Amankah Konsumsi Air Mata Air Secara Langsung?

Mata air adalah sumber kehidupan yang tidak mampu tergantikan bagi manusia dan seluruh makhluk hidup. Kebutuhan akan air berkualitas untuk konsumsi sehari-hari pun terus meningkat. Wajar jika banyak orang yang beralih ke air pegunungan, karena dianggap lebih menyehatkan.

Namun, apakah aman jika meminum langsung dari sumbernya? Temukan penjelasan lengkapnya dibawah ini. 

Bolehkah Langsung Mengkonsumsi Air Murni?

Jawabannya adalah boleh. Terdapat berbagai macam cara untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh manusia. Beberapa orang memilih untuk memasak air atau membeli air kemasan. Sementara, masyarakat daerah pegunungan mengandalkan air dari mata air. Berikut adalah alasan mengapa mengonsumsi air murni aman bagi manusia.

1. Berasal dari Kawasan yang Bersih

Alasan pertama mengapa air pegunungan menjadi sumber air terbaik adalah karena berasal dari kawasan yang asri. Secara geografis, dataran tinggi memiliki kondisi udara yang minim polusi. Keadaan lingkungan yang masih alami membuat kualitas air menjadi unggul. Maka dari itu, tidak heran jika air alami memiliki kesegaran yang khas.

2. Bebas dari Bakteri

Sumber air dari pegunungan biasanya mengalir dari tempat yang tinggi, sehingga bakteri sulit untuk hidup. Menurut ilmu sains, bakteri hanya akan berkembang pada aliran air yang tenang. Namun, situasinya menjadi berbeda apabila ada makhluk hidup yang membuang kotoran ke sungai. Kemurnian mata air akan tercemar oleh bakteri.

3. Bebas dari Bahan Kimia

Daerah pegunungan cenderung terbebas dari polusi, sehingga kondisi air pada wilayah tersebut jarang mengandung bahan kimia berbahaya. Bahkan, meminum air alami secara langsung dianggap sebagai pilihan terbaik. Sebab, alat pemurnian air yang kurang terjamin kualitasnya berpotensi mengurangi kandungan manfaatnya.

5. Kaya akan Oksigen

Salah satu keistimewaan air murni yaitu mengandung oksigen lebih tinggi daripada air dari dataran rendah. Seperti yang kita ketahui bahwa oksigen berperan meningkatkan energi dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, semakin tinggi kadar oksigen dalam air, semakin layak air tersebut menjadi konsumsi sehari-hari.

5. Kaya akan Mineral 

Faktanya, tidak semua sumber air mengandung zat mineral yang diperlukan oleh tubuh manusia. Sebab, unsur mineral hanya dapat terdeteksi apabila memiliki kadar yang signifikan pada sumber air. Menurut World Health Organization (WHO), air pegunungan memuat sejumlah mineral penting, seperti kalium, natrium, magnesium, dan kalsium.

6. Terpapar oleh Sinar Matahari Langsung

Pancaran sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet tidak selalu menimbulkan dampak buruk. Mungkin sinar UVA dan UVB memang berpotensi menyebabkan kerusakan kulit bagi manusia. Akan tetapi, air dari mata air yang terpapar langsung oleh sinar matahari justru bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. 

7. Terhindar dari Zat Penyebab Penyakit

Meskipun air pegunungan tidak mengandung patogen, proses pengolahannya tetap harus melewati prosedur ketat sebelum resmi beredar. Setelah tahap pengolahan selesai, air akan melalui uji BPOM untuk memastikan keamanan konsumsi. Pastikan untuk selalu memilih jenis air minum kemasan yang telah bersertifikasi SNI dan BPOM.

Manfaat Mengonsumsi Air Segar dari Mata Air

Setelah membahas mengenai keunggulan air alami, akan lebih baik jika menjelaskan beberapa keuntungan dari mengkonsumsinya secara rutin. Berdasarkan publikasi European Food Safety Authority, air memegang peran penting dalam menjaga kesehatan fisik dan mental manusia. 

Sejalan dengan kajian tersebut, Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board merekomendasikan jumlah asupan air yang ideal. Bagi wanita sebaiknya mengonsumsi 2,7 liter air per hari atau setara dengan 11,5 gelas. Sedangkan pria membutuhkan air sebanyak 15,5 gelas per hari atau sekitar 3,7 liter.

Agar tubuh manusia dapat merasakan manfaat air secara maksimal, alangkah lebih baik jika meminum langsung dari sumbernya. Secara alami, air alami memiliki kandungan mineral yang dapat membangun kesejahteraan bagi tubuh. Kebiasaan tersebut yang terjadi secara berkelanjutan akan menghasilkan efek positif jangka panjang.

Beberapa riset telah membuktikan pernyataan terkait manfaat air dari mata air bagi kesehatan. Salah satunya yaitu studi dalam The American Journal of Clinical Nutrition. Hasilnya menyatakan bahwa tubuh manusia mampu menyerap kalsium dari air alami secara efisien. Bahkan nilainya setara dengan susu dalam menjaga kepadatan tulang.

Lebih daripada itu, air dari pegunungan juga menjaga kesehatan fungsi jantung karena mengandung elektrolit. Kebenarannya telah teruji oleh Harvard Medical School yang mengungkapkan bahwa mengkonsumsi air murni dapat menurunkan tingkat kolesterol.

Studi Clinical Cosmetic and Investigational Dermatology juga meyakini bahwa nutrisi dalam air pegunungan bermanfaat bagi kesehatan kulit. Asupan nutrisi dari air alami mampu mencegah terjadinya penuaan dini dan berperan menghidrasi kulit.

Kandungan sulfat dalam mata air juga bekerja membantu pankreas dalam melepaskan enzim penting, seperti lipase, protease, dan amilase. Dengan begitu, mengonsumsi air pegunungan secara teratur dapat menjaga kelancaran sistem pencernaan. Selain itu, jangan sembarangan memilih air mineral, pastikan telah lulus uji dan bersertifikat.

Tertarik Memulai Bisnis Air Minum? Percayakan Pada Tanindo!

PT. Tanindo Anugerah Nusantara adalah perusahaan yang bergerak di bidang pembangunan pabrik air minum dalam kemasan dan penyedia alat pemurnian air. Dengan pengalaman lebih dari 12 tahun, Tanindo terbukti berkomitmen terhadap kualitas industri pemasaran air dari mata air.

Menggunakan jasa Tanindo, Anda akan mendapatkan layanan konsultasi dengan tim ahli dalam merancang pabrik sesuai standar yang berlaku. Tanindo juga menggunakan teknologi terkini dalam pembangunannya, sehingga Anda dapat memastikan produk akhir yang aman dan berkualitas tinggi.

Selain itu, Tanindo juga memberikan dukungan purna jual yang komprehensif termasuk perawatan dan pemeliharaan peralatan pemurnian mata air. Dengan begitu, operasional pabrik air minum dalam kemasan milik Anda akan berjalan lancar.

Dengan Tanindo, Anda dapat membangun pabrik air minum dalam kemasan yang memenuhi standar kualitas internasional dan meningkatkan reputasi produk Anda di pasaran. Tunggu apa lagi? Hubungi kontak Tanindo sekarang!