Beda Air Alkali dan Air Reverse Osmosis, Mana yang Terbaik

Untuk menjaga kesehatan dan kualitas hidup yang lebih baik, pemilihan jenis air yang dikonsumsi saat ini menjadi perhatian bagi banyak orang. Dua jenis air yang sering menjadi perbincangan adalah air reverse osmosis (RO) dan air alkali. 

Meskipun keduanya sering dianggap sebagai pilihan sehat, terdapat perbedaan mendasar terutama dalam proses produksi, kandungan mineral, serta dampaknya pada tubuh dan lingkungan. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan apa saja perbedaan diantara keduanya serta implikasinya bagi manusia di bawah ini.

Apa Itu Air Alkali?

Secara umum, air alkali adalah jenis air mineral yang terkenal karena memiliki tingkat keasaman (pH) di atas 8. Lantaran karakteristik ini, air alkali sering dikenal sebagai air basa atau air dengan pH 8+.

Dalam evolusinya, sifat basa dari air ini diyakini memberikan dampak positif pada tubuh. Hal ini disebabkan oleh peningkatan pH tubuh yang berpotensi memperbaiki proses penetralan asam. Selain itu, air dengan pH 8+ ini juga mengandung mineral alkali dan memiliki Oxidation Reduction Potential (ORP) yang negatif.

Oxidation Reduction Potential biasanya mengacu pada kemampuan air dalam bertindak sebagai antioksidan. Oleh karena itu, semakin negatif nilai ORP suatu air, semakin tinggi kandungan antioksidannya.

Apa Itu Air Reverse Osmosis?

Sementara air reverse osmosis adalah air yang diproduksi melalui proses reverse osmosis (RO) dengan menggunakan teknologi membran semipermeabel untuk menyaring kontaminan. Sehingga, menghasilkan air yang lebih murni dengan pH 7 yang cenderung netral atau sedikit asam.

Dalam prosesnya, RO memisahkan molekul air dari kontaminan lainnya berdasarkan perbedaan tekanan osmotik, sehingga menghasilkan air yang lebih murni. Namun, karena kemampuan menyaringnya sangat baik, air ini memiliki sedikit kandungan mineral, yang mana dapat mempengaruhi rasa dan keseimbangan pH.

Meskipun begitu, air RO tetap dianggap sebagai pilihan terbaik untuk menghasilkan air bersih, yang mana penting untuk mempertimbangkan kebutuhan mineral tubuh dan memastikan suplemen yang cukup.

8 Perbedaan Air Alkali dan Air Reverse Osmosis

Meskipun air alkali dan air reverse osmosis dianggap sebagai pilihan yang sehat, nyatanya terdapat perbedaan signifikan antara keduanya. Apa saja kira-kira? Berikut ini penjelasannya!

1. Proses Produksi

Air reverse osmosis diproduksi melalui proses penyaringan canggih yang menghilangkan sebagian besar kontaminan, termasuk logam berat, bakteri, dan zat kimia berbahaya lainnya. Proses ini melibatkan tekanan tinggi untuk memaksa air melalui membran semipermeabel.

Di sisi lain, air mineral alkali dihasilkan melalui proses ionisasi, di mana air biasa diberi muatan listrik dengan menambahkan mineral seperti kalsium, magnesium, dan potasium untuk meningkatkan pH-nya.

2. Tingkat Keasaman (pH)

Salah satu perbedaan utama antara kedua jenis air ini adalah tingkat keasaman atau pH-nya. Air reverse osmosis memiliki pH netral atau sedikit asam, biasanya berkisar antara 5.5 hingga 6. 

Sementara itu, air alkali memiliki pH yang lebih tinggi, seringkali di atas 7, yang mana membuatnya lebih basa. Air mineral alkali sering memiliki pH antara 8 hingga 9, atau bahkan lebih tinggi.

3. Kandungan Mineral

Selanjutnya, air jenis RO cenderung memiliki kandungan mineral yang sangat rendah karena proses penyaringan yang sangat efisien menghilangkan sebagian besar mineral dari air. 

Sementara untuk air jenis alkali memiliki mineral yang melimpah, terutama kalsium, magnesium, dan potasium. Biasanya, mineral ini ditambahkan secara sengaja selama proses ionisasi.

4. Manfaat Kesehatan

Kedua jenis air ini menawarkan manfaat kesehatan yang berbeda. Meskipun rendah mineral, air reverse osmosis menyediakan air murni yang bebas dari kontaminan berbahaya, yang mana penting untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Meski begitu, air alkali tetap dianggap memiliki efek alkalisasi pada tubuh, yang dapat membantu menetralkan kelebihan asam dalam sistem pencernaan. Selain itu juga mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes.

5. Ketersediaan Nutrisi

Karena air reverse osmosis memiliki kandungan mineral yang rendah, air ini tidak menyediakan nutrisi yang signifikan bagi tubuh. Namun, air jenis alkali, dengan kandungan mineral yang lebih tinggi, dapat memberikan kontribusi tambahan untuk kebutuhan mineral tubuh, terutama kalsium, magnesium, dan potasium.

6. Penggunaan dalam Pengolahan Makanan dan Minuman

Kedua jenis air ini digunakan dalam berbagai aplikasi pengolahan makanan dan minuman. Air reverse osmosis sering digunakan dalam industri makanan dan minuman karena kualitas air mesin RO sangat bersih serta mampu untuk menghilangkan kontaminan berbahaya dengan baik.

Untuk air alkali sendiri, biasanya sering digunakan dalam minuman kesehatan dan ramuan. Serta dalam persiapan makanan untuk memberikan rasa yang lebih segar dan kandungan mineral yang bermanfaat.

7. Perbedaan pada Rasanya

Perbedaan dalam rasa keduanya dapat dipengaruhi oleh kandungan mineral yang berbeda. Air reverse osmosis (RO) umumnya tidak memiliki rasa yang spesifik karena kurangnya mineral dan ion. Di sisi lain, air jenis alkali kadang-kadang memiliki rasa ringan yang lebih menyegarkan atau sedikit manis karena adanya mineral tambahan.

8. Biaya Produksi

Ketika mempertimbangkan biaya dan ketersediaan, air RO memiliki keunggulan karena mudah ditemukan di sistem penyaringan air rumah tangga dengan harga yang terjangkau. Sementara air alkali biasanya lebih mahal karena proses produksi lebih kompleks dan penambahan mineral untuk meningkatkan pH dan keseimbangan nutrisi.

Sudah Tahu Perbedaan Air Alkali dan Air Reverse Osmosis?

Setelah memahami perbedaan antara air reverse osmosis dan air alkali untuk memenuhi kebutuhan air bersih, tidak mengherankan jika saat ini banyak pengusaha air bersih yang memilih untuk membeli mesin reverse osmosis atau RO.

Salah satu mesin RO terbaik yang perlu Anda pertimbangkan yakni dari Tanindo. Dengan kemampuannya untuk menyaring kontaminan dan memastikan kualitas air yang terjaga, mesin ini memberikan solusi andalan bagi Anda yang ingin memprioritaskan keamanan dan kesehatan konsumen. Yuk coba sekarang!