Depot air : Dampak dari kesalahan dalam memilih mesin

Sebelumnya kita ketahui bahwa bisnis depot air isi ulang merupakan bisnis yang menjanjikan, karena selain keuntungan yang cukup besar, Modal tidak terlalu besar, bisnis ini pun mempunyai prospek yang cukup cerah kedepannya. Hal tersebut dikarenakan kebutuhan air air minum merupakan kebutuhan pokok atau primer.

tapi ada beberapa hal yang banyak dilupakan oleh pemilik usaha sebelum memutuskan untuk membeli mesin isi ulang  yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang ada. Kita perlu untuk terlebih dahulu mengetahui kondisi-kondisi yang ada sebelum memutuskan untuk membeli jenis depot air. Terdapat bermacam-macam jenis dan kategori depot yang dapat ditemui, dan tentunya masing-masing jenis tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kondisi-kondisi yang harus disesuaikan tersebut akan dibahas lebih lanjut pada halaman pembahasan yang lain.

Dan kalau kita berbicara mengenai mesin depot air yang harus sesuai dengan beberapa kondisi yang ada, apa akibatnya apabila kita salah dalam melakukan pembelian mesin Isi ulang air ? dibawah akan kita bahas secara singkat dampak dari kesalahan dalam memilih mesin yang sesuai.

Dampak-dampak dari kesalahan membeli mesin depot air :

  1. Kualitas dari hasil pengolahan air yang tidak baik

Secara otomatis, air yang dihasilkan oleh mesin yang tidak sesuai dengan kondisi air sumber akan menghasilkan air yang kualitasnya tidak sesuai dengan kita inginkan, atau air yang kualitasnya kurang baik. Karena setiap mesin pemrosesan memiliki fungsinya masing-masing. Sehingga kesalahan dari pembelian mesin akan secara langsung mempengaruhi kualitas air yang dihasilkannya.

 

2. Biaya yang terlalu tinggi

Sebelum melakukan pembelian mesin depot air, hendaklah kita mengetahui mesin apa saja yang harus dipakai untuk melakukan filtrasi terhadap air yang akan kita gunakan sebagai bahan baku pengolahan. Pakailah hanya mesin-mesin yang diperlukan dalam proses filtrasi sesuai dengan permasalahan yang ada. Over spesification dapat menyebabkan biaya dalam pembagunan bisnis isi ulang menjadi terlalu tinggi.

 

3. Intensitas perawatan mesin yang lebih sering dari biasanya

Alangkah baiknya andaikata mesin yang ada diperlukan seminimal mungkin proses perawatan, Mesin yang salah dibeli akan menyebabkan kita harus banyak melakukan perawatan dan tentunya Intensitas perawatan mesin yang semakin tinggi, akan mempengaruhi biaya dan efektifitas kerja dari kita. Mesin yang tepat akan sangat mengeliminasi perawatan-perawatan yang tidak diperlukan, sehingga produktivitas akan meningkat.

 

4. Mesin yang cepat rusak

Pada saat sebuah mesin salah dipilih, maka akan terjadi masalah dalam proses filtrasi tersebut, salah satu pengaruhnya adalah Point no 2 diatas, tapi efek yang lebih penting dari kesalahan ini adalah mesin menjadi cepat rusak. Karena mesin memproses apa yang bukan merupakan kemampuannya. Contoh: Apabila air kita keruh ( Turbidity tinggi), maka kita cukup memakai Sand Silica filter dan sedimen cartridge, banyak orang yang salah dengan memakai carbon filter atau Sistem Reverse osmosis, tentunya Karbon filter bukannya digunakan untuk menyaring Kekeruhan. Dan pemakaian membrane reverse osmosis pun akan membuat membrane ro tersebut menjadi cepat tersumbat atau fouling.

 

5. Kemampuan bersaing yang rendah

Dengan bermacam-macam point yang di hadapi oleh pemilik usaha, rasanya akan sangat sulit bagi dia untuk dapat bersaing dengan pesaing yang ada disekelilingnya.

 

Setelah kita bahas beberapa point yang dapat terjadi dari akibat kesalahan membeli mesin tersebut, maka penting untuk kita ketahui bahwa proses pembelian mesin depot air diawal merupakan salah satu proses yang sangat penting yang harus diketahui oleh banyak orang sebelum mereka memulai usaha tersebut.

Singkat kata, hendaklah kita berusaha untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya dari orang yang lebih ahli agar tidak salah dalam membeli mesin. Kunjungi penjual mesin tersebut untuk memperoleh informasi yang lebih banyak, dan pastikan bahwa anda membeli mesin dari orang yang cukup mengerti akan pengolahan air minum. Dan yang terpenting adalah mudahnya komunikasi apabila terjadi masalah dikemudian hari pada mesin kita.

Sekian penjelasan dari kami, terima kasih