Kenali Syarat Air Bersih dan Sehat untuk Hidup yang Lebih Baik

Syarat air bersih. Air adalah komponen yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Manusia membutuhkan air untuk melangsungkan berbagai aktivitasnya. Bahkan, tanpa keberadaan air, manusia tidak bisa melanjutkan kehidupan di bumi ini.

Namun, tidak sembarang air bisa digunakan untuk hal tersebut. Air yang bersih adalah syarat mutlak yang harus dipenuhi jika ingin memperoleh kehidupan yang sehat. Betapa pun sulitnya, Anda harus memenuhi syarat ini supaya terhindar dari penyakit, baik penyakit ringan maupun yang berkepanjangan. Nah, berikut adalah ciri-ciri air yang bersih dan boleh dikonsumsi.

  1. Tampilan

Secara umum, air bersih terlihat jernih dan tidak keruh. Air yang keruh adalah pertanda kehadiran bahan organik dan anorganik yang tidak baik bagi kesehatan manusia. Butuh usaha yang lebih besar jika harus menyaring air yang keruh.

Selain itu, proses disinfeksi atau pembunuhan terhadap bakteri pun lebih sulit dilakukan pada kondisi air yang seperti ini. Tingkat kekeruhan sebenarnya bisa diukur, bahkan zat yang ada di dalamnya bisa dilihat dengan alat tertentu.

Hal lain yang juga harus Anda perhatikan adalah bau. Air yang berbau adalah pertanda terjadinya penguraian senyawa organik yang dilakukan oleh bakteri. Akibat lain dari kondisi air yang bau adalah terjadinya pengurangan kuantitas oksigen yang larut di dalam air.

Dalam segi rasa pun kebersihan air bisa dideteksi. Air yang bersih dan sehat adalah yang tidak memiliki rasa atau netral. Selain itu, warna air pun tidak boleh mencolok. Ini salah satu ciri yang bisa dideteksi dengan menggunakan mata telanjang.

air yang bening merupakan syarat air bersih dan sehat

        2. Dari Segi Kimia

Di dalam air yang bersih dan sehat, tidak boleh ditemukan adanya unsur-unsur nitrit, sulfia, co2 agresif, dan amonia. Sementara itu, unsur-unsur lain yang keberadaannya masih bisa dimaklumi adalah arsen, cadmium, timbal, selenium, dan phenolik. Meskipun demikian, konsentrasinya tidak boleh melebihi ketetapan.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah keberadaan zat kimia organik dan anorganik di dalam air. Pastikanlah bahan bahan tersebut tidak melebihi batas yang ditentukan.

Syarat air bersih dari sisi kimiawi

       3. Dari Segi Biologis

Pastikan air tersebut bebas dari bakteri dan virus. Dalam 1 cc air, bakteri yang terkandung tidak boleh lebih 2 dan bukan bakteri E. Coli.

Selain ketiga hal ini, masih ada syarat-syarat lain yang perlu dipenuhi demi mendapatkan stok air bersih yang benar-benar bisa digunakan dan mendukung kesehatan.

Salah satu syarat air bersih adalah terbebas dari bakteria