Demineralisasi Air; Definisi, Proses dan Manfaat

Pernah dengar istilah demineralisasi air? Sepertinya bagi yang belum paham dengan dunia permurnian air, water treatment dan filtrasi air, pastinya masih asing dan aneh dengan istilah tersebut. berbeda dengan yang memang sudah paham dan berniat untuk melakukannya dengan teknologi terbaru. Ada banyak alat yang kini dijual di pasaran dan bisa kita pilih sesuai dengan keinginan serta kemampuan keuangan yang anda miliki. Pastikan dengan baik bahwa teknologi yang digunakan memang harus disesuaikan dengan apa yang kiranya cocok dengan apa yang kita ingin coba terapkan.

Apa itu demineralisasi air?

Pertama-tama sebaiknya diketahui dulu dengan apa yang dimaksud dengan demineralisasi air. Demineralisasi pada air adalah proses pemisahan kadar garam dan juga mineral yang ada dalam air  baku. Ini sebetulnya masuk dalam salah satu jenis water treatment yang memungkinkan anda bisa mendapatkan air bersih bahkan konon katanya air yang dihasilkan sangat murnis sekali. Tidak hanya bisa digunakan untuk kebutuhan  memasak, namun juga bisa langsung di minum / konsumsi. Hal itu karena memang prosesnya dilakukan dengan menggunakan teknologi terbaik yang ada sehingga tak  heran juga jika hasil yang didapatkan juga bisa sesuai dengan apa yang diinginkan.

Proses Demineralisasi Air

Selanjutnya adalah mengenai proses demineralisas, bagaimana sebetulnya proses ini dilakukan?? Nah proses ini sebetulnya adalah dilakukan dengan menggunakan proses pertukaran ion dengan menggunakan resin, katon dan anion. Biasanya ada dua tabung yang digunakan untuk menukar dua ion tersebut. adapun dua tabung tersebut biasa berisi dua jenis ion yang berbeda yakni yang satu berisi ion positif dan yang satu berisi ion negatif. Nah dari dua tabung itu, konten atau isinya tentunya berbeda antara satu dengan yang lainnya. Pada ion positif terdiri dari natrium, calsium, magnesiom dan lainnya. Sementara untuk tabung dengan ION negatif terdiri dari  SO4, SiO2, dan lainnya.

Apa Manfaat dan Kegunaannya?

Nah lalu selanjutnya yang mungkin jadi pertanyaan anda semua adalah tentang apa kegunaan dan manfaat akan alat tersebut. pada intinya tentu kegunaan utamanya adalah untuk bisa memurnikan air dari yang sebelumnya hanya sekedar air mentah bisa menjadi air bersih. Bahkan kemurnian air yang dihasilkan ternyata sangat murni sekali dibanding dengan penggunaan alat lain. Nah kemudian karena ini adalah adanya proses  pemisahan kadar garam, maka kemudian ini akan sangat cocok juga untuk melakukan pengolahan atau pemurnian air laut.  Ini akan sangat berguna untuk  mengolah air tersebut sehingga  tak perlu dapat masalah.

Nah mengenai alat yang digunakan, kita bisa coba cari dan temukan dimana ada banyak yang jual juga ternyata. Jika anda memang mau coba memasangnya, sebaiknya anda cari kontraktor yang spesialis dalam demineralisasi air.