Air Tanah Terkontaminasi Logam Berat dan Cara Menangani

 

Tanah secara alami sudah memiliki kandungan logam berat dalam jumlah yang kecil. Hal ini banyak dipengaruhi oleh kandungan bahan penyusun tanah. Contohnya saja, jenis tanah ferrasol yang berada di daerah Karanganyar, Solo. Tanah di sana mengandung logam berat Zn, Cu, Pb, dan Ni. Meski mengandung sejumlah senyawa logam berat dalam jumlah kecil, kandungan ini masih dapat ditoleransi dan tidak berbahaya bagi tubuh.

Meski demikian, maraknya perkembangan sektor industri di beberapa wilayah di Indonesia membuat pencemaran air tanah meningkat. Dan, karena sektor industri banyak mengandung senyawa kimia yang mengandung logam berat pada setiap prosesnya, maka limbah industri yang dilepas di lingkungan pun banyak mengandung logam berat.

Ciri Ciri Air Tanah Terkontaminasi Logam Berat Filter air tanah

Pada dasarnya, air yang sudah terkontaminasi dapat terlihat dari tampilan fisik maupun uji laboratorium. Namun, sebelum mengetahui ciri-ciri air tanah yang sudah terkontaminasi, sebaiknya perlu juga untuk mengetahui bagaimana ciri-ciri air bersih yang layak konsumsi.

Air tanah yang layak konsumsi, memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Jernih dan tidak keruh
  • Tidak berwarna
  • Tidak berbau/beraroma
  • Tidak memiliki rasa (tawar)
  • Memiliki ph netral, pH mendekati angka 7 (netral)
  • Tidak mengandung koloid
  • Tidak mengandung senyawa kimia berbahaya
  • Tidak mengandung bakteri patogen

Nah, setelah Anda mengetahui ciri-ciri air tanah yang bebas kontaminasi, lalu bagaimana ciri-ciri air tanah yang sudah tercemar logam berat? Berikut ini penjelasannya.

  • Mengalami perubahan suhu (jika dibandingkan dengan sebelumnya)
  • Perubahan tingkat keasaman, biasanya air yang tercemar logam berat akan bersifat basa (pH<7)
  • Air tanah berasa dan berbau
  • Jika dilakukan uji lab, ditemui kandungan logam beratdalam jumlah besar

Selain ciri-ciri umum di atas, air tanah yang telah terkontaminasi logam berat memiliki ciri-ciri khusus yang dapat dilihat dari warna dan rasa air. Adapun ciri-ciri khusus itu meliputi:

  • Warna

Air tanah yang terkontaminasi senyawa besi akan menyebabkan perubahan warna (air) menjadi merah kekuning-kuningan.

  • Rasa

Rasa pahit dalam air tanah menunjukkan bahwa air tersebut sudah terkontaminasi senyawa logam, seperti besi, aluminium, mangan, sulfat, dan lainnya.

 

Dampak Pencemaran Air Tanah Filter air tanah

Air tanah yang sudah terkontaminasi logam berat memiliki dampak yang besar, terutama bagi kesehatan tubuh. Beberapa di antaranya, ialah:

  1. Timbal

Timbal sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat menimbulkan kerusakan otak dan juga ginjal. Efek ini akan semakin besar bagi anak-anak yang mengonsumsi air tanah yang telah terkontaminasi timbal.

  1. Merkuri

Merkuri bersifat toksik dan mengganggu kerja enzim dalam tubuh. Selain itu, sifat merkuri memungkinkannyauntuk mengendap di dalam tubuh dalam kurun waktu yang lama, bahkan puluhan tahun.

 

Kandungan merkuri yang besar dapat merusak sistem saraf dan menimbulkan berbagai komplikasi.Mulai dari kelainan mental, cacat saraf, cacat (tubuh) seumur hidup, bahkan kematian.

Parahnya lagi, merkuri tidak hanya berbahaya ketika tertelan oleh manusia. Tetapi juga ketika tanpa sengaja seseorang mengonsumsi ikan/hewan laut yang telah terkontaminasi oleh merkuri. Ikan atau hewan laut yang telah terkontaminasi iniakan memiliki risiko kesehatan yang sama buruknya, terutama kerusakan saraf otak.

Mengatasi Air Tanah Terkontaminasi Filter air tanah

Mengatasi air tanah yang telah terkontaminasi dapat menggunakan filter air tanah. Filter air tanah merupakan alat yang dapat digunakan untuk mengolah air yang telah terkontaminasi (logam berat dan juga mikroba patogen) menjadi air bersih yang layak konsumsi.

Teknologi dalam filter air tanah memungkinkan ia untuk menyaring dan menghilangkan kandungan yang berbahaya dalam tubuh, dan mempertahankan mineral baik yang masih diperlukan oleh tubuh.

Kendati demikian, meskipun air tanah terkontaminasi, namun dapat diolah menggunakan filter air tanah. Tetapi, tetap saja memakan ikan atau makhluk hidup lain yang telah terkontaminasi air tanah yang mengandung logam berat tidak dianjurkan. Karena dapat memiliki efek buruk bagi kesehatan.

 

 

Sumber:

http://www.jejaringkimia.web.id/2010/03/dampak-merkuri-terhadap-manusia-dan.html

http://jurnal.usu.ac.id/index.php/tropik/article/viewFile/10101/4939

http://ikramilmutanah.blogspot.co.id/2010/12/pencemaran-logam-berat.html