Apa Itu Air Ozon dan Bagaimana Pengelolaannya?

Air sendiri tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan. Tanpa air, tidak akan mungkin ada kehidupan. Air bersih merupakan salah satu kebutuhan yang sangat mendasar bagi manusia untuk bertahan hidup, salah satunya adalah air ozon. 

Air ozon merupakan molekul dari gas alami yang mudah larut dalam air, namun airnya tidak beracun. Dalam alam, ozon terdapat pada lapisan luar dari atmosfer yang berfungsi sebagai tameng terhadap radiasi ultraviolet sinar matahari yang bisa menyebabkan penyakit kanker kulit. Ketahui informasi selengkapnya pada penjelasan dibawah ini. 

Apa Itu Air Ozon?

Air ozonisasi dibuat dengan menambahkan ozon ke air. Kekuatan oksidasi air ozon membuatnya menjadi desinfektan yang sangat kuat dengan banyak aplikasi.

Sedangkan ozon sendiri merupakan molekul gas yang terdiri dari 3 atom oksigen dan memiliki rumus kimia O3. Molekul ozon ini bersifat tidak stabil dan akan selalu berusaha untuk mencari sasaran agar bisa melepaskan satu atom oksigen dengan cara oksidasi. 

Sehingga, molekul ozon ini bisa berubah menjadi molekul oksigen yang stabil, yakni O2. Karena sifat oksidatornya yang sangat kuat, ozon sangat ampuh untuk membunuh kuman, detoksifikasi, dan deodorisasi dalam air maupun udara. 

Apa Kegunaan Ozon Bagi Kehidupan Sehari-Hari?

Lalu, apa saja kegunaan ozon bagi kehidupan sehari-hari?

  1. Dalam hal sterilisasi air, teknologi ozon ini paling unggul dan efektif. Sebab, ozon bisa menghancurkan kuman, virus, bakteri, dan zat organik lainnya. Selain itu, ozon juga bisa menetralisir zat organik. 
  2. Penggunaan ozon tidak akan menghasilkan zat sisa yang membahayakan bagi kesehatan manusia. Bahkan, akan menambahkan kadar oksigen dalam air, sehingga air pun akan terasa lebih segar dan sehat. 
  3. Selain itu, teknologi ozon ini juga bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kualitas air yang tercemar hingga pengolahan limbah pabrik. 
  4. Ozon juga bisa menghilangkan bau tidak sedap pada benda maupun udara. 
  5. Pengobatan dalam akuarium juga banyak yang sudah menggunakan teknologi ozon. Bahkan, kolam renang dan spa menggunakan ozon untuk menjernihkan air dan membunuh kuman dalam air. Hal inilah yang membuat iritasi mata setelah berenang sudah tidak lagi menjadi masalah. 
  6. Aplikasi teknologi ozon dalam industri pengolahan daging dan proses pengawetan buah serta sayur yang masih dalam proses pengiriman. Tujuannya adalah untuk mengurangi efek zat beracun, meningkatkan kesegaran, dan memperlambat pembusukan. 

Teknik pembentukan Ozon

Ada beberapa teknik pembentukan ozon yang perlu Anda ketahui, mulai dari pembentukan ozon, hingga peralatan pembuatan ozon. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Pembentukan Ozon 

Ada beberapa cara pembentukan ozon yang perlu Anda ketahui, yakni secara alamiah dan secara buatan. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya:

A. Secara Alamiah

Air ozon bisa terbentuk melalui radiasi sinar ultraviolet. Pada tahun 1930, Chapman menjelaskan pembentukan ozon yang terjadi secara alamiah. Chapman menjelaskan bahwa, sinar ultraviolet ini mampu menguraikan gas oksigen dalam udara bebas. Molekul oksigen ini akan terurai menjadi dua buah atom oksigen. 

Proses ini dikenal dengan nama fotolisis. Nantinya, atom oksigen tersebut secara alamiah akan bertumbukan dengan molekul gas oksigen yang ada di sekitarnya. Sehingga terbentuk molekul. 

Ozon yang terdapat pada lapisan stratosfer ini lebih dikenal dengan ozone layer. Ozon ini terjadi dari hasil proses alamiah fotolisis tersebut. 

B. Secara Buatan

Pembentukan ozone water dengan electrical discharge ini secara prinsip sangatlah mudah. Pada tahun 1956, Devins menjelaskan bahwa tumbukan dari elektron dari electrical discharge dengan molekul oksigen ini akan menghasilkan dua buah atom oksigen. 

Setelah itu, atom oksigen tersebut secara alamiah akan bertumbukan kembali dengan molekul oksigen sekitarnya dan terbentuklah ozon. Metode electrical discharge ini merupakan metode yang paling banyak digunakan dalam pembuatan ozon dalam berbagai kegiatan industri. 

Khusus untuk skala besar, cara inilah yang banyak masyarakat pilih secara komersial. Prinsip electrical discharge adalah dengan melewatkan oksigen ke sebuah ruangan di antara elektroda yang dialiri listrik secara bolak-balik dengan tegangan tinggi. 

Tegangannya sendiri adalah sekitar 8.000 hingga 20.000 volt. Intermittent discharge yang berlangsung diantara dua elektroda ini akan menyebabkan elektron bertabrakan dengan molekul oksigen. Inilah yang menyebabkan terbentuknya sewanya ozon (O3). 

2. Peralatan Pembuatan Ozon

Peralatan pembuatan ozon terbagi menjadi dua macam berdasarkan bentuknya, yakni tipe plat dan tipe tabung. Dari kedua tipe tersebut, tipe tabung inilah yang paling banyak digunakan. Alat ini memiliki ruang berupa tabung dengan dua lapis dinding. 

Bagian luarnya terbuat dari baja yang tahan karat, sementara bagian dalamnya terbuat dari gelas kaca yang berfungsi sebagai konduktor. Dalam pembuatan ozon, perlu adanya ruang peluahan listrik yang berfungsi untuk menerima aliran udara kering untuk mengubahnya menjadi ozon. 

Sudah Paham dengan Apa Itu Air Ozon?

Itulah beberapa penjelasan mengenai air ozon yang perlu Anda ketahui. Ozon memiliki sifat pengoksidasi yang kuat dan dipercaya mampu untuk membunuh berbagai bakteri patogen, virus, spora, jamur, dan kontaminan lain yang ada di air dan udara

Oleh karenanya, ozone kerap digunakan sebagai media yang efektif untuk sterilisasi air minum dan udara, serta dapat pula berfungsi sebagai desinfektan.

Ozon dapat diciptakan dengan menggunakan mesin khusus yang bernama Mesin Ozone (O3). Mesin Ozone (O3) mampu untuk mengambil oksigen dari udara untuk diubah menjadi ozon. Anda bisa menghubungi kontak Tanindo untuk mendapatkan mesin ozon yang berkualitas. Tanindo merupakan sebuah perusahaan jasa Water treatment Indonesia yang bergerak di bidang pengolahan air bersih, air minum, dan air limbah, yang didukung oleh tenaga yang berpengalaman dan terlatih.

Tanindo juga menyediakan mesin ro bagi Anda yang ingin membuka depot air minum. Kualitas air yang akan Anda dapatkan akan lebih maksimal!