Manganese Greensand: Definisi, Fungsi, dan Cara Kerja Dasar

Dalam kamus ilmu kimia, ion mangan termasuk logam keras dan berwarna. Anda bisa menjumpai kontaminasi mangan dalam pengolahan air, baik untuk air bersih siap minum maupun pengolahan. Salah satu cara mereduksi ion mangan di dalam air adalah dengan manganese greensand.

Proses penyaringan yang memanfaatkan pasir ini mampu menghilangkan warna, bau, bahkan mikroorganisme di dalamnya. Dengan proses yang mudah dan sederhana, air yang Anda hasilkan pun sudah terbebas dari ion mangan. Ingin tahu proses lengkapnya? Yuk, baca artikel berikut ini!

 Apa Itu Manganese Greensand?

Manganese greensand atau biasa disebut pasir mangan hijau dan pasir manganese merupakan media filtrasi yang berfungsi untuk menghilangkan ion mangan (Mn2+) dalam air. Dari namanya, media filter ini berupa pasir yang terbuat dari glauconite.

Glauconite merupakan salah satu mineral alami yang kaya akan mangan dan memiliki warna kehijauan. Selain itu, ia memiliki karakteristik daya serap yang baik, terutama terhadap mangan dan besi. Dengan begitu, pemakaian glauconite untuk pasir manganese tidak diragukan lagi perihal kualitas penghilangan kontaminan.

Mekanisme filtrasi berupa pasir ini merupakan cara sederhana dan sudah sangat lama namun tetap efektif. Prinsipnya pun sama, yaitu menyaring partikel-partikel air dan menghilangkan kontaminan, khususnya zat besi dan mangan untuk menjadi air jernih.

Fungsi Pasir Mangan dalam Pengolahan Air

Pada umumnya, pasir manganese berfungsi sebagai katalis penjernih air. Dengan memanfaatkan oksidasi ion, media filter ini akan bereaksi dengan zat besi, mangan, dan hidrogen sulfida dalam air. Sehingga, mampu menghilangkan kontaminan yang ada.

Proses manganese greensand mampu menghasilkan pasir yang memiliki efek demanganisasi (pengurangan mangan) yang sangat baik. Maka dari itu, pasir mangan menjadi salah satu alat filtrasi untuk menghilangkan warna maupun aroma yang ditimbulkan dari zat besi dan mangan dalam air.

Sebab, zat besi yang berlebih akan menyebabkan endapan berwarna kuning maupun hitam pada dasar air. Oleh karena itu, fungsi pasir manganese akan bekerja sangat baik untuk water treatment air sumur maupun air pegunungan.

Jenis Manganese Greensand

Berdasarkan spesifikasi detailnya, pasir manganese terbagi menjadi dua, yaitu pasir manganese plus dan manganese zeolite. Manakah yang lebih baik? Yuk, baca selengkapnya pada uraian berikut ini.

A. Manganese Greensand Plus

Berdasarkan spesifikasinya, jenis yang pertama ini memiliki apparent density (massa material) sebesar 1,410 gr/mL. Sedangkan ukuran mesh-nya adalah 18×60. Dari dua spesifikasi tersebut, tentunya angka itu cukup besar untuk kategori filter pasir.

B. Manganese Greensand Zeolite

Tidak jauh berbeda dengan plus, jenis yang kedua ini mengusung massa material sebesar 1,0 g/mL, dengan ukuran mesh yang sepadan, yaitu 16×30. Massa material dan ukuran mesh bukan faktor utama dalam pemilihan media filtrasi. Jadi, ukuran tersebut sudah cukup bagus dalam mereduksi mangan dan zat besi dalam air.

Cara Kerja Manganese Greensand

Komponen yang menjadi kunci dalam penjernih adalah oksidasi dan filtrasi. Kedua komponen tersebut terangkum dalam satu media filter, yaitu manganese greensand.

Prosesnya cukup sederhana. Ketika air mengandung kontaminan zat besi, mangan, dan hidrogen sulfida (H2S) lalu melewati membran filter, pasir mangan akan mengubah bentuk kontaminan yang tidak larut air. Tujuannya adalah agar mudah dipisahkan dengan air.

Dalam reaksi kimia, ketika oksigen bereaksi dengan zat mangan yang terdapat pada media filter, maka akan terbentuk mangan oksida. Pembentukan mangan oksida ini terjadi ketika ada reaksi oksidasi dengan kalium permanganate. Mangan greensand memiliki sifat yang tidak larut dan katalitik, sehingga tidak akan mengkontaminasi air.

Kemudian, kontaminan yang tidak larut dalam air nantinya terserap oleh pasir manganese melalui pori-pori mesh pada greensand. Proses ini menjadi penting ketika Anda memilih ukuran mesh pada media filter. Sebab, salah satu fungsi ukuran mesh adalah untuk mengetahui kualitas butiran yang berhasil ditangkap.

Penangkapan kontaminan mengindikasikan bahwa telah terjadi penyaringan air. Hasil yang Anda peroleh adalah air terbebas dari kontaminan zat mangan dan besi. Proses manganese greensand tidak menyebabkan peningkatan padatan terlarut. Oleh karena itu, tidak perlu dilakukan backwash setiap kali filter dinyalakan.

Kelebihan Pasir Manganese

Berdasarkan ulasan di atas, banyak kelebihan pasir manganese yang bisa Anda ambil manfaatnya. Dengan begitu, Anda mudah memilih media filtrasi yang baik. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. pH air Variatif

Salah satu keunggulan media filter manganese adalah memiliki rentang pH yang luas. Hal itu dibuktikan bahwa pada rentang pH yang luas, media filtrasi ini tetap bekerja secara efektif dan dapat membebaskan air dari kontaminan.

2. Efektivitas dalam Reduksi Hidrogen Sulfida

Hidrogen sulfida dalam air dapat memberikan bau yang tidak sedap. Jika masalah itu berlarut, maka dapat mempengaruhi kesehatan para pengguna. Pasir mangan juga mampu memfilter air dari kandungan hidrogen sulfida. Namun, tetap disarankan untuk menggunakan karbon aktif juga agar penyerapan optimal.  

3. Tidak Berbahaya Akibat Klorin

Beberapa media filter lainnya menggunakan klorin sebagai zat oksidator dalam air. Namun, pasir manganese tidak terpengaruh efek negatif dari klorin. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir terhadap oksidator klorin, karena pasir manganese tetap bekerja dengan baik.

4. Atrisi Rendah dan Umur Penggunaan Panjang

Kelebihan yang terakhir adalah pasir manganese memiliki atrisi yang rendah, sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Media filter manganese greensand juga memiliki daya tahan yang baik, jadi Anda tidak perlu repot untuk mengganti ataupun membersihkannya.

Lakukan Pemeliharaan Rutin Bersama Tanindo!

Setelah Anda memahami bagaimana cara kerja dan fungsi dari manganese greensand, tentunya pemasangan dan pemeliharaan juga menjadi faktor utama dalam efisiensi filtrasi. Pemasangan yang baik dan pemeliharaan rutin dapat mempertahankan efektivitas media filter, sehingga hasil airnya benar-benar bagus.

Salah satu aspek yang paling penting adalah pemeliharaan periodik. Pasir mangan dapat menumpuk kontaminan yang mengharuskan adanya regenerasi. Nah, proses regenerasi ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan jasa Tanindo.

Tanindo merupakan perusahaan di bidang jasa water treatment yang berupaya memberikan jasanya untuk melakukan pemeliharaan periodik. Selain track record yang berpengalaman, Tanindo juga siap berdiskusi dengan Anda dalam penggunaan metode water treatment.