Peran Audit Lingkungan dalam Pengelolaan Limbah

Limbah merupakan bahan buangan yang sering menyebabkan masalah lingkungan, sehingga perlu dikelola dengan baik sebelum dibuang. Dalam hal ini, audit lingkungan (environmental audit) memiliki peranan penting dalam pengelolaan limbah, sehingga tidak akan membahayakan lingkungan ketika dibuang. 

Tidak hanya mengelola, tetapi environmental audit juga memiliki peranan dalam memantau lingkungan sebagai bagian dari dampak lingkungan tersebut. Berikut peranan seorang environmental audit dalam pengelolaan limbah. 

Apa Itu Audit Lingkungan?

Audit lingkungan adalah suatu alat manajemen dan pengendalian dampak pengelolaan lingkungan yang meliputi kegiatan evaluasi secara sistematik, terdokumentasi, periodik, dan objektif.

Namun, environmental audit bukan merupakan pemeriksaan resmi yang diharuskan oleh seorang terkait peraturan perundang-undangan. Tetapi sebuah usaha proaktif yang Anda laksanakan untuk mengidentifikasi permasalahan lingkungan yang timbul dari suatu kegiatan dan upaya pencegahannya.

Peranan Audit Lingkungan

Berikut ini beberapa peranan environmental audit yang penting untuk Anda ketahui. 

1. Mengidentifikasi Risiko Kerusakan Lingkungan

Adanya kegiatan industri tentu saja akan menghasilkan limbah cair industri, yang mana jika dibuang langsung akan membahayakan lingkungan. Peran penting seorang environmental audit adalah untuk mengidentifikasi risiko kerusakan wilayah sekitar akibat dari limbah tersebut.  

Khususnya mengenai faktor apa saja yang menyebabkan kerusakan lingkungan dari aktivitas industri tersebut. Lalu, kemudian bisa Anda jadikan sebagai bahan evaluasi perusahaan nantinya.

2. Menghindari Kerugian Bagi Perusahaan

Environmental audit juga memiliki peranan dalam menghindari kerugian perusahaan nantinya. Kerugian tersebut bisa berupa pencabutan izin usaha atau publikasi di media tentang citra buruk perusahaan. Dalam hal ini, environmental audit membantu perusahaan melalui pencegahan limbah berbahaya ke lingkungan. 

3. Mencegah Sanksi Hukum bagi Perusahaan

Keberadaan perusahaan yang memiliki dampak negatif terhadap lingkungan tentu saja akan mendapatkan sanksi hukum. Sanksi hukumnya bahkan bisa mencapai miliaran rupiah dan kurungan penjara. 

Oleh karena itulah, keberadaan environmental audit sangat penting dalam mencegah sanksi hukum tersebut. Mereka bisa membantu perusahaan Anda dalam mencegah limbah industri berbahaya masuk ke lingkungan, sehingga bisa meminimalisir resiko sanksi akibat dari pencemaran limbah.

4. Pedoman untuk Rencana Jangka Panjang

Audit lingkungan tidak hanya akan mengevaluasi kepatuhan usaha dalam menanggulangi limbah, tetapi juga bisa menghadirkan solusi terhadap permasalahan limbah. Ini tentunya akan menghadirkan suatu sistem yang lebih baik dalam menanggulangi permasalahan lingkungan untuk jangka panjang.

Dengan kata lain, hasil dari environmental audit bisa Anda jadikan sebagai pedoman jangka panjang. Terutama pedoman dalam menanggulangi dan mengatasi limbah hasil usaha.

5. Meningkatkan Ketaatan Perusahaan terhadap UU Lingkungan

Environmental audit juga berperan dalam mengevaluasi kepatuhan suatu usaha terhadap peraturan perundang-undangan terkait lingkungan. Dengan kata lain, ini akan membantu dalam meningkatkan ketaatan perusahaan terhadap Undang-Undang tersebut. 

Audit lingkungan juga akan membantu meningkatkan tindakan-tindakan yang perusahaan lakukan untuk memenuhi kepentingan lingkungan. Jadi, bisa dikatakan environmental audit tidak hanya berperan dalam memonitor, tetapi juga mengontrol pengelolaan limbah tersebut.

6. Sebagai Bukti Keabsahan AMDAL

AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) merupakan hasil studi tentang dampak suatu kegiatan yang direncanakan terhadap lingkungan hidup, yang bisa digunakan dalam proses pengambilan keputusan. Environmental audit memiliki peranan sebagai bukti keabsahan AMDAL. 

Tidak hanya itu, environmental audit juga memiliki peranan sebagai alat penyempurnaan dokumen AMDAL serta sebagai bukti keabsahan penerapan rekomendasi yang ada dalam dokumen AMDAL. Maka, sistem manajemen limbah perusahaan benar-benar bisa dipercaya. 

7. Meningkatkan Citra Perusahaan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, audit lingkungan membantu dalam mencegah dan mengurangi resiko lingkungan. Secara tidak langsung, ini akan membantu meningkatkan citra perusahaan, sehingga bisa mendapatkan green consumer. 

Citra perusahaan yang baik, tentu saja akan berdampak pada peningkatan pelanggan juga nantinya. Pada akhirnya, ini akan meningkatkan nilai jual suatu usaha dan meningkatkan peluang sukses di masa depan.  

8. Menghemat Sumber Daya

Peran penting audit lingkungan selanjutnya yaitu bisa menghemat sumber daya, melalui penghematan penggunaan bahan baku. Ini biasanya orang lakukan sebagai bentuk meminimalisir limbah, karena penggunaan bahan baku yang tidak berlebih. 

Tidak hanya itu, proses audit ini juga akan membantu perusahaan dalam mengidentifikasi kemungkinan proses daur ulang. Jadi, bisa dipastikan penghematan sumber daya bisa dilakukan secara maksimal.

9. Mencegah Konflik

Konflik akibat dari kerusakan lingkungan yang ditimbulkan oleh perusahaan pasti akan terjadi. Oleh sebab itulah, peranan environmental audit adalah mencegah konflik antara perusahaan dan masyarakat tersebut terjadi, melalui pencegahan dan pengontrolan limbah berbahaya masuk ke lingkungan masyarakat.  

Maka, hubungan baik antar keduanya juga dapat terjalin dalam jangka waktu panjang. Masyarakat hidup tenang dengan lingkungan yang baik dan bisnis Anda bisa berjalan lancar tanpa hambatan eksternal.

Sudah Tahu Peranan Audit Lingkungan?

Peranan environmental audit adalah memantau kinerja IPAL dalam mengolah limbah dan jika Anda ingin hasil audit baik, maka perlu memperhatikan Kontraktor Instalasi Pengolahan Air Limbah yang Anda gunakan. 

Dalam hal ini, Anda disarankan memilih jasa IPAL terbaik untuk menghindari hasil audit yang buruk. Salah satunya adalah PT. Tanindo Anugerah Nusantara yang telah berpengalaman selama 12 tahun lebih dalam mengatasi berbagai permasalahan air di daerah maupun Industri.

Selain itu, tenaga kerja kami juga sudah bersertifikasi dan berpengalaman di bidangnya, sehingga bisa memberikan solusi yang tepat bagi penanganan air limbah dari industri Anda.

Bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan layanan IPAL, jangan khawatir, karena Tanindo akan memberikan konsultasi mendalam sebelum memulai pekerjaan. Tujuannya agar IPAL yang terpasang sesuai kebutuhan industri Anda dan dapat bekerja secara maksimal.

Maka dari itu, jangan ragu untuk menggunakan layanan IPAL dari Tanindo. Konsultasi sekarang dengan cara menghubungi kontak Tanindo