Ingin Membuat Filter Air Sederhana, Begini Caranya

Untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, baik sebagai sumber air minum maupun untuk melakukan aktivitas sehari-hari, dibutuhkan stok air bersih. Namun, pada kondisi tertentu, air yang tersedia kadang-kadang belum memenuhi kriteria bersih tersebut. Padahal, mengonsumsi air kotor bisa memengaruhi kesehatan penggunanya. Filter air sederhana dapat menjadi solusi yang praktis untuk mengatasi hal tersebut.

Untuk situasi darurat, Anda bisa melakukan penyaringan sederhana guna membersihkan air. Berikut cara yang bisa Anda lakukan.

  1. Persiapan Alat dan Bahan

Untuk membuat filter air sederhana, persiapkanlah beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan, yaitu:

  • Arang
  • Ijuk
  • Pasir halus
  • Batu kerikil
  • Batu berdiameter 2-3 cm
  • Kran air
  • Drum bekas
  • Bak penampungan

 

    2. Membuat Filter

Untuk mendapatkan air yang bersih maksimal, Anda harus menggunakan bahan-bahan tersebut sebagai filter. Susunlah ijuk, arang, pasir halus, dan batu (dan filter lain jika ada) di dalam drum bekas. Untuk mengontrol debit air, tempatkan keran pada drum dengan ketinggian 5 cm.

     3. Proses Filter

Alirkan air yang hendak disaring ke dalam tempat penampungan. Setelah penuh, alirkan lagi ke dalam drum. Pada bagian pintu masuk air, lekatkan kasa untuk menghalangi masuknya kotoran.

Air akan melewati bahan-bahan filter. Lama-kelamaan, air yang mengalir akan terlihat lebih jernih dan bersih, sangat jauh berbeda dengan kualitas air yang masuk. Jangan lupa, bukalah keran dengan ukuran yang kecil saja.

Meskipun bisa digunakan dalam keadaan darurat, cara ini tidak cukup menjamin bebasnya bakteri dalam sumber air. Apalagi jika sumber air tersebut telah mengalami pencemaran atau terkontaminasi oleh limbah.

 

Menggunakan Bahan Kimia

Nah, cara lain yang bisa dilakukan untuk membersihkan air adalah dengan menggunakan bahan kimia, seperti Polly Aluminium Clorida (PAC), kaporit, dan tawas. Jika penyaringan air secara manual bisa menjernihkan air, bahan-bahan kimia akan memastikan bakteri mati.

Baik dengan menggunakan bahan-bahan sederhana maupun bahan kimia, tujuannya hanya untuk menyaring air untuk keperluan sehari-hari. Sedangkan untuk air berasal dari sumber yang mungkin terdampak oleh polusi dan pencemaran, dibutuhkan teknologi yang lebih canggih untuk memastikan hasilnya bisa digunakan.

Filter air sederhana pasir

Pasir Halus

 

Filter air sederhana ijuk

Ijuk

 

Filter air sederhana karbon

Carbon Active