Pengertian Water treatment plant

water-treatment-plant

Pentingnya Proses Water Treatment Plant di Berbagai Kebutuhan

Sistem pengolahan air seringkali disebut juga sebagai Water Treatment. Dimana terdapat beberapa tahap proses pengolahan air dengan sampai air tersebut dapat dikatakan layak dikonsumsi atau digunakan. Akan tetapi, tak semua tahapan proses tersebut dapat diterapkan masing-masing pihak pengelola air melainkan tergantung pada kualitas sumber air itu sendiri.

 

Pengertian Water Treatment Plant

Water treatment Plant atau sistem instalasi pengolahan air yaitu bangunan maupun konstruksi pokok sistem pengolahan untuk air bersih. Dimana pada pengolahan air bersih sendiri biasanya memiliki 3 konstruksi atau bangunan, yakni intake, kemudian WTP itu sendiri dan juga reservoir. Definisi WTP juga bisa dikatakan sebagai sistem yang bertujuan mengolah air bersih, mulai dari influent atau air baku yang berkualitas kurang baik untuk memperoleh kualitas air dengan pengolahan standar sesuai keinginan dan siap dikonsumsi masyarakat.

 

Pada Sistem pengolahan air atau Water Treatment Plant terdapat bermacam macam teknik yang dilakukan oleh praktisi atau kontraktor . tetapi secara umum proses proses yang terjadi adalah terbagi ke dalam 3 bagian diantaranya :

  • Pengolahan Fisik

Bertujuan meminimalisir maupun menghilangkan berbagai kotoran yang bersifat kasar, melalui penyisihan pasir dan lumpur, yakni mengurangi berbagai zat organic didalam air untuk diolah. Dimana proses pengolahan tersebut dilakukan tanpa adanya tambahan senyawa kimia.

  • Pengolahan Kimia

Bertujuan untuk membantu pengolahan yang selanjutnya, seperti pemberian cairan cairan kimia yang digunakan untuk membantu proses penjernihan air secara kimiawi, salah satu contoh cairan kimia yang digunakan untuk mendukung proses pengolahan secara kimiawi adalah Tawas, Polimer, Soda Ash dll. Digunakan untuk memaksimalkan pengolahan setelah pengolahan tingkat pertama.

  • Pengolahan Bakteriologis

Bertujuan membunuh maupun memusnahkan berbagai macam bakteri, khususnya bakteri yang menyebabkan berbagai kotoran atau penyakit yang ada dalam kandungan air seperti bakteri E. Coli. Adapun salah satu metode pengolahannya yaitu dengan menambahkan zat desinfektan seperti kaporit.

 

water-treatment-plant-waste-water

 

Adapun secara umumnya, teknologi pengolahan air itu sendiri terdiri dari 5 jenis yaitu pengolahan ilmiah, pengolahan melalui penyaringan, pengolahan melalui penambahan koagulan serta desinfektan dan pengolahan menggunakan sistem aeration.

Fungsi lainnya dari Water Treatment Plant yakni untuk dapat memenuhi kualitas pada air pengisi mesin industri berdasarkan standar yang sudah ditentukan, untuk itu dibutuhkan instalasi untuk pengolahan air melalui berbagai proses. Pada Powerplant dengan sumber air baku dari sea water, air tersebut belum dapat memenuhi standar untuk digunakan langsung pada mesin.

Dengan begitu proses yang dilakukan pertama kali yaitu melalui proses penyulingan air laut untuk menjadi air murni atau air bersih dengan menghilangkan kadar garam didalamnya. Tapi biasanya air hasil dari pengolahan menggunakan sistem Seawater RO masih memiliki zat terlarut yang masih tinggi. Untuk itu, memerlukan proses lanjutan dalam instalasi Second Stage baik menggunakan RO kembali ataupun Tabung treatment dengan fungsi sebagai sebuah proses kimiawi melalui pengikatan unsur kation dan anion air baku memakai resin pada vessel atau mixbed polisher untuk memperoleh conductivity atau zat padat yang rendah.