Mesin pengolah air laut

Mesin pengolah air laut atau Reverse osmosis  merupakan sebuah teknologi terapan yang dimanfaatkan dalam proses penyaringan air, bertujuan supaya beberapa kontaminan, ion maupun mineral yang ada pada air dapat dihilangkan. Dalam hal ini teknologi dari reverse osmosis sendiri merupakan teknologi yang sudah lama diaplikasikan oleh NASA Amerika Serikat yang berupa sebuah alat penyaringan air, dimana nantinya dimanfaatkan untuk air konsumsi para astronot di luar angkasa. Dalam hal ini, teknologi RO ini bisa memproduksi air minum murni, segar dan higienis, dengan begitu aman dikonsumsi semua orang.

mesin pengolah air laut dari Tanindo

Seperti apakah mesin pengolah air laut?

 

Reverse Osmosis Air Laut

Teknologi untuk pengolahan air laut menggunakan reverse osmosis sendiri dengan memanfaatkan teknologi membran. Dimana pemisahan air terhadap kandungan mikro organisme maupun mineral yang tak dikehendaki tersebut dilakukan melalui proses penyaringan Osmosa terbalik. Untuk memproduksi air murni, maka pemompaan dilakukan melalui tekanan tinggi menuju modul membran dengan 2 outlet, yakni outlet untuk produksi air bersih atau air murni serta outlet untuk produksi air buangan atau garam dan ion lainnya yang sudah dipekatkan.

Pada proses yang menggunakan mesin reverse osmosis air laut ini, terjadi penyaringan air yang dimana molekul yang lebih kecil yang dapat melewati pori pori membrane, molekul yang dapat melewati merupakan H2O murni. Zat yang tersaring misalnya seperti zat organic, larutan garam atau mineral, virus, bakteri dan lain sebagainya. Adapun aplikasi utama pada Sea water reverse osmosis RO yaitu proses desalinasi atau menghilangkan larutan garam melalui teknologi tambahan yang menghilangkan berbagai zat maupun organisme yang lainnya.

 

Fungsi dan Kegunaan Mesin pengolah Air Laut

Kegunaan mesin reverse osmosis air laut itu sendiri yaitu untuk menghasilkan air murni yang terbebas dari berbagai kontaminan, baik logam berat, mineral maupun yang lainnya. Maka dari itu, air yang dihasilkan biasanya mendekati murni, biasa disebut juga sebagai air demineralisasi. Sementara mesin RO saat ini sudah banyak diaplikasikan di industri-industri yang ada di Indonesia. Dimana yang paling tampak yaitu pemakaian mesin RO untuk pengolahan air bersih atau air minum di suatu negara yang kapasitasnya besar. Misalnya saja Singapura, Saudi Arabia dan lain sebagainya.

Jika awalnya untuk memenuhi keperluan air minum, orang-orang mendidihkan air tanah terlebih dulu sebelum dikonsumsi namun kini sudah beberapa teknologi terapan untuk dapat mengolah sumber air tanah untuk dijadikan air konsumsi atau air minum higienis, yakni salah satunya melalui teknologi dari mesin RO ini. Dimana teknologi dari mesin RO ini adalah suatu penemuan luar biasa serta sangat berguna untuk kelangsungan hidup setiap manusia sebab bisa membantu pengolahan air dengan kondisi yang ekstrim sekalipun.

 

Baca juga : Mesin RO (Reverse Osmosis)

 

Cara Kerja Mesin pengolah Air Laut

Osmosa terbalik atau reverse osmosis merupakan proses alami saat 2 cairan yang konsentrasinya berbeda dipisahkan membran semipermiabel, sehingga cairan mempunyai kecenderungan bergerak dari sifat yang konsentrasinya rendah menuju zat terlarut yang sifat konsentrasinya tinggi demi keseimbangan suatu potensial kimia. Sementara itu, reverse osmosis merupakan proses yang memaksa pelarut di daerah konsentrasi tinggi lewat membran semipermiabel menuju daerah dengan konsentrasi terlarut yang rendah melalui penerapan tekanan yang lebih besar dari tekanan osmotic.

Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa pengolahan air menggunakan sistem RO ini yaitu sebuah metode pengolahan air, dari konsentrasi tinggi lewat membran semipermiabel ke air dengan konsentrasi rendah atau encer yang didorong oleh tekanan osmosis. Dimana RO ini termasuk metode penyaringan untuk menyaring berbagai macam ion-ion dan molekul yang berukuran besar pada suatu larutan melalui pemberian tekanan dalam larutan tersebut saat larutan itu ada pada salah satu bagian membran seleksi atau lapisan penyaring.

 

Prinsip kerja dari reverse osmosis air laut ini yaitu tekanan inlet reverse osmosis akan memberikan tekanan hidrostatik berbeda, pada saat tekanan itu terjadi, air asin atau air laut akan mencoba untuk melewati membran. Molekul yang dapat melewati membrane tersebut adalah air murni dan beberapa mineral dengan ukuran molekul yang sangat kecil. Pada beberapa kondisi air laut dengan kandungan garam yang tinggi, maka tekanan osmosis terjadi dapat mencapai 800psi.

mesin-pengolahan-air-laut-yang-handal

Proses mengubah air asin atau air laut dengan menggunakan mesin RO

Aplikasi dan Penerapan Mesin pengolah Air Laut

Mesin RO saat ini adalah teknologi yang banyak diaplikasikan di masyarakat, hal tersebut disebabkan dengan semakin tercemarnya air baku maupun semakin sulitnya dijumpai sumber mata air atau air baku yang baik. Untuk itu, keberadaan mesin RO ini dimanfaatkan untuk memperoleh air berkualitas baik. Adapun aplikasi dan penerapannya yaitu :

  • Desalinasi Air Laut Memakai Mesin Reverse Osmosis

Demi menghilangkan kandungan garam pada air laut, tak sedikit industri-industri maupun instansi pemerintah/swasta memakai sistem penyaringan yang satu ini memakai mesin RO. Sistem RO yang terjadi bisa secara efektif memisahkan partikel-partikel garam terlarut pada air, dengan begitu kadar klorida atau garam pada air bisa disaring sampai 99%.

  • Pemurnian Air

Air hasil dari pengolahan mesin reverse osmosis air laut ini banyak diaplikasikan pada perusahaan yang memakai chiller, boiler ataupun water cooler. Dimana mesin ini diaplikasikan untuk penyaringan air baku sampai mencapai kualitas yang sesuai dengan standar yang di kehendaki lalu kemudian dimanfaatkan pada mesin pengolahan berikutnya. Biasanya mesin RO ini diapikasikan untuk proses demineralisasi maupun sebagai softener.

 

Biaya Penggunaan Sea Water Reverse Osmosis

Jika dibandingkan dengan proses distilasi sendiri, reverse osmosis air laut merupakan sistem operasional dan modal dengan solusi biaya termurah dan ekonomis. Teknologi ini bahkan teknologi paling efektif di sebagian besar metode aplikasi yang ada diseluruh dunia, memiliki konsumsi energi yang relatif rendah secara kseluruhan serta proses konstruksi dan pembuatan yang juga mudah.

 

Hal Lain Mengenai Reverse Osmosis Air Laut

Teknologi reverse osmosis air laut sendiri sudah banyak diaplikasikan di berbagai negara seperti Arab, Jermaan, Jepang dan Amarika. Dimana teknologi ini biasanya digunakan untuk dapat memasok keperluan air tawar pada kota kota tepi pantai dengan sumber air baku yang langka. Umumnya penggunanya yaitu di industry elektronika, industry farmasi, kapal laut hingga rumah sakit. Di Indonesia sendiri juga tentunya sudah memanfaatkan teknologi pemurnian air ini. Keunggulan penggunaan mesin reverse osmosis air laut adalah dapat menghasilkan air dengan kualitas yang sangat baik.