Memanfaatkan Nano Filter Atasi Air Gambut, Begini Caranya!

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki air gambut dan tersebar di berbagai daerah. Mengubah air gambut dengan nano filter ini banyak dilakukan untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat.

Hal ini dilakukan mengingat masyarakat saat ini masih sulit memperoleh air bersih untuk aktivitas rumah tangga dan pertanian. Inilah yang membuat nano filtermemiliki peran penting untuk memperoleh air bersih dan berkualitas.

Apa Itu Nano Filter?

Nano filter adalah salah satu jenis filtrasi dalam proses pemurnian air yang terkontaminasi. Penggunaan teknologi ini terbilang unggul daripada metode lainnya karena mampu menghasilkan tingkat kemurnian air yang tinggi.

Selain itu, metode filtrasi ini juga menunjukkan laju aliran yang lebih tinggi dengan energi lebih sedikit daripada sistem pemurnian air lain, misalnya reverse osmosis. Multimedia filter ini cukup populer karena memiliki kelebihan seperti biaya operasi yang terjangkau, ramah lingkungan, dan efisien.

Selain itu, teknologi filtrasi ini juga lebih unggul karena mampu memproses pemisahan secara terus-menerus. Tidak heran mengapa penggunaan teknologi ini juga populer untuk pengolahan limbah industri skala kecil.

Manfaat Penggunaan Nano Filter untuk Air Gambut

Air gambut memang tidak dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air manusia sehingga memerlukan teknologi khusus agar layak digunakan. Penggunaan nano filter memiliki banyak manfaat terhadap pengolahan air gambut yang keruh agar lebih berguna. Berikut beberapa manfaatnya.

1. Air Menjadi Jernih

Manfaat utama dari metode filtrasi ini berfungsi untuk menjernihkan air yang terkontaminasi bakteri dan bau. Mulai dari kondisi air kuning, keruh, hingga berbau bisa Anda atasi dengan teknologi satu ini.

Kondisi air keruh sering ditemukan terutama di kota besar dengan produksi limbah air yang cukup banyak. Dengan mengolah air menjadi jernih, tentu Anda akan merasa lebih nyaman memanfaatkanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

2. Masalah Krisis Air Teratasi

Selain mengalami masalah air kering, beberapa daerah di Indonesia juga banyak menghadapi masalah krisis air jernih. Problematika ini yang menghambat aktivitas masyarakat untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Kehadiran filter ini bisa menjawab masalah krisis air bersih yang banyak masyarakat alami dari berbagai wilayah. Tentu ini merupakan solusi bagaimana mengolah air yang terkontaminasi melalui proses pemurnian hingga menjadi bersih dan berkualitas.

3. Pengendalian Zat Berbahaya

Perlu Anda ketahui, air gambut merupakan kondisi air yang mengandung bakteri dan zat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Itu artinya jika air yang terkontaminasi digunakan dalam jangka waktu lama, maka bisa mengancam keselamatan nyawa.

Hal ini yang membuat nano filter memiliki peran penting karena manfaatnya yang mampu memurnikan dan mengendalikan dampak buruk penggunaan air gambut. 

Dengan menggunakan penyaringan teknologi nano, secara tidak langsung ini merupakan upaya untuk melawan zat berbahaya agar tidak merusak kesehatan siapapun yang menggunakannya.

4. Pelestarian Lingkungan

Indonesia memang memiliki kekayaan alam yang indah di berbagai penjuru daerah. Sayangnya, masalah air gambut ini berisiko mengancam kelestarian lingkungan yang ada di sekitar.

Untuk mengupayakan pelestarian lingkungan ini, penggunaan nano filter bisa jadi pilihan yang tepat. Apalagi, ciri-ciri lingkungan rusak biasanya juga ditandai dengan kondisi air yang tercemar seperti air gambut.

Cara Menjernihkan Air Gambut dengan Nano Filter

Proses menjernihkan air gambut yang keruh tentu memerlukan tahapan yang cukup panjang. Metode filtrasi sebenarnya cukup memudahkan untuk menghasilkan air jernih dan bersih. Berikut ini proses menjernihkan air gambut dengan menggunakan nano filter.

A. Netralisasi

Perlu Anda ketahui, air gambut memiliki kandungan pH yang tinggi, sehingga tidak layak untuk penggunaan sehari-hari. Oleh karena itu, untuk menjernihkannya harus melakukan proses netralisasi terlebih dahulu.

Proses ini merupakan langkah awal yang bekerja dengan cara mengubah pH air yang sebelumnya asam menjadi netral. Pada tahap ini biasanya melakukannya dengan membubuhi alkali atau kapur tohor ke permukaan air.

B. Oksidasi

Selain kondisi pH yang asam, kondisi air gambut juga mengandung bakteri, logam, nilai TSS, TDS, COD, dan BOD yang tinggi. Ini merupakan zat yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

Maka dari itu, air gambut perlu melalui proses oksidasi melalui teknologi filtrasi nano ini. Penggunaan filter air ini berguna untuk menghilangkan zat berbahaya dalam air gambut tersebut.

C. Koagulasi dan Flokulasi

Tahap ini adalah proses menggumpalkan partikel halus dalam air gambut yang tidak bisa diendapkan secara gravitasi. Selanjutnya, hasil penggumpalan tadi akan diendapkan dan diproses ke tahap selanjutnya.

Proses pengendapan ini bekerja dengan cara mengendapkan masing-masing partikel yang tidak mengalami perubahan bentuk dari sebelumnya. Partikel yang terendap ini nantinya akan melalui proses penyaringan.

D. Penyaringan

Penyaringan merupakan tahap akhir di mana zat padat yang tersuspensi akan menghilang. Zat ini akan hilang secara perlahan melalui media berpori. Proses ini terbilang lebih optimal daripada pemurnian air dengan teknologi lain.

Air gambut yang asalnya keruh penuh zat berbahaya dan bakteri, bisa berubah menjadi air bersih standar. Setelah proses ini selesai, maka air bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari seperti mencuci, memasak, mandi, dan lain-lain.

Jernihkan Air Menggunakan Jasa Pengolahan Air Terpercaya!

Itu dia penjelasan mengenai apa itu nano filter serta manfaatnya yang berguna untuk mengatasi masalah air keruh, termasuk air gambut. 

Pengolahan air gambut kini menjadi lebih mudah dengan mengandalkan teknologi filter yang tepat. Tidak hanya pada kondisi air gambut yang keruh, metode filtrasi ini juga cocok untuk kebutuhan industri kecil seperti rumah tangga dan bisnis usaha. 

Dengan memanfaatkan teknologi nano untuk memurnikan air, Anda bisa memperoleh kualitas air yang jernih dan bersih setiap harinya.

Bagaimana cara untuk mendapatkannya? Anda bisa mengandalkan jasa water treatment yang terpercaya. PT. Tanindo Anugerah Nusantara hadir sebagai solusi untuk Anda yang ingin mengatasi masalah air keruh dan bau di rumah.

Konsultasikan saja kebutuhan Anda terkait masalah air keruh di sekitar lingkungan Anda dan wujudkan lingkungan lestari dengan mengolah air menjadi lebih berkualitas bersama Tanindo.