Apa Itu Air Demin dan Kegunaannya?

Pernah dengar istilah air demin? Mungkin bagi orang biasa, nama itu cukup aneh dan tidak tahu apa yang dimaksudnya. Namun bagi yang paham akan  dunia pabrik atau yang bekerja di pabrik, biasanya sudah paham dengan apa yang dimaksud tersebut. bahkan katanya, air tersebut bukan air biasa melainkan air yang berupa cairah khusus yang didalamnya mengandung beberapa zat tertentu yang dibutuhkan. Biasanya air yang satu ini memang sangat identik dengan air untuk kebutuhan mesin-mesin pabrik.

Apa itu Air Demin?

Air demin adalahair yang tanpa adanya zat calsium, magnesium dan zat berat lainnya. Air ini dihasilkan dari proses deminelarisasi khusus. Yakni proses penyaringan air mentah menjadi air yang memang khusus menjadi air tipe demin ini.  Proses pemurniannya juga terkadang cukup sesuai dengan pengolahan yang selama ini dilakukan dalam water treatment biasa. Dari proses ini, air yang dihasilkan adalah softwater bukan hard water. Mineral dipisahkan karena masuk dalam kategori hard water.

Bagaimana Prosesnya?

Nah kemudian muncul pertanyaan lain yakni tentang bagaimana prosesnya itu dilakukan. Biasanya air seperti ini dipisahkan melalui tahapan yang memang  cocok dan sesuai. Dalam prosesnya, anda harus tahu bahwa ada pemisahahan dengan menggunakan ion negatif dan positif. Adapun yang digunakan adalah exchanger resin anion, dan kation. Kemudian hasilnya kemudian itu murnikan dan disempurnakan dengan mix bed. Mesin yang digunakan memang biasanya tersedia dalam beberapa brand dan merek.

Apa Kegunaan Air Itu?

Sebagaimana dijelaskan diatas bahwa salah satu kegunaan at5au peruntukan utama air yang satu ini adalah untuk kebutuhan industri. Nah kebutuhan apa maksudnya? Maksudnya biasanya ini digunakan untuk membersihkan alat-alat atau mesin-mesin industri. Karena memang tak ada zat mineral seperti calsium, maka tentu ini akan membantu untuk menjaga kualitas dari mesin tersebut sehingga tidak mudah berkarat dan lainnya. Nah selain itu, memang ada kegunaan lain juga bahkan untuk dikonsumsi juga bisa sangat bagus sesuai dengan apa yang paling sesuai.

Nah itulah beberapa hal yang mungkin bisa anda ketahui tentang air tersebut. mungkin anda juga berpikir  tentang kebutuhan untuk mendapatkan air tersebut dengan membeli alatnya khusus. Anda bisa beli alat khusus pemurnian jika memang anda punya peralatan yang perlu dibersihkan dalam jumlah banyak. Sementara jika anda memang hanya untuk membersihkan sedikit saja, anda bisa langsung saja beli air tersebut dari yang jual. Ada juga beberapa yang menjualnya sehingga anda hanya perlu untuk membeli dari yang jual tersebut tanpa harus untuk membeli mesin pengolahannya sendiri. Akan tetapi kalau anda beli alatnya sendiri, jangan khawatir karena memang tidaklah begitu mahal untuk mesin pengolahan air demin tersebut.