Tindakan Nyata Pemerintah dalam mencegah pengunaan air tanah secara berlebihan

fd1-air-tanah-2

Tindakan Nyata Pemerintah dalam mencegah pengunaan air tanah secara berlebihan

Masalah yang ditimbulkan akibat eksplorasi air tanah berlebihan tentu tidak boleh dianggap remeh. Karena kerugian yang disebabkan tidak hanya materil, tetapi juga bisa mengancam keselamatan jiwa. Hal ini mengingat adanya risiko kemiringan bangunan, amblesnya tanah, dan beberapa dampak lain yang sudah disebut di atas.

Di Indonesia, air tanah sebenarnya termasuk kekayaan nasional dengan peran vital yang dikuasai oleh negara. Penggunaan air tanah ditujukan bagi kesejahteraan rakyat mencakup semua bidang. Adapun dampak eksplorasi air tanah berlebih membuat pemerintah memang patut bersikap tegas. Terlebih setelah mengetahui masalah yang timbul dari akibat penggunaan air tanah yang berlebihan dan tindakan nyata pemerintah dalam menangani masalah tersebut diantaranya:

  • Membuat Aspek Hukum yang Melandasi Pengelolaan Air Tanah

Salah satu upaya nyata pemerintah yaitu membuat aspek hukum yang melandasi pengelolaan air tanah. Ada beberapa regulasi terkait pengelolaan air tanah. Seperti UUD 1945 pasal 33 (3), Ketetapan MPR tentang GBHN, UU RI No 7 tahun 2004 tengan Sumber Daya Air Sebagai Pengganti UU No 11 tahun 1974 tentang Pengairan, PP RI No 43 tahun 2008 tentang Air Tanah Sebagai Pelaksana Ketentuan khususnya pasal 10, 12 (3), 13 ayat (5), 37 (3), 57 (3), 58 (2), 60, 69, dan 76.

  • Perda

Ada pula perda yang diberlakukan untuk daerah tertentu. Misalnya pemerintah Provinsi Maluku yang memiliki kebijakan cukup tegas yang mungkin bisa dicontoh. Dimana diberlakukan Perda Provinsi Maluku Nomor 8 th 2004 tentang Pajak Pengambilan dan Pemanfaatan Air Bawah Tanah dan Air Permukaan. yang mana petunjuk pelaksanaannya diatur dalam Peraturan Gubenur Maluku Nomor 383 th 2005.

Kebutuhan air bersih sejatinya bisa dicukupi dengan memanfaatkan jasa PDAM. Hanya saja bagi sebagian masyarakat cukup membebani karena harus membayar sejumlah dana. Karena itu pula banyak yang memilih air tanah. Karenanya diperlukan kesadaran pula pada tiap individu. Demikian ulasan tentang masalah yang timbul dari akibat penggunaan air tanah yang berlebihan dan tindakan nyata pemerintah dalam menangani masalah tersebut, semoga bermanfaat.