Kesadahan Air: Penyebab, Dampak dan Cara Tepat Mengurangi

Air adalah kebutuhan pokok yang penting bagi seluruh umat manusia. Namun, kualitas air tidak selalu sama. Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas air adalah kesadahan air.

Parameter kualitas air ini memiliki dampak signifikan terhadap kesehatan, peralatan rumah tangga, dan berbagai proses industri. Sehingga, Anda harus memahami berbagai aspek penting dalam konsep dasarnya. Baca penjelasan di bawah untuk mengetahui lebih banyak informasi penting lainnya. 

Apa Itu Kesadahan Air?

Kesadahan air adalah parameter kimia kualitas air yang mengandung kation tinggi. Selain itu, kesadahan mengacu pada adanya logam yang bervalensi dua pada air, seperti besi (Fe2+), stronsium (Sr2+), mangan (Mn2+), kalsium (Ca2+), dan magnesium (Mg2+).

Air sadah, yang sering disebut sebagai air keras, memiliki karakteristik visual yang keruh. Tingginya kadar kalsium dalam air menyebabkan warna tidak jernih. Selain kalsium dan magnesium, kesadahan air juga bisa disebabkan oleh senyawa logam lainnya serta garam bikarbonat dan sulfat yang mudah larut dalam air.

Klasifikasi Tingkat Kesadahan Air

Pelaku industri, khususnya pabrik Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), perlu memperhatikan parameter air sadah. Sebab, kemurnian air dan terbebasnya air dari mineral-mineral berbahaya akan tetap terjaga dengan baik. Anda sebagai pelaku industri bisa memahami batas rentang air sadah dalam tabel berikut ini.

Pada umumnya, jumlah kesadahan air harus bernilai nol (0), yang mana artinya Anda harus menghilangkan unsur kalsium dan magnesium dalam air. Hal ini sesuai dengan standar HACCP air minum yang dapat memberikan jaminan keamanan pangan dan minuman.

Jenis Air Sadah

Berdasarkan jenisnya, air sadah terbagi menjadi dua, yaitu air sadah sementara dan air sadah tetap. 

1. Air Sadah Sementara

Air sadah sementara adalah air yang mengandung ion karbonat (CO3-) dan bikarbonat (HCO3-). Kesadahan ini bisa dihilangkan dengan cara memanaskan atau mendinginkan air, sehingga ion bikarbonat terurai menjadi kalsium karbonat yang tidak larut dalam air.

2. Air Sadah Tetap

Sedangkan air sadah tetap adalah air yang mengandung anion selain bikarbonat, seperti ion klorida (Cl) dan sulfat (SO₄²⁻). Berbeda dengan air sadah sementara, kesadahan air ini tidak bisa dihilangkan hanya dengan pemanasan.

Sebab, senyawa-senyawa yang larut berupa kalsium klorida (CaCl2), kalsium nitrat (Ca(NO3)2), dan lainnya. Sehingga, Anda perlu melakukan metode lain untuk pengolahan air sadah ini.

Dampak Adanya Air Sadah

Walaupun air sadah tidak menimbulkan penyakit yang serius, tentu saja tetap ada beberapa dampak negatif jika Anda menggunakannya untuk skala pribadi maupun industri. Berikut ini dampak-dampaknya!

A. Bagi Kesehatan

Jika Anda sering mengonsumsi air sadah, maka kondisi jantung dan ginjal Anda bisa memburuk seiring berjalannya waktu. Dalam jumlah tertentu, air sadah bisa menimbulkan penyakit cardiovascular disease (penyumbatan pembuluh darah jantung), batu ginjal, dan sejumlah gangguan pencernaan.

B. Bagi Industri

Kadar kesadahan air yang tinggi dapat menyebabkan adanya endapan pada ketel uap sehingga mengakibatkan gagalnya proses pemurnian air. Biasanya, senyawa-senyawa dalam air sadah mengendap pada permukaan pipa dan penukar panas, sehingga aliran air terhambat dan proses transfer panas tidak sempurna.

C. Bagi Rumah Tangga

Salah satu kerugian yang akan Anda rasakan ketika menggunakan air sadah adalah pemborosan sabun. Air sadah yang bercampur dengan sabun akan memicu gumpalan soap scum (sampah sabun).

Sehingga, mencuci pakaian akan lebih sulit dan memerlukan lebih banyak bahan pencuci. Selain itu, penumpukan mineral air sadah pada alat pemanas air, mesin cuci, dan pipa air rumah tangga dapat mengurangi efisiensi dan umur peralatan tersebut.

Cara Tepat Mengurangi Kesadahan Air

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi air sadah agar tidak terjadi dampak negatif seperti di atas, khususnya untuk aktivitas industri. Berikut ini penjelasan langkah-langkahnya.

1. Proses Pemanasan

Cara yang juga disebut proses distilasi ini bisa diterapkan oleh siapa saja, walaupun bukan skala industri. Proses pemanasan ini dilakukan dengan melepaskan hidrogen yang semula kalsium bikarbonat (Ca(HCO3)) dan magnesium bikarbonat (Mg(HCO3)2) menjadi kalsium karbonat (CaCO3) dan magnesium karbonat (MgCO3).

Senyawa kalsium karbonat dan magnesium karbonat ini memiliki kelarutan yang kecil, sehingga pemanasan dapat mengendapkan kesadahan air. Dengan begitu, air berubah menjadi lebih jernih dan bersih.

2. Proses Pengendapan Kimia

Cara yang kedua adalah dengan menambahkan kapur dan sodium karbonat atau soda abu dalam jumlah tertentu. Tujuannya adalah agar air bisa membentuk garam-garam kalsium dan magnesium yang tidak larut, sehingga nantinya kesadahan dapat dipisahkan dengan mudah.

3. Resin Kation dan Anion

Kesadahan air juga dapat dikurangi dengan menggunakan resin yang bisa mengikat kation kalsium dan magnesium. Dalam prosesnya, air akan melewati wadah yang berisi resin pertukaran ion.

4. Zeolit

Secara umum, zeolit merupakan salah satu resin yang berasal dari alam yang tersusun atas silika (SiSO4) dan alumina (AlO4). Proses mengurangi kesadahan dengan zeolit kurang lebih sama seperti cara sebelumnya. Namun, nantinya kalsium dan magnesium akan ditukar dengan kation natrium (garam) dan kalium.

Proses tersebut berlangsung secara terus menerus hingga kolom menjadi jenuh. Setelah itu, Anda harus meregenerasi dengan cara merendam zeolit dalam larutan garam dapur.

Sudah Tahu Apa Itu Kesadahan Air?

Kesadahan air merupakan parameter kualitas air yang mengandung banyak mineral kalsium dan magnesium. Air sadah tidak layak konsumsi, namun ada beberapa langkah tepat sebelum Anda mengkonsumsinya.

Jika Anda sedang mencari solusi agar kualitas air minum yang lebih baik, menggunakan jasa pengolahan air minum dalam kemasan (AMDK) dan air isi ulang di PT. Tanindo Anugerah Nusantara bisa menjadi pilihan yang tepat.

Tanindo terkenal dengan teknologi pengolahan air yang canggih dan proses nanofiltrasi pada AMDK yang higienis. Sehingga mampu menghasilkan air minum berkualitas tinggi yang aman dan sehat untuk dikonsumsi.

Dengan memilih Tanindo, Anda tidak hanya mendapatkan air yang bebas dari kesadahan dan kontaminan lainnya, tetapi juga berkontribusi pada gaya hidup sehat dan berkelanjutan. Percayakan kebutuhan air minum Anda kepada Tanindo untuk kenyamanan dan ketenangan pikiran setiap hari.

Hubungi kontak Tanindo untuk berdiskusi dengan salah satu tim profesional Tanindo dan dapatkan informasi penting lainnya.