Pengolahan limbah cair industri

Pengolahan limbah cair dan industri yang baik dan benar, banyak cara yang baik dan benar dalam pengolahan limbah industri, namun banyak sekali pabrik atau perusahaan yang menghasilkan limbah cair dan industri tidak memanfaatkan limbah cair dan industri dengan baik dan benar, hal itu membuat lingkungan di sekitar pabrik maupun area pembuangan limbah menjadi kumuh, kotor dan pastinya mengalami kerusakan.

Hal itu memanglah perlu dihindari apalagi pengolahan limbah yang baik merupakan salah satu unsur terpenting dalam suatu proses pembuangan limbah. Karena dampak yang ditimbulkan dalam pengolahan limbah yang tidak baik memanglah cukup besar, seperti penyakit dan sanitasi lingkungan yang tidak bersih. Sosialisasi memang perlu dilakukan kepada agen-agen besar atau perusahaan yang menghasilkan sebuah kotoran atau limbah, baik itu limbah cair ataupun padat dalam sebuah industri.

Limbah yang telah terbukti mengganggu lingkungan adalah limbah pabrik tempe, tahu dan beberapa pabrik tekstil termasuk pabrik kain batik dan limbah pembuatan jaket kulit. Hal ini sangatlah mengganggu masyarakat sekitar karena bau, dan air dalam tanah juga dapat tercemar oleh limbah cair industri.

Disini saya akan memberikan sebuah ulasan mengenai pengolahan limbah cair yang baik dan benar tanpa menimbulkan banyak korban atau dampak berkepanjangan selanjutnya. Ada tiga cara dalam pengolahan limbah cair industri yaitu secara fisika, kimia dan biologi.

  1. Pengolahan secara fisika.

Pengolahan secara fisika adalah pengolahan limbah yang dimana bahan-bahan dari hasil limbah tersebut dipisahkan terlebih dahulu sesuai wujudnya, maksudnya yaitu air yang terlihat jernih disendirikan, air yang keruh dan memiliki endapan disendirikan. Hal ini merupakan salah satu tindakan yang efektif dimana limbah tidak semua tercampur menjadi satu tetapi limbah dapat dibuang sesuai dengan porsi masing-masing dan sesuai kadar yang ada masing.  Pemisahan ini bertujuan untuk mendapatkan jalan keluar untuk pengolahan limbah selanjutnya, apakah dibuat gas atau dibuat penampungan dan nanti dimanfaatkan menjadi suatu barang yang bernilai.

  1. Pengolahan secara kimia.

Disini yang dimaksud adalah dengan menggunakan partikel berbahan kimia yang bertujuan untuk menghilangkan kuman, atau logam berat yang terkandung dalam suatu limbah. Sehingga ketika dibuang limbah tersebut dapat mengurangi pencemaran lingkungan. Maka dari itu perlu beberapa tahap dalam proses kimiawi, sehingga dihasilkan limbah yang tidak membuat dampak buruk bagi lingkungan. Oleh karena itu menggunakan bahan kimia juga salah satu cara pengolahan limbah.

  1. Pengolahan dengan sistem penyaringan.

Jadi pengolahan dengan cara ini dilakukan supaya ketika limbah dibuang ke tempat yang sudah di tentukan, maka limbah tidak akan membuat resah atau berdampak buruk pada masyarakat, limbah yang diolah dengan penyaringan terbukti efektif dalam mengurangi dampak buruk terhadap kerusakan lingkungan, hal itu mengapa limbah yang diolah dengan proses yang buruk sangat memberikan dampak signifikan bagi kesehatan seperti penyakit disentri, typoid, dan kanker.

  1. Mengolah limbah menjadi bahan yang bernilai.

maksudnya adalah limbah diolah menjadi bahan yang bernilai tinggi dan memiliki nilai jual yang baik. Limbah dengan nilai jual maksudnya seperti limbah kotoran peternakan sapi dapat diolah menjadi gas yang dapat dijual ke masyarakat menggantikan gas pertamina. Dari hal tersebut pemanfaatan limbah memang sangat diperlukan untuk menghindarkan lingkungan dari efek keterburukan limbah. Area yang terkena limbah cair biasanya akan kumuh, dan mengalami degradasi tanah, dimana air juga memengaruhi kualitas hidup setiap masyarakat yang tinggal dekat pembuangan limbah. Maka dari itu perlu pengolahan limbah yang efektif untuk menjadikan limbah yang bermanfaat dan bermutu.

Itulah beberapa artikel mengenai cara pengolahan limbah cair industri yang baik dan benar, memanglah tidak mudah untuk menyuarakan cinta kesehatan dan kebersihan lingkungan. Tetapi untuk menjadikan lingkungan lebih aman dan baik sangatlah mudah jika dilakukan secara bersama-sama. Maka dari itu bentuk pengolahan limbah dengan cara apapun memang benar asal tidak merugikan masyarakat sekitar dan memberi dampak yang baik oleh masyarakat sekitar. Itulah artikel dari saya semoga bermanfaat dan menjadikan anda lebih kreatif dalam mengolah limbah cair industri, artinya anda harus mencintai lingkungan anda dari diri masing-masing, kemudian baru mencintai lingkungan dan memanfaatkan dan menjaga agar lingkungan tetap sehat terkendali.