Aplikasi dan penerapan sistem water treatment plant

sistem water-treatment-plant-ro

 

Aplikasi dan Penerapan Sistem Water Treatment

WTP umumnya dimanfaatkan untuk dapat memenuhi kebutuhan akan air di berbagai bidang industry, misalnya saja industry kertas, makanan dan minuman, pabrik tekstil sampai di bidang kesehatan yakni rumah sakit. Selain itu, bahkan sistem water treatment plant sendiri sudah dimanfaatkan dalam sektor bangunan secara komersial, misalnya perumahan, pusat perbelanjaan dan perkantoran. Dalam hal ini, sumber air nantinya diolah dengan cara diambil di berbagai sumber seperti danau, sumur dan sungai dengan tingkat kedalaman berdasarkan standar. Namun tak jarang pula memanfaatkan sumur dangkal dan air laut sebagai sumbernya.

Dalam memproses air yang berkualitas rendah untuk dijadikan air bersih maka dibutuhkan beberapa tahapan untuk dilakukan. Mulai dari proses pengambilan raw water dari sumber, kemudian pra sedimentasi, lalu koagulasi, proses flokulasi, proses sedimen, kemudian filtrasi, netralisasi, setelah itu clear water tank hingga distribution tank. Dimana tahapan-tahapan itu tergantung dari kualitas air untuk diolah serta kualitas hasil untuk dapat dicapai. Walaupun demikian, tahapan proses tersebut adalah cara dan prinsip kerja dari sistem WTP itu sendiri.

Proses produksi minuman isotonic misalnya, menggunakan proses pengolahan air melalui cara demineralisasi. Dimana proses ini yaitu termasuk proses penghilangan kadar mineral dan garam pada air lewat pertukaran ion atau ion exchange proses memanfaatkan media resin maupun softener kation dan juga anion. Dimana proses tersebut bisa memproduksi air dengan kemurnian begitu tinggi yang jumlah kandungan yang diingikan atau diperlukan oleh sebuah industri. Untuk penerapan dalam kehidupan sehari-hari juga terdapat pada air isi ulang hasil proses reverse osmosis. Dimana air yang dihasilkan lewat sistem RO ini merupakan air murni, yang sering digunakan masyarakat.

 

Harga Investasi WTP

Sekarang ini untuk sistem water treatment sudah dapat dinikmati oleh setiap kalangan. Karena harganya yang cukup terjangkau dan ditambah dengan banyaknya produk dari Negara Cina yang memproduksi barang dengan harga murah. Sistem water treatmen plant yang ada mulai dari harga Jutaan rupiah hingga puluhan Milyar rupiah, tergantung dari kerumitan dari sistem pengolahan, Kualitas dan kapasitas output yang ingin dihasilkan oleh sistem wtp tersebut.

sistem water-treatment-plant-untuk-air-minum

Ini Dia Alasan Pentingnya Water treatment plant

Proses pengolahan air bersih itu sendiri sebenarnya dikarenakan fungsi atau peranan air yang begitu penting bagi kehidupan. Air adalah bahan yang begitu penting bagi manusia. Sifat penting dari air yang perlu kita ketahui adalah mudahnya bercampur bersama bahan yang lainnya. Dimana sebagian besar zat atau bahan yang ada dialam bisa bercampur bersama air. Meskipun sifat tersebut memiliki banyak manfaatnya tetapi juga dapat menimbulkan masalah.

Kini sedikit sekali air yang ada di alam dengan sifat bisa langsung dikonsumsi atau digunakan, entah itu untuk kebutuhan sehari-hari ataupun untuk kegiatan industry. Disebabkan sifatnya mudah bercampur dengan bahan yang lainnya, maka air seringkali memiliki kandungan zat pengotor. Dengan begitu bahan atau zat pengotor tersebut wajib dipisahkan, hingga akhirnya dapat digunakan. Adapun pengolahan awal paling umum yaitu proses penjernihan demi memperoleh air yang bersih. Selanjutnya, air bersih tadi bisa langsung digunakan maupun diproses secara lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan.

Di dalam dunia industry, air sangat banyak dijadikan sebagai media pendingin, pemanas hingga berbagai keperluan proses. Dimana tiap penggunaan membutuhkan kondisi air spesifik. Pengolahan lebih lanjut sering dilakukan pada air bersih, misalnya saja proses demineralisasi dan softener. Dimana penghilangan mineral yang terlarut atau demineralisasi sendiri bisa dilakukan memakai metode Reverse Osmosis. Dari situlah dapat kita simpulkan bahwa metode water treatment plant sangat penting dalam berbagai kebutuhan.