, antara lain:

  • Parameter fisik yang penting untuk air minum adalah kejernihan, warna, bau, rasa, serta suhu. Air minum yang baik seharusnya jernih tanpa endapan, warnanya harus bening atau transparan, tidak memiliki bau yang aneh atau tidak sedap, rasanya harus segar atau netral, dan suhunya harus wajar untuk diminum manusia, umumnya sekitar suhu ruangan atau sedikit dingin.
  • Parameter mikrobiologi: Harus bebas dari bakteri Escherichia coli dan total bakteri koliform.

2. Air untuk Keperluan Higiene Sanitasi

Air untuk keperluan higiene sanitasi berguna dalam pemeliharaan kebersihan seperti mandi dan sikat gigi, untuk keperluan cuci bahan pangan, peralatan makan, pakaian, dan peralatan medis. Standar kualitas air untuk keperluan higiene sanitasi harus sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 32 Tahun 2017.

3. Air untuk Pemakaian Khusus

Air untuk pemakaian khusus adalah air yang penggunaannya khusus untuk menunjang operasional kegiatan pelayanan rumah sakit dan harus memenuhi standar kualitas air yang telah ditentukan. Pemakaian khusus tersebut antara lain untuk:

A. Ruang Operasi

Rumah sakit perlu melakukan pengolahan air dengan menggunakan teknologi yang dapat menjamin penyehatan air agar terpenuhi standar baku kualitasnya. Misalnya dengan menggunakan teknologi reverse osmosis (RO).

B. Ruang Hemodialisa

Uji laboratorium atau pemeriksaan kualitas air untuk hemodialisis dilakukan dengan cara:

  • Pemeriksaan kesadahan (CaCO3 atau magnesium dan kalsium): Sebelum dan sesudah pengolahan air setiap 6 bulan sekali, serta saat penggantian media carbon.
  • Pemeriksaan klorin: Saat penggunaan alat baru dan setiap pergantian shift dialysis.
  • Pengontrolan jumlah bakteri atau kuman: Saat penggunaan alat baru dan setiap sebulan sekali.
  • Pemeriksaan jumlah endotoksin: Saat penggunaan alat baru dan setiap sebulan sekali, khusus rumah sakit yang membutuhkan akreditasi.
  • Pemeriksaan kimia dan logam berat: Saat penggunaan alat baru dan setiap 6 bulan atau saat perubahan mesin RO rumah sakit.

C. Ruang Farmasi

Pada ruang farmasi juga harus menggunakan air yang murni, seperti dengan teknologi Reverse Osmosis. Alasannya untuk menjamin keamanan dan kesehatan dalam penyiapan obat dan pelayanan farmasi lainnya.

Sudah Paham Peranan RO Rumah Sakit?

Mesin RO rumah sakit menjadikan standar kualitas air di rumah sakit menjadi lebih terjamin. Tidak hanya untuk kebersihan air, tetapi juga berguna untuk berbagai keperluan medis. Oleh karena itu, setiap tetes air mencerminkan sesuai dengan standar dan pelayanan kesehatan yang terjamin.

Untuk menjaga kualitas air dengan teknologi mesin RO, Anda bisa dapatkan produknya melalui PT. Tanindo Anugerah Nusantara yang merupakan salah satu perusahaan penyediaan jasa water treatment terpercaya di Indonesia. Tanindo yang bergerak di bidang pengolahan air bersih, air minum, dan air limbah, yang didukung oleh tenaga yang berpengalaman dan terlatih.

Tanindo telah mengerjakan berbagai proyek pengolahan dan penjernihan air dari Sabang hingga ke Merauke dengan skala project dari yang kecil sampai yang terbesar.

Anda bisa menghubungi kontak Tanindo untuk berdiskusi dengan salah satu tim profesional Tanindo dan dapatkan informasi yang lebih lengkap.