5 Jenis Air Mineral Kemasan dan Cara Tepat Memilihnya

Air mineral merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia untuk memenuhi fungsi fisiologis tubuh. Dari beberapa produk air yang Anda konsumsi, ternyata ada perbedaan karakteristik tertentu. Memang tidak terlalu signifikan, namun perbedaan itulah yang menyebabkan adanya keberagaman jenis air mineral di sekitar Anda.

Semua jenis yang ada kaya akan mineral dan sering dianggap sebagai pilihan minuman yang sehat dan menyegarkan. Anda bisa mendapatkan informasi lengkap seputar jenis dan cara memilih air mineral kemasan yang baik dengan membaca penjelasan dibawah.

5 Jenis Air Mineral yang Boleh Diminum

Saat ini, banyaknya jenis air minum berbanding lurus dengan kebutuhan tubuh manusia. Berdasarkan data yang dihimpun oleh LARN (Livelli di assunzione di riferimento di nutrienti), tubuh membutuhkan sekitar 2-2,5 liter air. Demi menjaga pasokan cairan dalam tubuh, ketahui berbagai jenis air mineral berikut.

1. Air Mineral

Air mineral merupakan air murni yang berasal langsung dari sumber alaminya (seperti pegunungan) tanpa proses tambahan. Dalam kata lain, air mineral adalah air yang tidak mengalami penambahan bahan kimia atau pemurnian tambahan.

Air mineral yang diproses dalam Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) biasanya mengandung mineral seperti magnesium, kalsium, dan lainnya. Namun, kandungan mineral-mineral tersebut dapat bervariasi tergantung pada sumbernya dan tingkat mineral lebih rendah daripada jenis air lainnya.

Berdasarkan SNI 01-3553-2006, standar produksi jenis air mineral harus mencakup pengujian secara kimia, fisika, dan bakteriologis. Sebab, air mineral alami harus telah teruji secara klinis dan terjamin bahwa tidak ada kontaminasi bakteri patogen maupun parasit. 

Standar fisik bisa dilakukan dengan pengujian organoleptik seperti warna, rasa, dan bau. Sehingga, hasil akhir air mineral adalah air yang tidak mengalami perubahan warna, tidak berbau, dan tidak memiliki rasa.

Kemudian, standar kimia adalah dengan menguji air minum tersebut, apakah tercemar bahan karsinogenik atau tidak. Sedangkan pada standar bakteriologis adalah air minum tidak boleh mengandung bakteri patogen seperti coliform yang menyebabkan infeksi saluran pencernaan.

2. Air Alkali (pH tinggi)

Air alkali sering disebut sebagaiĀ alkaline ionic water yang bermanfaat untuk kesehatan, terutama karena kandungan antioksidannya. Ciri-ciriĀ jenis air mineral yang mengandung pH tinggi adalah memiliki sifat basa dengan rentang pH 8-10.

Selain itu, air basa ini juga memiliki nilai Oxidation-Reduction Potential (ORP) yang rendah. Nilai ORP merupakan kemampuan air untuk bekerja sebagai antioksidannya. Semakin kecil angkanya, maka antioksidannya semakin kuat.

Tentunya kandungan tersebut dapat mengurangi dehidrasi kulit, menguatkan tulang, serta menjaga kadar gula darah Anda. Namun, jika Anda mengonsumsi air alkali dalam jumlah banyak sekaligus, maka dapat menyebabkan alkalosis (kadar pH basa di dalam tubuh meningkat). 

3. Jenis Air Mineral dengan Elektrolit (Air Isotonik)

Air isotonik adalah produk air kemasan yang dirancang untuk bantu menggantikan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Minuman isotonik umumnya mengandung campuran air, elektrolit (natrium, kalium, dan magnesium), serta glukosa atau karbohidrat sederhana.

Air isotonik termasuk ke dalam air mineral sebab isotonik juga terkandung beberapa mineral di dalamnya. Seperti kalsium, kalium, dan magnesium merupakan mineral yang dapat menggantikan ion-ion yang hilang dalam tubuh Anda. 

Fungsi utama air isotonik adalah untuk menambah stamina, meminimalisir cedera, dan menjaga performa tubuh. Selain itu, air isotonik juga dapat membantu mengembalikan ion-ion yang dikeluarkan tubuh melalui keringat selama beraktivitas meregangkan otot.

Jenis air mineral yang satu ini memiliki konsentrasi yang sama dengan darah. Oleh sebab itu, air isotonik cocok untuk para atlet atau olahragawan. Meskipun demikian, Anda perlu berhati-hati, sebab terdapat air isotonik yang mengandung gula, pemanis buatan, dan zat aditif tinggi, sehingga menyebabkan perut kembung.

4. Air Demineral

Selain jenis air minum dengan kandungan mineral, Anda juga harus tahu bahwa ada jenis air demineral. Air demineral adalah air yang telah melalui proses demineralisasi atau deionisasi untuk menghilangkan mineral dan ion-ion terlarut lainnya.

Namun, secara umum proses penghilangan mineral harus melewati proses destilasi dan reverse osmosis untuk memurnikan air minum. Kemudian, dilanjutkan dengan proses deionisasi yang bertujuan untuk menghilangkan ion-ion di dalamnya.

Jenis air mineral ini bagus digunakan oleh berbagai kebutuhan industri, laboratorium, dan teknologi. Hal ini dikarenakan keberadaan mineral atau ion-ion tertentu dalam air dapat mengganggu proses atau menyebabkan peralatan industri maupun laboratorium mudah rusak. Jadi, mereka harus menggunakan air demineral.

5. Air Berkarbonasi

Jenis air mineral yang terakhir adalah air berkarbonasi. Air minum yang satu ini mengandung gas karbon dioksida yang memberikan rasa berbusa atau bersoda di lidah. Karbonasi dapat berasal dari sumber alami atau ditambahkan secara buatan.

Namun, minuman berkarbonasi ini mengandung asam fosfat dan asam karbonat. Kedua senyawa tersebut dapat mempengaruhi kesehatan lambung Anda. Sedangkan kelebihan dari mengkonsumsi minuman berkarbonasi yaitu untuk meningkatkan kemampuan menelan dan memberikan sensasi kenyang.

Cara Memilih Jenis Air Mineral yang Sehat

Indonesia memiliki banyak sekali pabrik Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dengan berbagai merek yang ada. Kebanyakan AMDK memproduksi air mineral, sehingga Anda harus memiliki pengetahuan bagaimana memilih air mineral yang aman untuk dikonsumsi. Berikut ini penjelasannya!

A. Periksa Kemasannya

Kemasan yang baik menggambarkan kualitas air di dalamnya. Usahakan ketika Anda memilih produk jenis air mineral tertentu, pilihlah kemasan yang tersegel rapat, kondisi fisiknya baik, dan tidak ada kebocoran.

Jika kemasan air mineral telah rusak, dikhawatirkan air mineral telah terkontaminasi bakteri melalui udara. Begitu juga dengan air yang ada di dalamnya juga sudah tidak alami seperti semula.

Selain itu, Anda juga perlu memilih kemasan yang ramah lingkungan. Menurut International Bottle Water Association, kemasan plastik berjenis Polietilen Tereftalat (PET), Polietilen Densitas Tinggi (HDPE), dan Polikarbonat (PC) aman untuk wadah minuman karena bisa di daur ulang.

B. Memiliki Sumber yang Jelas

Kemudian, pastikan Anda memilih jenis air mineral dari sumber yang jelas. Anda bisa menemukan pabriknya melalui label pada kemasannya. Dari penjelasan tersebut, Anda bisa mengetahui air yang digunakan dari sumber mata air asli atau air bawah tanah.

Dengan mengetahui sumbernya, Anda juga tahu proses pengolahannya. Tentunya, air mineral yang aman adalah air yang diolah dengan teknologi canggih agar tidak terkontaminasi bakteri.

C. Pastikan Sesuai Standar Pemerintah

Air mineral yang baik dan sehat untuk dikonsumsi harus memenuhi standar keamanan Badan Standardisasi Nasional (BSN). Biasanya dalam label kemasan air minum yang berkualitas memiliki logo SNI yang menandakan bahwa proses dan hasil akhir air telah lulus standarisasi.

Selain itu, supaya air mineral aman untuk dikonsumsi, Anda juga perlu memperhatikan izin edar melalui logo BPOM. Selain kedua standar tersebut, pabrik minuman saat ini juga harus sudah terstandarisasi halal.

Cek Masa Kedaluwarsa

Cara memilih jenis air mineral yang terakhir adalah dengan cek tanggal kadaluarsanya. Sebab, air mineral yang dihasilkan oleh perusahaan AMDK memiliki masa berlaku sejak masa produksinya. Kualitas air dalam kemasan dapat menurun setelah masa simpannya berlalu, sehingga tidak sehat untuk dikonsumsi.

Sudah Tahu Apa Saja Jenis Air Mineral Kemasan?

Keberagaman jenis air mineral untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh memiliki kelebihan dan kekurangan. Meskipun mengandung mineral tinggi, air mineral yang diproses pabrik AMDK memiliki beberapa kekurangan, seperti harga yang relatif mahal.

Tapi, tenang saja karena Anda bisa mendapatkan air kemasan dengan harga terjangkau dengan cara membuat pabrik Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) bersama PT. Tanindo Anugerah Nusantara.

Tanindo adalah perusahaan pengolahan air terpercaya yang telah beroperasi selama 12 tahun. Jika pembuatan pabrik terlalu besar, Anda bisa memilih untuk membuat depot air minum isi ulang. Dengan bantuan jasa Tanindo, bisnis Anda segera direalisasikan dengan mudah, aman, dan terpercaya. Hubungi kontak Tanindo untuk berdiskusi dengan salah satu tim profesional Tanindo dan dapatkan informasi penting lainnya.