Pengolahan Air Minum dalam Kemasan dengan Mesin Filter UV

Mengingat kebutuhan akan air minum yang aman dan berkualitas semakin meningkat. Banyak orang yang memilih untuk mengkonsumsi air minum dalam kemasan karena dianggap lebih higienis dan bebas dari kontaminan.

Namun, bagaimana sebenarnya air minum dalam kemasan diproses dan disuling agar aman dikonsumsi? Salah satu metode pengolahan yang populer adalah menggunakan mesin filter ultraviolet (UV). Dalam artikel ini kita akan membahas pengolahan air minum dalam kemasan dengan menggunakan mesin filter UV.

Apa Itu Mesin Filter UV?

Mesin filter UV adalah alat yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan air atau cairan lainnya dari mikroorganisme dengan menggunakan sinar ultraviolet (UV). Mesin ini biasanya terdiri dari tabung transparan yang mengandung lampu UV dan sistem filtrasi.

Mesin ini biasanya digunakan untuk pengolahan air minum dalam kemasan, pengolahan air kolam renang, pengolahan air limbah, serta pengolahan air untuk industri makanan dan minuman. 

Mesin penyaringan satu ini dapat menjadi bagian dari sistem pengolahan air yang lebih kompleks. Selain itu, sangat mungkin melibatkan tahap pra filtrasi dan pasca filtrasi untuk menghilangkan kontaminan lainnya dari air.

Di samping itu, hal yang perlu Anda catat adalah mesin ini memang efektif dalam membunuh mikroorganisme hidup, seperti bakteri dan virus. Namun, tidak dapat menghilangkan kontaminan non mikrobiologis, seperti logam berat, bahan kimia, atau zat organik dari air. 

Oleh karena itu, dalam beberapa kasus, penggunaan metode filtrasi tambahan seperti water softener filter atau proses pengolahan lainnya perlu Anda lakukan untuk mendapatkan air yang sepenuhnya bersih dan aman dikonsumsi.

Bagaimana Mesin Filter UV Bekerja?

Mesin filter UV dilengkapi dengan lampu UV khusus yang memancarkan sinar ultraviolet dengan panjang gelombang sekitar 254 nanometer. Ketika air mengalir melalui mesin ini, sinar UV tersebut meresap ke dalam air dan mengganggu struktur genetik mikroorganisme yang ada di dalamnya.

Hal ini membuat mikroorganisme tidak dapat berkembang biak atau menjadi tidak aktif, sehingga air menjadi steril dan aman untuk dikonsumsi.

Keunggulan Pengolahan Air Minum dengan Mesin Filter UV

Berikut beberapa keunggulan menggunakan mesin filter UV untuk pengolahan air minum.

A. Tidak Menggunakan Bahan Kimia

Salah satu keunggulan utama pengolahan air minum dengan mesin filter UV adalah tidak menggunakan bahan kimia tambahan. Proses ini sepenuhnya berbasis pada sinar ultraviolet alami yang aman bagi kesehatan manusia. Dengan demikian, air yang dihasilkan lebih alami dan bebas dari residu kimia.

B. Efektif Mematikan Mikroorganisme

Sinar UV dengan panjang gelombang 254 nanometer telah terbukti efektif dalam membunuh mikroorganisme seperti bakteri, virus, dan protozoa.

Mesin filter UV mampu menghilangkan hingga 99,99% mikroorganisme yang ada di dalam air, memastikan bahwa air yang dihasilkan steril dan aman untuk dikonsumsi.

C. Ramah Lingkungan

Penggunaan mesin filter UV dalam pengolahan air minum juga lebih ramah lingkungan dibandingkan metode pengolahan lainnya. Tidak ada limbah kimia yang dihasilkan dalam proses ini, sehingga tidak merusak ekosistem dan dapat didaur ulang dengan lebih mudah.

7 Tahap Mengolah Air Minum dengan Mesin Filter UV

Berikut ini adalah 7 tahap pengolahan air minum dalam kemasan menggunakan filter UV yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

1. Mengumpulkan Air

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk memproduksi air minum dalam kemasan adalah dengan mengumpulkan air mentah dari mata air ke sebuah bak penampungan.

Kemudian, air dari bak penampungan tersebut Anda masukkan ke dalam mesin penjernihan air untuk lanjut ke tahap pra filterisasi.

2. Proses Pra Filterisasi

Setelah mengumpulkan air ke bak penampungan, tahap berikutnya adalah proses pra filterisasi menggunakan berbagai metode filterisasi. Misalnya, menggunakan filter multimedia untuk mengurangi tingkat kekeruhan air.

Tahap ini bertujuan untuk menghilangkan berbagai bentuk partikel-partikel besar dalam air, seperti lumpur, pasir, dan kerak.

Selain itu, proses pra filterisasi juga dapat membantu melindungi media filtrasi karbon aktif pada tahapan selanjutnya, agar tidak tersumbat oleh partikel-partikel tersebut. Dengan demikian, proses pengolahan air minum dalam kemasan dapat berjalan lancar dan tidak terhambat oleh partikel-partikel besar yang terdapat pada air.

3. Filtrasi dengan Karbon Aktif

Tahap selanjutnya adalah proses filtrasi dengan karbon aktif. Proses pengolahan air yang melibatkan penggunaan media filtrasi karbon aktif bertujuan untuk menghilangkan kontaminan organik dan bahan kimia tertentu dari air. 

Karbon aktif merupakan sebuah bahan dengan permukaan yang sangat poros dan memiliki kemampuan adsorpsi yang tinggi. 

Adsorpsi secara singkat dapat diartikan sebagai proses saat molekul kontaminan (pencampuran atau pencemaran unsur lain) menempel pada permukaan karbon aktif secara fisik atau kimia.

Dengan tahapan ini, Anda dapat menghilangkan kontaminan yang tidak diinginkan dalam air. Sehingga, air minum nantinya tetap terjaga kebersihan dan kemurniannya.

4. Proses UV

Tahap pengolahan air minum dalam kemasan dengan mesin filter UV berikutnya adalah proses UV itu sendiri. Pada tahapan ini, air yang telah disaring kemudian melewati sistem UV untuk membersihkan air.

Pada mesin filter tersebut, air mengalir melalui tabung transparan yang mengandung lampu ultraviolet. Lampu ini akan menghasilkan radiasi yang bersifat bakterisida. 

Dengan demikian, sinar UV ini mampu merusak DNA mikroorganisme, termasuk bakteri dan virus, sehingga mereka tidak dapat berkembang biak dan menjadi tidak berbahaya.

5. Pastikan Kebersihan Wadah Kemasan Air

Setelah proses UV selesai, jangan lupa untuk memastikan kebersihan wadah kemasan air. Sebelum menggunakan wadah kemasan air yang baru atau yang telah digunakan sebelumnya, pastikan untuk mencucinya dengan baik. Gunakan air bersih yang cukup untuk mencuci wadah

Selain itu, pastikan Anda menggunakan wadah kemasan air yang dirancang khusus untuk air minum. Pilih wadah yang terbuat dari bahan yang aman dan tahan lama.

Di samping itu, ketika menangani wadah kemasan air, hindari menyentuh bagian dalam wadah yang akan bersentuhan langsung dengan air minum. Pasalnya, sentuhan tangan yang tidak higienis dapat menyebabkan kuman dan kontaminan masuk wadah.

6. Air Minum Diisi ke Wadah Kemasan

Setelah memastikan kebersihan wadah kemasan, tahap berikutnya adalah mengisi air minum ke kemasan tersebut. Saat memasukkan air minum, pastikan tangan tidak menyentuh air secara langsung.

Dengan demikian, air minum yang telah melewati berbagai tahapan penyaringan tidak tercemar. Meski sudah menjaga kebersihan tangan, sangat mungkin ada virus atau bakteri yang dapat mencemari air.

Oleh karena itu, saat Anda melakukan tahap ini, pastikan untuk senantiasa hati-hati, agar air minum tetap terjaga kebersihan dan kemurniannya.

7. Proses Pengepakan

Tahap terakhir adalah proses pengepakan. Setelah pengisian, tutup wadah bisa Anda tempatkan secara otomatis. Proses ini mungkin melibatkan penekanan, pengencangan, atau pemberian segel untuk memastikan penutupan yang aman dan mencegah kontaminasi.

Kemudian, biasanya wadah akan melewati proses penempelan label atau pencetakan informasi penting, seperti merek, logo, tanggal kadaluarsa, komposisi, instruksi penggunaan, dan label lainnya yang diperlukan.

Setelah tahapan penempelan label sesuai, wadah air minum yang terisi dan tersegel dikemas dalam kemasan sekunder, seperti kotak karton atau kantong plastik. Proses ini bertujuan untuk melindungi dan mengamankan produk selama pengangkutan dan penyimpanan.

Sudah Paham Cara Pengolahan Air dengan Mesin Filter UV?

Demikian penjelasan mengenai cara dan tahapan pengolahan air minum dalam kemasan dengan mesin filter UV. Setelah membaca artikel ini, semoga Anda dapat memproduksi air kemasan yang sehat dan terjaga kemurniannya. 

Selain itu, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kebersihan air minum yang dikonsumsi. Dengan demikian, tubuh Anda senantiasa segar dan bugar serta dapat terhindar dari masalah penyakit. 

Untuk mempermudah Anda melakukan pengolahan air minum dalam kemasan menggunakan Mesin Filter UV, Tanindo sebagai perusahaan yang sudah ahli dalam bidang ini bisa membantu Anda. 

PT. Tanindo Anugerah Nusantara merupakan sebuah perusahaan jasa Water treatment Indonesia yang bergerak di bidang pengolahan air bersih, air minum, dan air limbah, yang didukung oleh tenaga yang berpengalaman dan terlatih.

Tanindo juga dapat bertindak sebagai konsultan maupun kontraktor untuk banyak perusahaan air minum dalam kemasan ataupun isi ulang di berbagai wilayah Indonesia yang berupa pembuatan sistem air minum karyawan untuk pabrik-pabrik dengan jumlah karyawan skala menengah hingga padat karya (> 2000 karyawan).

Di dalam setiap pembuatan sistem pengolahan limbah maupun air, kami menerapkan standar-standar yang sudah ditetapkan oleh pemerintahan Republik Indonesia yang berkaitan dengan Standar SNI, BPOM, AMDAL, KAN, MUI dan ISO.

Kamu bisa menghubungi kontak Tanindo untuk berdiskusi dengan salah satu tim Tanindo.