Pentingnya Kontraktor IPAL Industri dan Tips Memilih yang Tepat

Teknologi pengolahan limbah, khususnya industri, memiliki peran penting dalam melestarikan sumber daya alam maupun manusia. Agar buangan limbah tidak mencemari kesehatan lingkungan, memilih kontraktor IPAL industri adalah cara yang tepat untuk memandu pengolahan limbah.

Adanya kontraktor pengolahan air limbah juga menjadi salah satu cara efektif agar sebuah industri tidak memberikan dampak buruk terhadap lingkungan. Penasaran bagaimana cara kerja seorang kontraktor IPAL? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Jasa Kontraktor IPAL Industri?

IPAL yang merupakan singkatan dari Instalasi Pengolahan Air Limbah adalah sistem prosedur dan sistem integratif serta dinamis yang telah tersertifikasi untuk mengolah limbah buangan, baik itu limbah cair maupun padat.

Pihak yang bertanggung jawab dalam operasional IPAL atau kontraktor harus mampu melakukan perancangan maupun pemasangan dengan baik dan benar. Dengan adanya kontraktor IPAL industri, pelaku usaha tidak perlu khawatir akan limbah yang mereka hasilkan.

Terlebih untuk sektor industri seperti pabrik makanan dan minuman yang terdapat limbah organik di dalamnya. Selain itu, faktor utama dalam pembuangan limbah cair adalah kontribusi yang signifikan dari perusahaan besar di sektor minyak dan gas.

Menurut Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya (B3), hasil pengelolaan limbah B3 pada 2018 di sektor pertambangan, energi, dan migas (minyak bumi dan gas) mencapai 60.43%. Hasil tersebut merupakan angka tertinggi dibandingkan  sektor lainnya.

Manfaat dan Fungsi Kontraktor IPAL Industri

Meningkatnya kebutuhan air bersih di masyarakat membuat para kontraktor harus meningkatkan sarana dan prasarana Water Treatment Plant (WTP). Kontraktor pun bertanggung jawab atas pembuatan dan penyediaan WTP yang bisa menghasilkan air bersih.

Air buangan limbah industri harus dipastikan bebas kontaminan dan baik untuk digunakan masyarakat maupun untuk pertanian. Kontraktor IPAL industri sudah memiliki hak paten dan teknologi khusus sehingga air limbah industri sudah sesuai dengan baku mutu.

Jika Anda membuat WTP sendiri, sebenarnya hal itu mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, air limbah buangannya belum tentu memenuhi standar baku mutu. Namun, jika Anda melakukan pengujian spesifik dan sudah sesuai, maka air limbah bisa bermanfaat untuk kepentingan lain.

Selain itu, dengan adanya kontraktor, maka sistem perpipaan dan penyaluran air akan lebih teratur. Kontraktor menggunakan sarana dan prasarana terpusat sehingga mereka lebih mudah untuk mengontrol dengan nyaman.

Tentunya, jika Anda menggunakan jasa kontraktor IPAL, sudah dipastikan lingkungan sekitar industri Anda lebih bersih, tidak mengundang penyakit, dan air hujan menggunakan saluran yang tertutup. Dengan begitu, kebutuhan industri untuk penyiraman area operasional, taman, maupun untuk MCK sudah bebas kontaminan.

Oleh karena itu, adapun fungsi adanya kontraktor IPAL industri adalah sebagai berikut:

  • Dapat menyelesaikan permasalahan pengolahan limbah industri secara ekonomis.
  • Mendiskusikan dan membuat desain dan layout IPAL yang dapat menghasilkan air bersih bebas kontaminan.
  • Merancang mesin dengan menggunakan teknologi canggih sehingga terjamin mutu air buangannya.
  • Membantu dalam penyediaan alat dan bahan Water Treatment Plant.
  • Melakukan instalasi WTP klien dengan baik dan benar serta melakukan training kepada klien untuk operasional penggunaannya.

Faktor-Faktor Pertimbangan Pemilihan Kontraktor IPAL Industri

Sebelum melakukan pemasangan IPAL, Anda juga harus tahu faktor apa saja yang perlu Anda pertimbangkan untuk memilih jasa kontraktor IPAL industri. Sebab, memilih kontraktor IPAL profesional penting agar IPAL yang mereka hasilkan berfungsi dengan baik dan benar, berikut ini penjelasannya:

1. Biaya

Faktor utama yang perlu Anda perhatikan adalah biaya. Sebaiknya, carilah jasa kontraktor IPAL yang menawarkan harga sepadan dengan kualitasnya. Tidak perlu lebih murah maupun lebih mahal, namun memiliki kualitas kerja yang baik.

Pertimbangkan pula aspek-aspek biaya tambahan yang kontraktor sediakan yang mana berkaitan dengan jumlah mesin, lokasi instalasi, alat dan bahan pembuatan mesin, hingga ukuran dan kapasitas mesin IPAL. Semakin transparan biaya-biaya kebutuhan IPAL, semakin memudahkan Anda dalam merencanakan keuangan bisnis.

2. Pengalaman

Sebaiknya, pilih jasa kontraktor yang telah terbukti berhasil membuat IPAL yang benar. Anda bisa melihat berdasarkan pengalaman mereka, jadi Anda perlu review track record jasa kontraktor sebelumnya.

Selain itu, Anda bisa melihat dari sertifikasi yang mereka miliki. Biasanya, kontraktor IPAL industri yang terpercaya memiliki hak paten atas lisensi pekerjaannya. Hal itu menunjukkan kontraktor tersebut telah terdaftar dan diakui oleh pihak berwenang.  

3. Pemilihan Alat dan Bahan

Kualitas alat dan bahan yang akan ditentukan oleh kontraktor juga menjadi faktor penting dalam pembangunan IPAL. Sebab, jika mereka menggunakan alat dan bahan yang tidak bagus, maka IPAL tidak akan tahan lama.

4. Garansi

Faktor yang terakhir adalah pilihlah kontraktor yang memberikan garansi. Dengan begitu, Anda sebagai klien akan merasa aman atas jaminan yang telah diberikan oleh kontraktor.

Langkah Pemilihan Jasa Kontraktor IPAL Industri

Untuk memilih Jasa Kontraktor IPAL Industri yang tepat, anda juga bisa mengikuti beberapa langkah berikut:

  • Carilah informasi melalui internet, rekan kerja, atau media sosial lain yang sudah berpengalaman.
  • Lakukan riset terhadap pelayanannya, harga, alat dan bahan yang digunakan, sertifikat dan lisensi, serta garansi yang akan Anda dapatkan.
  • Periksa portofolio dari masing-masing jasa kontraktor IPAL industri. Melalui cara tersebut, Anda bisa lebih lihat untuk mengetahui bagaimana pekerjaannya dan pastikan pekerjaannya sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Lakukan wawancara, tentunya Anda berhak menanyakan bagaimana pola kerjanya, sertifikat dan lisensinya, serta harganya. Usahakan sebelum wawancara, Anda sudah mencari tahu testimoni dari klien lain.
  • Langkah terakhir adalah pilih kontraktor yang profesional dan terpercaya. Anda bisa pastikan mulai dari sertifikat dan lisensinya, sudah berapa tahun pengalamannya, siapa saja kliennya, pemberian harga yang wajar, dan penyediaan garansi.

Gunakan Jasa Kontraktor IPAL Industri dari TANINDO!

Pada intinya, kontraktor IPAL industri merupakan pekerjaan yang dilakukan untuk melakukan perancangan dan pembuatan skema pengolahan air limbah di sektor industri. Sudah banyak perusahaan yang memberikan penawaran jasa kontraktor IPAL terpercaya dan profesional.

Salah satu jasa IPAL terpercaya adalah PT. Tanindo Anugerah Nusantara. Tanindo merupakan perusahaan di bidang instalasi pengolahan air limbah yang telah beroperasi sebagai perusahaan jasa konsultan dan kontraktor IPAL yang telah mengerjakan berbagai proyek pengolahan dan penjernihan air dari Sabang hingga ke Merauke dengan skala project dari yang kecil hingga terbesar. 

Dengan tim yang berpengalaman dan dedikasi yang tinggi, TANINDO terus berupaya memberikan solusi terbaik dalam pengelolaan IPAL. Untuk mengetahui  informasi yang lebih lengkap mengenai IPAL, langsung saja hubungi kontak Tanindo untuk berkonsultasi dengan salah satu tim profesional Tanindo.