5 Fungsi Ozon untuk Depot Air Minum, Tingkatkan Loyalitas Pelanggan

Ozone generator adalah alat yang berfungsi untuk menunjang kebutuhan air minum, agar lebih steril dan jernih. Biasanya, teknologi ini bisa Anda temui pada proses pembuatan air mineral. Ozon untuk depot air minum mengusung teknologi yang tinggi.

Pasalnya, fungsinya cukup krusial, yakni mengubah air keruh menjadi jernih, air kotor menjadi bersih, dan air penuh zat berbahaya menjadi sehat untuk Anda konsumsi. Lantas, bagaimana penjelasan lengkap tentang fungsinya? Simak di bawah ini!

Fungsi Ozone Generator untuk Membuat Air Minum

Jika melihat dari sisi fungsi, mesin ozon mempunyai kegunaan yang sangat luas. Namun, untuk kali ini kita akan membahas terlebih dahulu tentang manfaat ozon untuk depot air minum, yakni.

1. Membunuh Kuman, Bakteri, dan Jamur

Manfaat mesin ini yang pertama adalah membunuh kuman, bakteri, serta jamur-jamur yang ada di air. Ketika ozon  bersatu dengan air, ia akan cepat bereaksi dengan mikroorganisme yang bisa memicu penyakit. 

Proses inilah yang akan menghancurkan mikroorganisme dan menjadikan air bisa bebas dari ancaman infeksi.

2. Menyegarkan Air

Air yang diambil dari dalam tanah tidak ada yang mengetahui kandungannya. Maka dari itu, jika tidak disterilkan, air bisa memiliki rasa asam dan tidak sehat. Maka dari itu, depot air minum isi ulang sebaiknya menggunakan ozone generator untuk menyegarkan air dan menghilangkan rasa asam.

Nantinya, ozone akan bereaksi dengan senyawa organik volatile (VOCs) yang bertanggung jawab terhadap bau dan rasa tidak sedap, yang muncul dalam air. Dengan begitu, air bisa lebih jernih dan segar, ketika Anda konsumsi.

3. Mengubah O2 Menjadi O3

Ozon untuk depot air minum juga berfungsi untuk mengubah O2 menjadi O3. Tujuannya adalah menjernihkan air menggunakan kadar ozone di dalamnya. Ketika masuk ke dalam alat, air akan melewati proses penyaringan, sehingga menghasilkan air yang berkualitas.

4. Mengawetkan Air Secara Alami

Manfaat ozon untuk depot air minum yang keempat adalah mampu mengawetkan air secara alami. Pasalnya, tidak adanya kandungan zat kimia yang tercampur dalam mesin membuat kesegaran air bisa bertahan lebih lama dan tidak mudah terkontaminasi oleh bakteri dari luar.

5. Penyediaan Air Minum yang Aman dan Berkualitas

Secara keseluruhan, pemakaian ozon generator dalam pemurnian air bisa diandalkan untuk menyediakan air minum yang berkualitas tinggi. Pasalnya, mesin ini memiliki kemampuan terbaik dalam menghilangkan berbagai kontaminasi yang ada di dalam air.

Fungsi Alat Ozon untuk Berbagai Industri

Jika tadi sudah Anda ketahui tentang fungsi ozon untuk depot air minum, Anda juga wajib tahu tentang manfaatnya untuk berbagai macam industri, diantaranya.

  • Sterilisasi pada botol minuman sebelum melewati proses packing.
  • Mencegah pertumbuhan dan perkembangan mikroba atau bakteri.
  • Memperpanjang umur buah dan sayuran.
  • Mencegah pertumbuhan lumut di daerah industri yang mempunyai tingkat kelembaban tinggi.
  • Meminimalisir adanya zat berbahaya yang dapat merusak lingkungan, misalnya limbah cair dan deterjen.
  • Menghilangkan bau tidak sedap, yang muncul dari ruangan atau media penyimpanan makanan dan minuman.
  • Bertindak sebagai molekul antiseptik

Inilah Cara Kerja Mesin Ozon

Mungkin Anda sudah pernah melihat mesin ozon untuk depot air minum. Akan tetapi, apakah Anda sudah mengetahui bagaimana cara kerjanya? Menurut beberapa sumber, alat ini bekerja dengan cara mengubah energi listrik menjadi ozone.

Secara garis besar, kinerjanya  adalah mengubah oksigen atau O2 menjadi molekul triple oxygen atau O3. Simpel! Tapi, tidak semua mesin bisa berfungsi seperti ozone generator.

Jadi, wajar saja bila harganya pun sangat mahal. Sementara itu, kinerja ozone generator dimulai dengan mengalirkan oksigen atau O2 ke bagian reaktor ozon. Lalu, di dalam reaktor inilah terjadi proses pemecahan O2 menjadi 03, yang kemudian mengalir dari mesin.

Mesin akan mengolah air kembali, sehingga menjadi jernih dan steril. Air yang sudah jernih dan mengandung ozon ini memiliki istilah air ozon. Perihal rasa dan warna, tidak jauh berbeda dengan air minum biasanya.

Hanya saja, air ozon tidak mudah terkontaminasi zat-zat baru atau zat jahat dari luar, karena sudah mendapat proses pengawetan dari mesin.

Cara Penggunaan Generator Ozone

Cara menggunakan ozone generator juga bisa dibilang tidak mudah. Bukan sembarang orang bisa melakukannya dan butuh mereka yang sudah ahli dan mengetahui apa saja keperluan serta prosesnya. Berikut adalah langkah-langkah penggunaan generator ozone:

1. Sterilisasi

Cara pertama memakai ozon untuk depot air minum adalah memasukkan air ke dalam tabung penampung air. Pada tahapan awal ini, Anda akan menemukan sinar ultraviolet yang berfungsi untuk sterilisasi air memakai pancaran sinarnya.

Dalam proses ini, pemurnian belum terjadi. Air masih dalam kondisi seperti awal atau mengandung zat kimia dan berbahaya lainnya.

2. Pembentukan Ozon

Kemudian, masukkan gas oksigen sesuai dengan kadar yang telah Anda tetapkan pada reactor trioksigen. Lalu, silahkan hubungkan dengan listrik berkekuatan tinggi, agar terjadi pembentukan ozon. 

Nantinya, ozon akan melakukan oksidasi senyawa organik yang ada di dalam air. Misalnya, zat kimia organik, warna keruh, hingga senyawa berbau. 

3. Pencampuran Air dan Ozon

Langkah ozon untuk depot air minum yang ketiga adalah campurkan air minum dengan senyawa kimia ozon yang telah terbentuk di alat reaktor ozone. Ada 3 cara yang bisa Anda lakukan, yakni gelembung ozone, sirkulasi, dan direct injection.

4. Mengemas Air

Cara penggunaan generator yang terakhir adalah mengemas air. Setelah semua proses selesai, air bisa mulai Anda kemas ke wadah-wadah tertentu yang steril.

Keuntungan Menggunakan Generator Ozone untuk Air

Dengan menggunakan generator ozon, ada beberapa keuntungan yang bisa industri dapatkan, yakni.

  • Memudahkan Anda untuk menjumpai mesin, karena tersedia di beberapa toko atau pabrik.
  • Ramah lingkungan, karena tidak menggunakan zat kimia berbahaya.
  • Bisa menghasilkan air yang bermanfaat untuk kesehatan, karena semua proses sterilisasi terjadi secara alami.
  • Menghasilkan air yang berkualitas, awet, dan tahan lama sekalipun terpapar oleh panas.
  • Air tidak mengandung zat berbahaya, karena sudah tercampur dengan ozon yang molekulnya lebih banyak daripada oksigen. Selain itu, rasa, warna, dan bau tidak jauh berbeda dengan air yang Anda konsumsi setiap harinya.

Sudahkah Anda Tahu Manfaat Ozon untuk Depot Air Minum?

Setelah membaca keseluruhan penjelasan di atas, apakah Anda memahami tentang manfaat utama dari ozon untuk depot air minum? Jika tertarik untuk membuat usaha depot air minum isi ulang, Anda bisa menggunakan jasa dari Tanindo.

Perusahaan kami khusus melayani customer yang ingin mengolah air kotor menjadi bersih untuk berbagai kebutuhan. Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi secara fleksibel. Dapatkan layanan terbaik dari perusahaan kami!