Air aquades dan kegunaannya

Manfaat Aquades

Air Aquades merupakan air dari hasil penyulingan atau biasa disebut dengan proses distilasi atau biasa juga disebut dengan air murni. Proses distilasi ini merupakan suatu proses dengan cara pemisahan adanya bahan kimia menurut perbedaan kecepatan yang menguap atau volatilitas yakni dengan suatu teknik pemisahan berdasar dengan perbedaan titik didih dalam kegunaannya untuk memperoleh senyawa murni.  Tambahnya, aquades yang biasanya dinamakan aquades ini bukanlah air yang mudah Anda temui, mengingat harganya yang mahal dan hanya digunakan dalam suatu atau beberapa hal yang khusus pada khususnya kegiatan praktikum kimia, oleh karena itu aquades ini tidak mudah dan sembarangan untuk Anda dapatkan, biasanya dapat dibeli di toko-toko yang khusus untuk menyediakan bahan-bahan kimia Jelaslah bahwa aquades ini berbeda dengan air mineral. Hal ini dikarenakan sebab air mineral banyak mengandung mineral. Air aquades ini biasanya dihasilkan satu kali dari proses penyulingan tetapi terkadang masih mengandung mineral yang tidak sebanyak air mineral. Nah, air aquades ini tentunya mempunyai beragam manfaat dalam bidang industri dan lain-lain. Tahukah Anda, apa saja manfaat dari air aquades ini? Simak dan bacalah beberapa manfaatnya di bawah ini.

Aquades Dapat Digunakan di Laboratorium

Lho kok, air aquades alias air murni dapat digunakan di laboratorium? Ya, memang aquades merupakan air yang biasanya digunakan di ruang laboratorium. Kegunaan aquades ini dapat dimanfaatkan untuk pencampur zat pada saat melakukan praktek kimia di laboratorium, reagent, dan tentunya sebagai pembersih dari alat-alat laboratorium. Air aquades sebagai cairan pembersih dari beragam alat-alat laboratorium yang telah digunakan untuk penelitian, praktek, analisis kadar konsentrasi suatu senyawa, dan lain sebagainya. Hal ini tentunya tidak asing lagi bila aquades merupakan alat yang seringkali dihubungkan dengan peralatan kimia. Sekarang Anda jadi tahu kan, apa manfaat aquades ini. Mungkin jika Anda merupakan siswa dari jurusan Kimia, Anda akan sering menggunakan aquades ini dalam menjalankan suatu penelitian di laboratorium

Aquades dalam Pengolahan Baja

Manfaat lain dari aquades atau air murni ini ialah dapat dimanfaatkan dalam proses pengolahan baja. Telah banyak diketahui dan dilakukan bahwa aquades bermanfaat dalam pemotong baja dan pendingin mesin dimana alat atau mesin tersebut akan membutuhkan air sebagai pendingin mesin tersebut. Tidak hanya itu, aquades juga dapat menghambat adanya kerak dan lumut yang akan berkembang. Hal ini menjadikan aquades sebagai air yang sangat bermanfaat untuk industri khusunya dalam pengolahan baja ini.

Aquades Bermanfaat di Bidang Kimia

Telah dijelaskan di atas bahwa aquades akan sering Anda temui di laboratorium ketika Anda melakukan penelitian, praktikum, yang tentunya dengan bahan kimia. Kegunaan aquades ini sering dimanfaatkan sebagai bahan pelarut atau pencampur dari bahan-bahan kimia. Anda dapat menggunakan air aquades ini saat meneliti kandungan suatu konsentrasi atau senyawa. Jadi, bermanfaatlah sekali aquades ini. Sekarang, Anda jadi paham kan, mengapa aquades ini begitu eksis di bidang kimia tersebut.

Aquades Sebagai Air Aki

Apa lagi manfaat dari aquades selanjutnya? Ya, aquades mempunyai manfaat yaitu sebagai air aki. Aki pasti akan membutuhkan air untuk mesinnya, nah aquades tersebut biasanya digunakan untuk air aki tersebut. Misalnya saja, untuk perawatan terhadap pengisi aki pada motor atau pun mobil. Oleh karena itu, hal ini dapat menambah pengetahuan Anda mungkin Anda sering melihat air untuk air aki, tetapi tidak tahu air jenis apa, naah, aquades lah namanya.

Pembahasan-pembahasan di atas yang telah dijelaskan menjadikan Anda paham berbagai manfaat dari air aquades ini. Karena tidak disangka-sangka bahwa aquades memang kaya akan beragam kegunaan baik untuk bidang kimia, industri pengolahan baja, sebagai air aki, dan lain sebagainya. Air aquades juga bukanlah air sembarangan karena dengan proses distilasinya. Air murni ini mempunyai harga yang cukup tinggi dan mahal sehingga tidak mudahnya Anda dapatkan, hanya untuk kegunaan terentu saja. Oleh karena itu, sekarang Anda jadi tahu dan bagaimana langkah penggunaan dari air murni yang biasa disebutaquades.